Teknologi di Film Sci-fi yang Sekarang Jadi Kenyataan (Part 2)

4 Jun 2018 18:27 2067 Hits 0 Comments
Berikut teknologi di film sci-fi yang sekarang jadi kenyataan part 2

Film sci-fi (fiksi ilmiah) sering ditunggu-tunggu penikmatnya. Berbagai teknologi yang terkesan hanya khayalan bisa tampak nyata dalam genre film ini.

Film sci-fi punya ciri khas menunjukkan teknologi masa depan yang mempunyai peran penting. Sebut saja film sci-fi terkenal seperti Star Wars atau seri film Back to the Future yang menggambarkan bagaimana teknologi bisa mengubah keseharian manusia.

Berikut teknologi di film sci-fi yang sekarang jadi kenyataan part 2 :

Taxi autopilot

Film sci-fi Total Recall beredar pada tahun 1990, di film itu ada suatu adegan dimana Arnold Schwazenegger menggunakan taxi berpengemudi robot, mungkin saja dianggap kejadian sungguh tidak masuk akal dimasa itu.

Tapi sekarang, di Jepang, Singapura, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara lainnya, fasilitas Robotaxi sudah dapat anda gunakan untuk berpergian. Dan di Dubai, sudah ada 200 taxi autopilot yang siap beroperasi. Taxi-taxi itu diatur sedemikian rupa untuk memiliki kemampuan penuh mengemudi sendiri tanpa bantuan sopir.

Hoverbike

Memang banyak teknologi – teknologi futuristik yang digambarkan dalam film Star Wars. Namun, ada satu teknologi yang saat itu sepertinya benar – benar mustahil, yaitu Speeder Bike. Sebuah sepeda motor yang mempunyai konsep ‘melayang‘. Sekarang, teknologi dari film scifi star wars tersebut telah menjadi kenyataan.

Pada tahun 2017 lalu, perusahaan dari Los Angeles yang bernama Aerofex mengumumkan akan menjual Aero-X. Aero-X adalah hoverbike yang dapat membawa 2 orang.

Tactical Assault Light Operator Suit

Yang satu ini terinspirasi dari Iron Man. Tactical Assault Light Operator Suit atau disingkat TALOS.

TALOS adalah sebuah kostum yang mempunyai konsep Robotic Exoskeleton untuk militer Amerika Serikat. TALOS tersebut dapat membuat para prajurit Amerika Serikat menjadi kebal peluru, lebih kuat, dan memberikan informasi – informasi penting seputar kostum tersebut (layaknya Informasi dari Jarvis yang diberikan ke Tony Starks).

Printer 3D

Jika di film Star Trek ada alat canggih yang namanya Replicator, di dunia nyata ada teknologi serupa, yaitu 3D printer. Dengan alat ini, kamu bisa menciptakan berbagai macam barang, mulai dari kaos, spare part kendaraan, hingga yang paling ekstrim yaitu senjata.

Hologram

Dalam film Star Wars, banyak pertemuan yang dilakukan lewat hologram biru seperti gambar di atas. Selain praktis, pengguna bisa langsung bercengkerama dengan yang lain.

Teknologi ini sekarang bisa kamu gunakan dengan smartphone dan plastik saja. Banyak konten 3D yang bisa kamu temukan di media sosial. Cukup dengan plastik yang dibuat seperti piramid terbalik, kamu bisa melihat hologram tampil di atas layar smartphonemu, keren kan?

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel