Biografhi Nabi Muhammad SAW

2 Jul 2018 14:38 1869 Hits 0 Comments
nabi muhammad adalah putra dari abdullah dan siti aminah,beliau lahir di kota makkah pada tanggal 12 rabiul awal pada tahun gajah.

Nabi muhammad adalah putra abdullah dan siti aminah beliau lahir pada tanggal 12 rabiul awal pada tahun gajah,disebut dengan tahun gajah karena pada saat itu ka'bah diserang oleh segerombolan tentara bergajah yang dipimpin oleh abrahah,karena abrahah ingin kota yang dipimpinnya yaitu yaman di datangi oleh banyak orang seperti hal nya ka'bah yang selalu ramai didatangi orang,namun ketika itu allah mengutus burung ababil untuk menyerang tentara bergajah itu dengan batu kerikil yang panas dari neraka,dilemparkannya batu itu kepada tentara bergajah dan mereka langsung tewas dengan tubuh yang berlubang layaknya daun yang dimakan ulat bulu.Beliau lahir dalam keadaan yatim karena ayahnya meninggal ketika nabi muhammad dalam kandungan ibunya.

Setelah lahir nabi muhammad dititipkan kepada siti halimah sebagai ibu susunya pada waktu itu,ketika beliau berusia 4 tahun,beliau didatangi oleh dua malaikat yaitu jibril dan mikail untuk dibelah dadanya dan dibersihkan hatinya,setelah berusia 6 tahun beliau dikembalikan kembali kepada ibu kandungnya.

ketika bersama ibunya,nabi muhammad diajak berjiarah ke makam ayahnya di madinah,ketika perjalanan pulang ibu nabi muhammad jatuh sakit dan meninggal dunia,kemudian ibu nabi muhammad di makamkan di abyan.Setelah ibunya meninggal nabi muhammad di asuh oleh kakeknya yaitu abdul muthalib,2 tahun diasuh oleh kakeknya karena kakeknya meninggal nabi muhammad diasuh oleh pamannya abu thalib yang tidak lain merupakan paman rasulullah.ketika beranjak dewasa rasulullah diajak berdagang ke negri syam oleh pamannya.

Ketika berusia 25 tahun beliau menikah dengan seorang wanita terpandang di quraisy yaitu siti khadijah,yang ketika itu siti khadijah berusia 40 tahun.beliau menikah dengan khadijah sampai khadijah meninggal dunia.

ketika rasul berusia 40 tahun beliau menerima wahyu pertamanya di gua hira yaitu surah al-alaq ayat 1-5,dan mulai diangkatnnya beliau menjadi rasulullah dan mendapatkan tugas untuk menyebarkan agama islam.Mula-mula beliau berdakwah dengan sembunyi-sembunyi di makkah,kemudian secara terang-terangan.ketika berdakwah beliau mendapat banyak pertentangan dari penduduk kota makkah,setelah itu beliau hijrah ke kota yastrid (madinah) untuk menyebarkan ajaran islam,di madinah rasul disambut dengan baik oleh penduduk madinah dan sariat islam pun diterima dengan baik.

Rasulullah wafat pada usia 63 tahun,beliau wafat di madinah setelah mendapat wahyu terakhirnya yaitu surat al-maidah ayat 3.

Semoga sholawat selalu tercurah kepada nabi muhammad SAW dan semoga kita bisa mendapatkan safaat darinya kelak di hari kiamat.

Tags

About The Author

neng meri ratna sapuri 21
Novice

neng meri ratna sapuri

hai..nama saya merry,saya bersekolah di SMK al huda sariwangi di tasikmalaya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel