Teknologi di Film Sci-fi yang Sekarang Jadi Kenyataan (Part 1)

3 Jun 2018 18:48 2179 Hits 0 Comments
Film sci-fi punya ciri khas menunjukkan teknologi masa depan yang mempunyai peran penting. Berikut teknologi film sci-fi yang jadi kenyataan.

Film sci-fi (fiksi ilmiah) sering ditunggu-tunggu penikmatnya. Berbagai teknologi yang terkesan hanya khayalan bisa tampak nyata dalam genre film ini.

Film sci-fi punya ciri khas menunjukkan teknologi masa depan yang mempunyai peran penting. Sebut saja film sci-fi terkenal seperti Star Wars atau seri film Back to the Future yang menggambarkan bagaimana teknologi bisa mengubah keseharian manusia. Mulai dari hal yang remeh-temeh seperti kacamata sampai alat komunikasi yang canggih.

Smart glass

Kacamata mungkin terlihat hanya sebagai benda fashion saja. Dalam film Back to the Future, anak Marty dari masa depan terlihat sedang memakai kacamata yang bisa menampilkan berbagai informasi tertentu.

Hal ini ternyata sudah ada di kenyataan berkat adanya virtual reality headset. Berbagai konten VR juga bisa kamu temui dengan mudah di media sosial. Tinggal pasang kacamata VR, kamu bisa langsung menikmati berbagai konten dengan asyik.

TV layar flat

TV dulu terkenal dengan ukurannya yang besar dan berat. TV tabung tersebut memang membutuhkan ukuran yang besar agar cahaya bisa dipantulkan di layarnya.

Dalam berbagai film sci-fi, TV sering digambarkan memiliki ukuran yang tipis dan praktis. Sekarang, TV dengan teknologi LCD dan LED dengan ukuran tipis sudah sering dijumpai di rumah-rumah. Tak hanya makin tipis, TV zaman sekarang sudah bisa menampilkan warna yang lebih jernih.

Facial recognition

Sistem keamanan dengan menggunakan wajah dulunya hanya ada di film sci-fi seperti James Bond. Sistem ini memungkinkan orang untuk membuka suatu gadget hanya dengan wajah saja.

Teknologi canggih tersebut membuat banyak pihak penasaran. Namun sekarang kamu bisa menemukannya di smartphone-smartphone.

Video call

Di berbagai film sci-fi, tokoh penjahat biasanya akan tampil lewat sebuah layar raksasa. Mereka bisa berkomunikasi lewat alat seperti TV secara dua arah. Teknologi ini sekarang bisa kamu nikmati di smartphone yang ada di genggamanmu. Tak cuma suara, kamu bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi mereka lewat kamera depan gadgetmu.

Fingerprint

Teknologi sistem keamanan sekarang makin canggih. Banyak film sci-fi yang berhasil memprediksi teknologi ini. Contohnya dalam film Back to the Future, ada adegan tokoh utama membuka pintu dengan sidik jari saja.

Pengguna tinggal menaruh jarinya di tempat yang disediakan dan pintu akan terbuka.Teknologi ini sekarang sudah umum digunakan untuk absensi karyawan, pelajar, bahkan tersedia di smartphone-smartphone.

Lengan bionik

Dalam film Star Wars, Luke kehilangan tangannya saat duel melawan musuhnya. Sebagai penggantinya, Luke mendapat lengan pengganti yang bisa bergerak layaknya tangan biasa. Dengan tangan ini, Luke bisa kembali beraksi. Tangan tersebut terbuat dari bahan metal kuat sehingga bisa digunakan sehari-hari.

Tangan bionik sekarang sudah banyak dikembangkan untuk mereka yang kehilangan tangan. Berbagai jenis tangan bionik bisa kamu temui. Sehingga, kehidupan mereka jadi lebih baik daripada sebelumnya.

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel