Ditengah Gegap Gempita Asian Games 2018, Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mendukung?

21 Aug 2018 06:55 1112 Hits 0 Comments

Kita tahu pegelaran Asian Games 2018 tidak bisa terwujud hanya karena satu dua orang atau kelompok. Dari jumlah penduduk mencapai 260 juta orang lebih, tentu tidak semuanya bisa jadi panitia, jadi volunter, dan tidak semuanya berkesempatan menggenggam Obor Asian Games untuk diarak keseluruh Indonesia.

Nah, katanya kan Asian Games itu kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Berarti boleh dong seluruh rakyat Indonesia ikut berkontribusi.

Euforia Asian Games sedang menyelimuti bangsa Indonesia, semoga juga dengan seluruh bangsa-bangsa Asia atau bila perlu dunia.

Agar dunia melihat bahwa Indonesia mampu mengehelat kejuaraan multi event terbesar di dunia setelah Olimpiade.

Bukan bermaksud ingin pamer. Namun kenyataannya Asian Games ini memang akan sangat berdampak bagi martabat bangsa Indonesia. Karena tidak semua negara mampu menyelenggarakan sebuah acara besar berskala internasional.

Kita lihat kemarin (18/8) Opening Ceremony Asian Games 2018 yang membuat orang yang menyaksikannya kesulitan memilih kata untuk menggambarkan kemeriahannya. Mulai dari pembukaan diawali aksi presiden Jokowi naik motor, kontingen bersama antar dua Korea, aksi panggung Via Vallen plus goyang "dayung" presiden Jokowi dan tentunya keseluruhan acaranya yang luar biasa.

Sudah sepatutnya kita bangsa Indonesia berbangga akan berkah ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Setelah 56 tahun lalu bangsa ini telah sukses menyelenggarakan Asian Games ke-4.

Namun ada yang tak bisa dipungkiri. Ditengah gegap gempita Asian Games 2018, tentu banyak diantara kita yang ingin berkontribusi secara langsung namun belum punya kesempatan.

Kita tahu pegelaran Asian Games 2018 tidak bisa terwujud hanya karena satu dua orang atau kelompok. Dari jumlah penduduk mencapai 260 juta orang lebih, tentu tidak semuanya bisa jadi panitia, jadi volunter, dan tidak semuanya berkesempatan menggenggam Obor Asian Games untuk diarak keseluruh Indonesia.

Nah, katanya kan Asian Games itu kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Berarti boleh dong seluruh rakyat Indonesia ikut berkontribusi.

Bagi orang biasa seperti saya ini. Ditengah gegap gempita Asian Games 2018 ini, apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia ini.

Doa terbaik

Doa merupakan usaha minimal sekaligus paling maksimal. Ketika kita hendak memulai suatu pekerjaan, baiknya memang diawali dengan doa.

Lalu ketika usaha sudah di lakukan semaksimal mungkin. Langkah selanjutnya kembali ke awal, yaitu berdoa lagi. Mempasrahkan kepada Yang Maha Kuasa.

Buat kamu yang bingung, hal apa yang bisa kamu lakukan untuk kesuksesan Asian Games 2018. Kamu gak perlu risau apalagi minder melihat mereka pakai kaos, jaket dan aksesoris lainnya bertema Asian Games 2018 dalam rangkaian acara tersebut plus bisa masuk tv.

Demi memberi sumbangsih kita ke negara terkadang gak perlu diangkat ke permukaan. Doa kanlah yang terbaik untuk negeri ini. Gak perlu komentari apa-apa lagi soal negara, jika nama negaramu saja tidak pernah ada dalam sebaris doamu.

Manfaatkan medsos masing-masing

Saya maklum jika banyak yang mengatakan berdoa sebagai sesuatu yang minimal. Kontribusinya kurang terlihat.

Ya tidak apa, barangkali kita ingin melakukan tindakan nyata yang lebih terlihat. Maksudnya terlihat oleh manusia.

Tempat yang terbaik itu adalah media sosial. Apa yang bisa kita lakukan di medsos untuk mendukung Asian Games 2018?

Terdengar sih hanya remeh temeh? Bikin postingan di Twitter, Facebook dan Instagram tentang dukungan ke kontingen merah putih di Asian Games 2018.

Terlebih hanya memiliki followers sedikit, siapa yang mau lihat? Tidak masalah, sedikitpun suara kita tentang Asian Games 2018 artinya memperkaya interaksi ajang ini di dunia maya. Artinya juga menambah popularitas Asian Games 2018.

Maka semakin populer sama dengan semakin banyak orang tahu. Dan semua itu bagus, pertanda Asian Games 2018 sukses di selenggarakan.

Semua itu lebih baik ketimbang kita ributin hal gak penting di medsos. Mending mengisi timeline dengan hal positif, minimal gak bikin orang emosi kalau gak bisa bikin ketawa meski dari hal receh.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung kesuksesan Asian Games 2018. Mulai datang ke veneu pertandingan, nonton pertandingannya, beli official marchandaise sampai yang hanya menonton dari layar seperti saya.

yang mana semua itu lebih baik dari pada kita sebuk jadi tubir. Dimana-mana bikin ribut, suka kritik, namun sumbangsih untuk sekitar dan negara belum ada. Alangkah baiknya berbuat dari yang kecil. Jika belum bisa meringankan langkah orang lain, maka jangan mempersulit orang lain. Mendukung Asian Games 2018 bisa dilakukan dengan menjaga kondusifan lingkungan masing-masing. Menjaga nama baik negara dimata dunia. Jadilah tuan rumah yang baik.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 41
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel