Full Day School , Mengapa Banyak Yang Mengeluh?

26 Aug 2018 21:32 2019 Hits 0 Comments
Kebijakan Full Day School yang dituturkan pada tahun lalu oleh bapa menteri pendidikan Mujahir Effendi menuai banyak kontroversi , banyak siswa yang mengeluh karena penerapan kebijakan full day school di beberapa sekolah negeri maupun swasta .

Kebijakan Full Day School yang dituturkan pada tahun lalu oleh bapa menteri pendidikan Mujahir Effendi menuai banyak kontroversi , banyak siswa yang mengeluh karena penerapan kebijakan full day school di beberapa sekolah negeri maupun swasta .

Banyak para siswa yang membuat status dan sebaran teks yang berisi curhatan tentang keluhan mereka di jejaring social  , bahkan sampai sampai ada orang yang iseng menghack web milik menteri pendidikan, mereka menuturkan bahwa Full Day School memeras Fisik mereka yang memang bisa dilihat dari jadwal sekolah dari pagi sampai sore . Tapi berbeda untuk siswa SMK mereka sudah terbiasa pulang sampai sore karena setelah mereka lulus , mereka akan siap ketika terjun ke dunia kerja

Menurut menteri pendidikan , kebijakan tersebut diberlakukan supaya para siswa tidak terpengaruh oleh kenakalan remaja yang tak sempat terlindungi oleh pengawasan orang tua . Bukan hanya itu saja , menteri pendidikan Mujahir Effendi menegaskan bahwa pemuda sekarang bermental lembek dan tidak tahan banting .

Anggota DPR pun menegaskan bahwa kebijakan Full Day School belum bias diterapkan dalam waktu yang singkat , karena beberapa sekolah belum layak untuk menerapkan Full Day School . Menurut ahli psikologis juga bahwa proses pembelajaran Full Day School menjadikan kondisi psikologis siswa terpengaruh , Karena perbandingan istrahat dengan belajar di sekolah tidak sebanding dengan yang dibayangkan .

Berbeda halnya dengan siswa yang di kota yang memang sudah wajar terhadap kebijakan terebut , untuk wilayah daerah daerah ,menyatakan banyak orang tua yang membutuhkan anaknya untuk membantu pekerjaannya . Karena dampak Full Day School orangtuanya harus rela menyerahkan anaknya disekolah sampai larut sore . Maka dari itu kebijakan ini memang tidak layak diterapkan di seluruh Indonesia . Meskipun sekolah 5 Hari , Sekolah yang Menerapkan Full Day School juga terkadang ada yang menyelenggarakan kegiatan eskul pada sabtu dan minggu . Namun Sebagian sekolah lain yang menerapkan kebijakan full day school ada yang menyisipkan jadwal eskul di hari sekolah

Bapa Presiden Jokowi menuturkan bahwa Setiap sekolah di Indonesia tidak mewajibkan setiap sekolah untuk menerapkan Full Day School , Karena jika memang diwajibkan untuk seluruh indonesia maka akan menuai kekacauan dalam dunia pendidikan di indonesia

Dibalik dari semua itu , Seharusnya Kebijakan Full Day School harus dirundingkan kembali pasalnya , kebijakan tersebut menuai pro kontra dihadapan masyarakat . memang Full Day School banyak memberi manfaat tapi kebijakan tersebut harus disesuaikan dengan zaman sekarang . Karena pelatihan mental bisa melalui pendidikan karakter dan bukan dari pembelajaran dari pagi hingga sore .

Tags

About The Author

IIOPOPOPAAh 30
Ordinary

IIOPOPOPAAh

SOPOPOPROPFhh

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel