Cara Untuk Mengatasi Ponsel yang Kemasukan Air

10 Sep 2018 21:11 1752 Hits 0 Comments
Jadi siap nih yang hapenya pernah kecebur air ? Tau apa yang mesti kita lakuin untuk menghindari kerusakan nggak? Kebanyakan orang-orang melakukan kesalahan fatal ketika hape tercebur ke dalam air. Salah satunya adalah dengan menghidupkan hape, katanya sih pengen ngecek aja gitu hape nya masih idup atau nggak, ada kerusakan atau nggak, justru yang menyebabkan kerusakan pada hape setelah kena air itu: ngidupin hape pas basah! Menghidupkan hape ketika basah beresiko terjadinya korsleting pada mesin yang pada akhirnya membuat hape jadi matot alias mati total dan membuat kita semakin kerepotan.
 

Jadi siap nih yang hapenya pernah kecebur air ? Tau apa yang mesti kita lakuin untuk menghindari kerusakan? Kebanyakan orang-orang melakukan kesalahan fatal ketika hape tercebur ke dalam air. Salah satunya adalah dengan menghidupkan hape, katanya sih pengen ngecek aja gitu hape nya masih idup atau nggak, ada kerusakan atau nggak, justru yang menyebabkan kerusakan pada hape setelah kena air itu: ngidupin hape pas basah! Menghidupkan hape ketika basah beresiko terjadinya korsleting pada mesin yang pada akhirnya membuat hape jadi matot alias mati total dan membuat kita semakin kerepotan.

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan terjadi, ada cara untuk mengatasi hape yang kemasukan air:

1.Segera matikan hape

Jika setelah terkena air hape kalian masih menyala maka langkah pertama yang harus kalian ambil adalah matikan hape. Matikan dan segera lepas baterai hape, kartu sim, sd card, pokoknya semua komponen yang bisa dilepas, lepas aja untuk sementara. Karena dalam keadaan basah komponen tersebut dapat menyebabkan terjadinya konslet atau bahkan membuat hape kalian terbakar.

2.Bersihkan dengan kain yang dapat menyerap air

Selanjutnya kalian bisa mengambil kain yang dapat menyerap air lalu tempelkan kain tersebut ke bagian yang basah. Usahakan jangan menggosoknya karena hanya akan menyebabkan air berpindah ke mana-mana.

3.Gunakan vacuum cleaner

Cara terbaik mengeringkan hape yang terkena air adalah bukan dengan cara ditiup atau dipanaskan dengan pengering rambut. Meniup hape yang terkena air hanya akan membuat air masuk semakin jauh ke dalam. Sebaiknya gunakan vacumm cleaner untuk menyedot air keluar dari dalam hape. Cara ini lebih aman dari meniup atau mengeringkannya dengan alat pengering rambut.

4.Masukkan hape ke dalam kantong berisi beras

Kenapa beras? Karena kalau dimasukkan ke dalam kantong kresek ga ngubah keadaan apapun. Untuk cara yang lebih aman kalian bisa masukin hape ke dalam kantong berisi beras. Beras bersifat elektrostatis yang berfungsi untuk menyerap kadar air yang ada dalam hape dan mengurangi kelembabannya. Setidaknya memakan waktu sehari atau dua hari sampai air bena-benar terserap dengan sempurna.

5.Nyalakan Kembali hape yang tercebur air

Setelah semua proses pengeringan dilakukan sekarang waktunya untuk menyalakan hape kalian kembali. Jika sudah bisa hidup, maka selamat! Kalian beruntung dan berhak membawa pulang kembali hape kalian ke dalam pelukan. Jika hape tidak bisa hidup kembali, maka selamat! Itu artinya sebentar lagi kalian akan memiliki hape baru.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel