nPower Peg, Charger Unik yang Ramah Lingkungan

13 Jul 2011 16:47 3454 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selain *charger* dengan tenaga matahari rupanya ada juga *charger* yang diisi oleh energi yang dihasilkan tubuh kita sendiri. Namanya nPower® PEG (*personal energy generator*).

Selain charger dengan tenaga matahari rupanya ada juga charger yang diisi oleh energi yang dihasilkan tubuh kita sendiri. Namanya nPower PEG (personal energy generator). Seperti apa bentuk dan kualitasnya? Mari kita simak berikut ini.

Gagasan membuat charger yang diisi oleh energi tubuh berasal dari sebuah Perusahaan bernama Tremont Electric di New York Amerika. Tremont Electric mengembangkan Green Tech atau pengembangan energi ramah lingkungan seperti inovasi terbarunya yaitu charger dengan memanfaatkan energi kinetik yang disebut nPower PEG (personal energy generator). nPower PEG adalah perangkat berbentuk silinder yang bisa bertahan sekitar dua kali lebih lama dari smartphone pada umumnya.

Tremont Electric memang bertujuan ingin mengembangkan charger berdaya portabel dari energi yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Selama orang berjalan sama saja dengan mengisi daya energi dalam tubuhnya yang beratnya 11 ons, ini akan menghasilkan kekuatan energi daya yang mampu menghidupkan sebuah iPod Nano. Dua puluh enam menit berjalan kaki pun cukup memasok energi ke sebuah smartphone 3G untuk satu menit berbicara melalui port USB.

Perihal prosedurnya, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa Daya PEG akan berganti menjadi daya baterai ketika magnet ditempatkan di antara dua pegas, bergerak naik dan turun. Perangkat yang "disetel" untuk frekuensi gerak berjalan ini akan menjadi daya. Hal tersebut juga dapat mengisi baterai lithium ion internal dengan getaran.

Pengembangan kategori charger seperti ini telah menarik perhatian beberapa perusahaan. Padahal, nPowerPEG sudah diperkenalkan setidaknya dua tahun lalu. Tetapi kategori charger portabel untuk konsumen elektronik belum terwujud secara signifikan.

nPower PEG adalah sebuah pengisi baterai cadangan untuk dipegang tangan elektronik yang menggunakan energi Anda yang dihasilkan saat berjalan, berlari, atau bersepeda. Dengan hanya menyimpan nPower PEG ke dalam tas ransel, kantong atau dompet dan Anda pergi menjalani kegiatan sehari-hari Anda maka PEG akan terus naik-turun secara internal menjadi daya baterai persediaan dengan kekuatan ekstra. Bila Anda bepergian atau Anda berada dalam situasi darurat, nPower PEG akan bergetar dan memungkinkan Anda bisa memanggil bantuan atau berhubungan dengan keluarga atau orang terdekat. LN

Tags Ulasan Gadget

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel