Fakta Unik 17 Agustus

15 Aug 2018 20:44 1333 Hits 0 Comments
17 Agustus ? Mungkin Semuanya sudah pada tahu bahwa hari itu adalah hari Proklamasi berdirinya Negara Indonesia . dan tidak terasa bahwa 2 hari lagi kita akan menyambut “HUT Indonesia yang ke-73” . Dibalik dari semua itu , ternyata ada fakta fakta unik disekitaran tanggal 17 agustus . Apa Saja Fakta Uniknya ?

17 Agustus ? Mungkin Semuanya sudah pada tahu bahwa hari itu adalah hari Proklamasi berdirinya Negara Indonesia . dan tidak terasa bahwa 2 hari lagi kita akan menyambut HUT Indonesia yang ke-73. Dibalik dari semua itu , ternyata ada fakta fakta unik disekitaran tanggal 17 agustus . Apa Saja Fakta Uniknya ?
1. Proklamasi Indonesia Ternyata Sederhana
Mungkin saat ini , Upacara HUT RI di Istana Negara sangat meriah dengan adanya pasukan tentara , marching band dan sebagainya  . Tetapi pada saat upacara Proklamasi ternyata berlangsung tanpa adanya protokol , marching band  dan taka da pancaragam . Tiang bendera pun hanya memakai batang bambu yang hanya ditanam beberapa menit . Namun semangat para rakyat tidak menyusut karena ini adalah peristiwa yang sangat penting selama lebih dari 300 tahun Indonesia dijajah.
2. Ketika Proklamasi , Soekarno Sakit
Ternyata ketika2 Jam sebelum proklamasi kemerdekaan pada 17 agustus 1945 , Bung Karno masih terlelap tidur dikamarnya . Beliau terkena penyakit malaria tertiana . Pada saat itu suhu badanBung Karno tinggi karena beliau terlalu lelah ketika sedang bergadang bersama para sahabatnya untuk menyusun proklamasi kemerdekaan Pada proklamasi juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan . Namun Bung Karno tidak bisa melaksanakan ibadah shaum dikarenakan ia sedang sakit
3.  Kalimantan Dikuasai Oleh 3 Kepala Negara

Jika dilihat dari proklamasi 17 Agustus , Bahwa Wilayah Kalimantan adalah bagian Intergral wilayah hukum Indonesia. Namun kenyataannya , bahwa pulau Kalimantan dipimpin oleh 3 Kepala Negara . Yaitu Presiden Soeharto dari pihak Indonesia Memimpin 4 Provinsi di Kalimantan , Perdana Menteri Mahathir Mohammad dari pihak Malaysia Memimpin dua Provinsi Yaitu Sabah dan Serawak dan Sultan Hassanal Bolkiah dari pihak Brunei Darussalam memimpin 1 Wilayah yaitu Brunei .
4. Tidak ada nama jalan Soekarno-Hatta di Jakarta
Sebagai tempat diproklamasikannya kemerdekaan Negara Indonesia di Jakarta , tidak mendapat penghargaan atau imbalan yang cukup bagi proklamator Indonesia . Sampai sekarang pun , di Jakarta belum ada jalan yang bernama Soekarno-Hatta . Bahkan bukan hanya jalan , bangunan dan fasilitas umum pun belum ada yang diberikan nama mereka pun sampai dibangunnya Bandara pada tahun 1985.
5. Naskah Proklamasi Ternyata Ada Di Tempat Sampah
Naskah yang dibacakan oleh Soekarno ternyata tidak pernah disimpan baik oleh Pemerintah . Naskah proklamasi tersebut dibuang dan pada akhirnya BM Diah yang menemukan Teks Proklamasi tersebut . Beliau yang menyimpan Teks Proklamasi tersebut sampai pada tanggal 29 Mei 1992 , Beliau menyerahkan teks Proklamasi tersebut kepada Presiden Soeharto setelah menyimpannya 46 tahun.

Tags

About The Author

IIOPOPOPAAh 30
Ordinary

IIOPOPOPAAh

SOPOPOPROPFhh
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel