Misteri Mengapa Anjing Tidak Menggonggong Ketika Terjadi Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi

15 Nov 2018 21:34 1548 Hits 0 Comments

kasus pembunuhan satu keluarga di Bekasi. Diduga ada sesuatu yang tak lazim dibalik pembantaian satu keluarga ini.

Beberapa pihak menduga ada pembunuhan tersebut meninggalkan teka-teki yang gak wajar. Salah satunya ialah anjing yang tidak menggonggong.

Minggu ini masyarakat dibuat geger dengan kasus pembunuhan satu keluarga. Khususnya masyarakat di Bekasi dan sekitarnya.

Diduga telah terjadi pembunuhan sadis keluarga Diperum Nainggolan di Jl Bojong Nangka, Jatirahayu, Bekasi. Pada dini hari (13/11/2018).

Kasus pembunuhan satu keluarga memang bukanlah pertama kali di tanah air. Namun bukan berarti kasus pembunuhan satu keluarga menjadi lazim di negeri ini.

Termasuk dengan kasus pembunuhan satu keluarga di Bekasi. Diduga ada sesuatu yang tak lazim dibalik pembantaian satu keluarga ini.

Beberapa pihak menduga ada pembunuhan tersebut meninggalkan teka-teki yang gak wajar. Salah satunya ialah anjing yang tidak menggonggong.

Mengutip keterangan saksi seperti dilansir detikNews (13/11/2018). "Padahal ada anjing di situ. Cuma nggak ada suara anjing sama sekali malam tadi. Berarti kan anjing itu sudah kenal sama orangnya (pelaku)," kata tetangga bernama Lin.

Secara umum Anjing peliharaan biasanya akan menggonggong bila ada orang asing memasuki rumah tuannya. Nah, menjadi janggal bila pada malam kejadian anjing dirumah tersebut tidak menggonggong selayaknya anjing melihat orang asing.

Namun ini masih sebatas dugaan. Karena normalnya bila anjing tidak menggonggong, maka orang yang berada di rumah malam itu bukanlah orang asing. Dan tidak menutup kemungkinan pelaku adalah orang dekat. Tapi itu baru sebatas dugaan.

Anjing menggonggong karena manusia

Perilaku anjing menggonggong disebutkan karena manusia. Demikian diungkapkan oleh ahli perilaku hewan Csaba Molnar dari Eotvos Lorand University, Hungaria.

Peneliti Molnar diinspirasi oleh sebuah fakta bahwa anjing yang menggonggong biasanya anjing peliharaan. Sementara anjing liar jarang ditemukan menggonggong. Anjing liar mendengking atau merengek, jarang mengeluarkan suara yang persis menggonggong.

Anjing peliharaan telah memiliki hubungan dengan manusia selama 50.000 tahun sehingga sudah dibiakkan agar sesuai dengan kebutuhan manusia.

Penelitian Molnar antara tahun 2005 hingga 2015 dengan beberapa studi yang berbeda. Dalam hal nada, pengulangan, dan harmoni, gonggongan anjing pada dasarnya sama dengan anjing lainnya.

Orang ternyata dapat mengenali jenis gonggongan tertentu dari anjing. Singkatnya manusia dan anjing bisa saling mengerti. Lewat latihan dan proses penjinakkan.

Mengapa anjing menggonggong kepada orang asing? 

Kembali ke inti tulisan ini ialah misteri anjing yang tidak menggonggong di malam kejadian pembunuhan satu keluarga di rumah keluarga Dipirum Nainggolan. Tentu pertanyaan mengapa anjing mengganggap kepada orang asing?

Karena bila anjing tidak menggonggong bisa disebabkan beberapa hal. Maka kita ketahui alasan anjing menggonggong kepada orang asing. Anjing tidaklah asal menggonggong. Biasanya anjing menggonggong berdasarkan konteks dan tugas anjing tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, seekor anjing yang berada di lingkungan yang dikenalnya akan lebih tertarik pada orang asing. Lain halnya ketika ia berada di lingkungan baru, anjing cenderung akan mengikuti pemiliknya.

Anjing peliharaan biasanya lebih pede bila berada lingkungan yang dikenali, meski tidak ada tuannya. Maka itu anjing peliharaan sering menggonggong bila ada orang asing datang kerumah, seolah itu rumahnya sendiri.

Sementara bila di lingkungan baru, anjing lebih cenderung mengikuti pemiliknya. Seperti layaknya anak kecil dengan orang tuanya. Bila dirumah berani berbuat ini itu. Namun bila diluar rumah lebih suka bersembunyi dibawah "ketiak" orang tua.

Peneliti mencatat presentase interaksinya dengan orang asing mencapai 70 persen daripada pemiliknya sendiri ketika di lingkungan yang familiar. Hal ini sangat berbeda ketika mereka berada di lokasi yang baru dan asing, persentase kedekatan dengan pemiliknya mencapai 80 persen.

Menurut para ahli, kedua situasi tersebut muncul karena ada rasa aman dan nyaman serta membuat anjing lebih berani untuk mendekati orang atau obyek asing. 

"Di saat kondisi tertekan atau tidak familiar, seekor anjing akan mencari pemiliknya, dan menjadikannya pilihan pertama," kata Erica Feuerbacher, penulis utama penelitian dan seorang asisten profesor di bidang Perilaku Hewan di Virginia Tech dikutip dari National Geographic, Kamis (22/03/2018).

Anjing peliharaan dilatih agar menggonggong sesuai perintah

Untuk menjadi anjing peliharaan yang nurut dan bisa diandalkan untuk jaga rumah. Tentu anjing mesti dilatih terlebih dulu. Agar suara gonggongan tidak berlebihan dan di mengerti oleh pemiliknya.

Teknik melatih anjing agar mau menggonggong dan diam sesuai perintah pemiliknya bisa dilakukan lewat latihan comand atau perintah. Bisa dimulai dengan perintah menggonggong menggunakan kata "speak", "bark" atau "talk".

Setelah itu dilanjutkan perintah "enough", "guiet" atau "hush" untuk diam. Latih secara rutin agar anjing terbiasa. Dan jangan lupa berikan makanan setelah anjing berhasil setiap melakukan latihan. Agar anjingnya semakin nurut.

Kembali pada misteri anjing yang tidak menggonggong ketika malam terjadinya pembunuhan satu keluarga Diperum Nainggolan di Bekasi. Kemungkinannya bisa karena pelaku adalah bukan orang asing. Atau anjingnya yang belum terlatih. Atau malah anjingnya diberi obat penenang.

Baiklah tulisan ini hanya opini saja. Semuanya hanya sebatas dugaan. Tetap saja pihak polisi yang paling berhak memecahkan teka-teki motif dibalik pembunuhan satu keluarga di Bekasi. Kita harapkan agar kasus ini segera terungkap.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 40
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel