Tips Mudik Aman dan Nyaman

5 Jun 2018 21:38 2215 Hits 0 Comments
Idul Fitri sebentar lagi, di antara kamu pasti banyak yang akan mudik. Berikut tips ringan yang perlu dipersiapkan untuk mudik dengan kendaraan pribadi.

Idul Fitri sebentar lagi, di antara kamu pasti banyak yang akan mudik. Mudik ke kampung halaman adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun. Nah, bagi kamu yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, berikut tips ringan yang perlu dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman :

Daftar barang bawaan

Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum kamu mulai beres-beres. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

Cek kondisi kendaraan

Kendaraan adalah yang paling penting dalam perjalanan kamu. Oleh karena itu, pastikan kendaraanmu siap digunakan untuk perjalanan jauh. Disarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

Surat kelengkapan kendaraan

Jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik, kamu harus memastikan bahwa surat kendaraan masih lengkap dan berlaku. Jangan lupa juga untuk membawa SIM.

Cek perlengkapan kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraanmu tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat, kamu tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dll di dalam kendaraan.

Bawalah sparepart cadangan

Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraanmu.

Tidur sebelum berangkat

Sebelum menempuh perjalanan yang jauh, lebih baik kamu tidur dulu sebelum berangkat. Khususnya bagi kamu yang menjadi pengemudinya. Supaya bisa terjaga untuk waktu yang cukup lama.

Kotak P3K

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K-mu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

Hiburan

Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur kamu dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman dalam perjalanan.

Layanan gratis otomotif

Perusahaan otomotif biasanya membuka pos layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika kamu mendapat masalah dengan kendaraan. Carilah informasi di mana pos-pos itu berada.

Baterai, pulsa, dan kuota internet

Smartphone kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dalam kondisi penuh. Bahkan kalau bisa, kamu membawa Power Bank untuk berjaga-jaga Pulsa memadai, jangan sampai dalam keadaan darurat telepon kamu tidak bisa digunakan. Dan juga, kuota internet yang memadai, untuk memberi kabar ke keluarga yang lain dan untuk mencari jalan alternatif lainnya.

Kondisi tubuh

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan kamu juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan kamu dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat.

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel