Mengapa Harus Takut Virus?

13 Aug 2018 21:34 1654 Hits 0 Comments
Di Zaman Internet ini , banyak sekali informasi – informasi yang kita dapatkan seperti berita , peristiwa dan kegiatan yang ada didunia . Namun , mungkin anda pernah berfikir bahwa ketika berselancar di internet virus bisa menyerang komputer anda?

Di Zaman Internet ini , banyak sekali informasi – informasi yang kita dapatkan seperti berita , peristiwa dan kegiatan yang ada didunia . Namun , mungkin anda pernah berfikir bahwa ketika berselancar di internet virus bisa menyerang komputer anda?

Seperti peristiwa pada tahun lalu , yaitu ketika populernya virus ransomware yang bernama “Wannacry” ini sangat ditakuti oleh sebagian orang.  Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bahwa Ransomware WannCry ini telah menyerang komputer di dunia dalam kurung waktu lebih dari 48 jam pada tahun lalu . Ransomware ini adalah sebuah software perusak yang ditanam kedalam sistem secara diam-diam yang dijalankan secara jarak jauh

Cara kerjanya Ransomware ini adalah . mengenkripsi file sehingga korban tidak dapat mengakses data prIbadinya hingga jika korban tersebut membayar tebusan untuk dapat mengakses file milik korban tersbeut.

Maka untuk antisipasi hal tersebut banyak orang yang mematikan internetya dan mencoba mencadangkan data data pribadinya untuk jaga jaga jika nanti menjadi giliran korban Virus Ransomware Wannacry Selanjutnya

Namun jangan khawatir . Menurut sumber dari kompasiana.com “ Virus komputer hanyalah sebuah program yang sengaja maupun tidak sengaja bekerja untuk mengganggu sistem komputer anda. Kadang virus komputer tercipta dari ketidak sengajaan pembuatnya. Akhirnya menyebar dan disebutlah virus komputer.”

Hampir sebagian pengguna komputer sangat phobia terhadap virus komputer . Mereka hampir memasang beberapa antivirus di perangkatnya Supaya perangkat tersebut aman dari virus .

Padahal hal ini akan membuat masalah baru pada komputernya . Karena ketika beberapa software antivirus yang dipasang secara bersamaan di komputer akan menghambat kinerja komputer tersebut , Apalagi jika antivirus yang diinstal adalah antivirus abal-abal malah akan menyebabkan menularnya virus pada komputer tersebut

Tapi virus bukanlah hal yang harus ditakuti Karena virus komputer bukan seperti virus yang menular dari satu ke yang lain seperti yang dialami oleh manusia . biasanya virus muncul dari file yang didownload . Salahsatu cara supaya kita aman dari serangan virus adalah melakukan cara sebagai berikut :

-          Seringlah Membackup atau Mencadangakan data . Supaya tidak panik ketika komputer terserang oleh virus

-          Usahakan tiap minggu atau bulan , mendefrag (Menata ulang) Penyimpanan

-          Jangan sesekali memasang program program yang bukan dari sumber terpercaya

-          Hapus program yang terlihat mencurigakan

-          Menghapus File-File yang tidak penting pada komputer anda

-          Pasanglah Satu Antivirus yang memang menurut anda terpercaya dan sudah dikenal oleh orang lain

Jika sudah melakukan cara cara diatas , maka kecil kemungkinan kita akan khawatir atau Kaget ketika virus datang mengahampiri komputer kita.

 

Semoga bermanfaat

Tags

About The Author

IIOPOPOPAAh 30
Ordinary

IIOPOPOPAAh

SOPOPOPROPFhh

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel