Misteri dan Penghuni Sungai Amazon!!

28 Aug 2018 10:52 1118 Hits 0 Comments
Siapa yang tidak mengenal sungai terpanjang kedua di dunia ini? Ya sungai Amazon. Sungai yang disebut-sebut sebagai paru-paru dunia ini panjangnya mencapai 6.400 KM, dan melintasi 9 negara.

Siapa yang tidak mengenal sungai terpanjang kedua di dunia ini? Ya sungai Amazon. Sungai yang disebut-sebut sebagai paru-paru dunia ini panjangnya mencapai 6.400 KM, dan melintasi 9 negara , yakni Brasil , Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis.

Ternyata sungai ini menyimpan banyak sekali misteri di dalamnya. Dari hutan yang sangat menakutkan, keanekaragaman hayati yang kaya dan mengerikan, dan yang lainnya. Apa saja misteri tersebut? yuk simak ulasannya.

1. Memiliki asal usul yang dipertanyakan

Gambar terkait

Hutan dan Sungai Amazon memang menjadi habitat bagi ular Anaconda. Misteri Sungai Amazon yang berkaitan dengan asal-usulnya ternyata juga melibatkan Sucuriju Gigante, sebuah ular Anaconda yang sangat panjang yakni panjangnya sekitar 40 meter dan berat 5 ton.

Menurut suku asli Amazon, sungai Amazon tercipta karena lintasan yang dilalui oleh Sucuriju Gigante. Mengingat ukuran tubuh ular ini begitu panjang dan besar, maka jalur yang dilaluinya membentuk sebuah lintasan. Kemudian, ketika hujan turun maka lintasan tersebut akan terisi air seperti layaknya sebuah kubangan. Seiring berjalannya waktu lintasan ini bertambah besar dan panjang sehingga menjadi Sungai Amazon seperti saat ini

 2. Siluman Ular di Amazon

Gambar terkait

Misteri selanjutnya yaitu siluman ular di sungai ini. Bahkan, hingga saat ini keberadaan siluman ular di Amazon masih menjadi ancaman bagi masyarakat sekitar atau orang yang berkunjung ke Hutan Amazon dan sungainya. Konon, ini adalah siluman yang sosoknya tidak selalu menapakkan diri.

Siluman ular ini bernama Yacu Mama. Ular ini memiliki panjang 50 meter dengan diameter 10 meter. Ular ini tidak segan menggigit manusia atau hewan yang melintas di depannya. Mahluk yang digigit Yacu Mama tidak akan mengalami luka, tapi akan merasakan rasa sakit yang luar biasa hingga mati secara perlahan-lahan.

3. Sungai dengan air mendidih

Gambar terkait

Berada tak jauh dari sungai utama Amazon, ada sebuah sungai sepanjang 4 mil yang letaknya di Situs Suci Ashaninka. Air sungai ini biasanya dipakai untuk menyembuhkan penyakit. Sungai ini memiliki air yang mendidih dari panas bumi Mayantuyacu. Di setiap sisinya memiliki suhu yang berbeda dari 50-90 derajat, bahkan terdapat suhu yang mencapai 100 derajat celsius.

4. Hutan Banjir

Hasil gambar untuk varzea amazon

Curah hujan yang terus menerus menyebabkan permukaan sungai Amazon naik hingga 9 cm, hal ini menyebabkan daerah sekitarnya terisi dengan air membentuk varzea, Hutan banjir.

4. Penghuni Amazon

  • Ikan piranha

Hasil gambar untuk ikan piranhaSiapa yang tidak mengenal ikan yang satu ini. Tampangnya seram dengan gigi-gigi tajam. Tapi, Piranha juga tidak sebahaya yang dicitrakan di film-film Hollywood. Piranha juga bisa menjadi ikan peliharaan di akuarium di rumah Anda. 

  • Arapaima/Piracuru

Hasil gambar untuk ikan arapaima

Ikan ini merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan Amerika Selatan. Bobot ikan ini bisa mencapai 200 kilogram dengan panjang tubuh 3 meter. Tapi, saat ini sudah sangat jarang dijumpai ikan Arapaima yang panjangnya melebihi 2 meter, karena ulah usil para penangkap ikan yang mengekspor dagingnya.

  • Lele Amazon

Gambar terkait

Dari 2.800 spesies ikan yang ada di Amazon, hampir setengahnya adalah ikan lele. Bahkan lele raksasa juga bisa ditemukan di Amazon.

  • Belut Listrik

Gambar terkait

Beut yang satu ini berbeda dari belut biasanya dan terbilang unik. Belut ini dapat menghasilkan tegangan listrik hingga mencapai 650 volt. Listrik itu hanya digunakan untuk memburu mangsa mereka.

  • Ikan Candiru

Hasil gambar untuk ikan candiru amazon

Ikan candiri adalah jenis ikan parasit . Ikan ini hanya berukuran sekitar 1 inci, berbentuk seperti belut dan transparan, sehingga sangat sulit terlihat ketika di dalam air. Ikan ini adalah ikan parasit yang masuk ke celah-celah insang ikan lain. Tapi ada cerita mengerikan bahwa ikan ini membahayakan manusia karena bisa masuk ke alat vital manusia saat buang air seni dan untuk mengeluarkannya harus melalui operasi. Hanya saja, kasusnya masih terlalu sedikit untuk menyatakan bahwa ikan ini memang menyerang manusia. 

  • Katak Beracun

Gambar terkait

Katak ini menjadi katak yang paling ditakuti di amazon karena racunnya. Katak ini beracun karena di sepanjang tubuhnya terdapat lendir beracun. Penduduk setempat dengan sangat hati-hati memanfaatkan lendir beracun tersebut untuk dioles ke anak panah mereka. Bahkan, katak ini sanggup membunuh manusia dengan hanya satu sentuhan saja.

  • Ulat Beracun (Push Caterpillar)

Gambar terkait

Ulat Bulu ini mempunyai racun yang mematikan, yang terkandung dalam bulunya, jadi jika orang menyentuhnya, maka orang yang menyentuhnya akan mati. Sebelumnya, ulat ini tinggal di pohon pohon yang ada di sekitar sungai amazon, bukan di air sungai amazon.

  • Tyrannobdella Rex Hasil gambar untuk Tyrannobdella Rex

Hewan ini adalah sejenis lintah. Keunikan dari lintah ini adalah memiliki sebaris gigi yang terdiri dari 8 gigi. Biasanya lintah ini mengisap darah di hidung inangnya. Karena ukurannya yang kecil, lintah ini sangat sulit kelihatan jika sudah memasuki hidung, dan bisa menyebabkan rasa sakit kepala yang luar biasa.

  • Anaconda Hijau

Hasil gambar untuk anaconda hijau amazon

Ular anaconda betina mampu memiliki berat hingga 250 kg, panjang 9 meter dan diameter tubuh 30 cm, jauh melebihi ukuran dari pejantan. Walaupun anaconda tidak memiliki racun, namun dengan tubuhnya yang besar itu, anaconda akan melilit tubuh mangsanya hingga mangsanya mati lemas karena kekurangan oksigen. Hanya dengan melihat bentuk tubuhnya saja kita dapat mengetahui bahwa hewan ini adalah hewan mengerikan yang tidak mau kita temui bila berada di sungai Amazon

  • Caiman Hitam

 

Dapat tumbuh sampai ukuran 6 meter, Caiman adalah satu dari sekian banyak hewan mengerikan yang menjadi penghuni sungai Amazon. Bila dibandingkan dengan buaya Nil, Caiman jauh memiliki ukuran yang lebih besar sehingga dikatakan buaya Caiman menggunakan steroid. Menyandang status Raja Sungai, Caiman akan memangsa apapun itu yang masuk dalam wilayah perairannya. Baik itu manusia, piranha, kera, rusa, bahkan anaconda.

  • Hiu Banteng

 

Hiu banteng ternyata cukup menyukai dan mampu beradaptasi di perairan tawar. Hiu banteng ditemukan berkelana sampai sungai Amazon, hampir 4,000 meter jauhnya dari lautan. Salah satu hewan berbahaya di sungai Amazon ini memiliki ginjal khusus yang mampu mendeteksi perbedaan air dan beradaptasi dengan cepat dengan llingkungan barunya tersebut. Hiu banteng mampu tumbuh sampai dengan panjang 3.3 meter dan berat mencapai 312 kg. 

Itulah beberapa misteri sekaligus penghuni sungai amazon. sangat mengerikan bukan?

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel