Pentingnya Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan AJAX

18 Jul 2018 14:30 3107 Hits 0 Comments
Kita harus tahu !! betapa pentingnya memahami tentang kelebihan dan kekurangan pada website kita ketika dicantumkan AJAX didalamnya. 

Pada zaman sekarang, seorang programmer khusunya yang ber pasion sebagai developer website, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya AJAX. Yap, AJAX ini sangat bermanfaat bagi website yang kita buat atau para developer buat. Karena konsep AJAX ini, dia akan bekerja secara Asinkron atau istilahnya beroperasi pada latar belakang halaman website.

                Tentunya, website kita pun tidak akan me refresh seluruh halamannya, melainkan akan me-reload sebagian datanya saja dalam Page websitenya. Hal tersebut sangat bermanfaat, karena akan membuat website kita menjadi lebih dinamis, dan sangat interaktif.

                Namun, tidak menutup kemungkinan ketika kita menggunakan AJAX ini, pasti saja terdapat kelebihan dan kekurangan didalamnya. Nah, berikut ada beberapa kelebihan dan kekurangan, yang kita harus mengetahui pada saat penggunaan AJAX dilakukan dalam website kita. Agar nantinya kita mampu menyesuaikan penggunaanya.                

                AJAX mampu meningkatkan kecepatan akses dan mengurangi penggunaan Bandwith. Yapp, karena AJAX ini bekerja secara Asynchronous atau melakukan transfer data dalam latar belakang website, maka ketika website yang kita buat terdapat form data nya. AJAX ini akan membantu untuk tidak melakukan refresh seluruh halaman ketika melakukan submit data dari formnya. Jadi AJAX ini akan meload sebagian datanya saja.

                Sangat membantu meningkatkan User Xperience. Dengan menggunakan AJAX, pastinya client atau yang sering disebut User akan lebih menyenangkan ketika menggunakan website yang didalamnya terdapat AJAX. Karena hal tersebut mampu meningkatkan daya nilai mereka terhadap website yang lebih interaktif, dinamis dan sangat responsive.

                Akan sangat mudah ketika terjadi beban dalam jaringan pada saat mengakses website. Karena AJAX ini tidak selalu me-refresh dari halaman website, melainkan hanya sebagian data saja yang di load. Maka akan sangat mengurangi daya konektivitas pada jaringan. Dan hal ini sangat berguna ketika user mengalami gangguan dalam jaringan ketika menggunakan website kita.

                NAMUN,, dibalik kelebihan itu semua terdapat kekurangannya juga ketika website yang kita buat menggunakan AJAX.

                AJAX ini hanya mendukung pada browser yang javascriptnya aktif. Jadiii, karena Javascript adalah lapisan dari terbentuknya AJAX, maka AJAX hanya bekerja pada browser yang mengaktifkan javascriptnya. Jadi, jika kita menggunakan AJAX dan mengaksesnya melalui browser yang jadul atau menonaktifkan javascript dalam browser, maka AJAX ini tidak akan berfungsi dalam penggunaanya.

                Penggunaan AJAX, akan menghambat SEO, Nahh, ketika website kita lebih banyak menggunakan AJAX, atau full AJAX sekalipun. Website yang kita buat akan semakin sulit ditemukan oleh Search Engine seperti Google. Karena AJAX ini sulit untuk menerima URL sebab konsepnya melakukan transfer data pada latar belakang website kita. Oleh sebab itu Search Engine akan sulit untuk menemukan alamat web kita untuk diakses oleh beberapa pengguna .

 

                Sooo

                Sebetulnya, untuk menggunakan AJAX ini kita harus melihat dasar kebutuhannya. Misalkan ketika website kita penuh dengan form yang mungkin banyak data yang akan di transfer, atau ketika website kita lebih banyak digunakan oleh user yang memiliki daya konektivitas rendah, maka AJAX ini sangat cocok untuk digunakan.

                Namun, ketika website yang kita buat ingin menjadi teratas, atau ingin dikenal penuh oleh Search Engine dan ketika website yang kita buat lebih banyak user yang menggunakan browsernya tanpa javascript. Lebih baik kita meminimalisir penggunaaan AJAX ini dalam website kita.

Terimakasih !! Semoga bermanfaat bagi kita semua !!

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 34
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel