Hobi Kekinian yang Cocok Untuk Anak Muda yang Gampang Bosan Namun Menghasilkan dan Modalnya Sedikit

27 May 2018 04:52 2411 Hits 0 Comments
Hobi atau kegiatan Apa saja yang bisa dilakukan anak muda yang kekinian, gak bikin bosen, menghasilkan dan modalnya sedikit?

Judulnya ribet banget ya, seorang anak muda, gampang bosen dan kepengen punya hobi yang menghasilkan, plus berkaitan dengan digital biar kekinian dan gak perlu modal gede. Please! Ada seorang insan yang bisa tolong?

Oke, dengan segala kesongongan saya, maka saya katakan permasalahan diatas solusinya gampang. Maksudnya jangan gampang ngimpi sembarangan. Hoho..

Tapi serius, permasalahan yang disebutkan diatas sebenarnya bukanlah sesuatu yang terlalu serius. In general, hal ini biasa ternjadi pada anak muda. Jiwa-jiwa yang ingin selalu mengeksplor, mengikuti jaman dan sembari ingin bisa ngisi dompetnya sendiri.

Saya bukan dukun, yang bisa dimintahi pesugihan. Tapi saya hanya anak muda seperti kalian yang bertepatan juga ingin berbagi terkait: Hobi atau kegiatan Apa saja yang bisa dilakukan anak muda yang kekinian, gak bikin bosen, menghasilkan dan modalnya sedikit?

Perlu diingat, materi yang saya jelaskan hanyalah sebatas pengetahuan saya, jadi jangan harapkan seperti kamu liat di seminar motivator yaa.. Tapi kalau kamu lagi bosen dan ingin berbuat "sesuatu" dengan internet, moga aja tulisan ini berjodoh.

Hobi kekinian yang bisa kamu lakukan?

Tidak bisa dibohongi jika kegiatan yang terkait dengan digital saat ini memang sedang digandrungi anak muda. Kita tidak bisa mengelak lagi dari serbuan dunia digital. Mungkin, tidak lama lagi hampir semua aktifitas manusia akan bersinggungan dengan digital.

Kalau kamu suka seni, memajang hasil karya seni kini bisa di internet yang gampang dan gratis.

Suka fotografi, ada kamera, pajang di Instagram atau jual saja fotonya.

Suka bikin konten digital? Bisa jadi Youtuber.

Atau bila tidak punya kamera? Bisa menulis cuy. 

Tidak punya hasrat untuk membuat sebuah karya berupa konten digital. Kamu bisa jualan online. Pakai modal smartphone juga bisa.

Atau sukanya main-main, bisa jadi gamers. FYI, dunia e-sports saat ini lagi naik daun.

Dan khusus menulis, hobi menulis digital menurut saja paling mudah. Maksudnya bukan menulisnya yang gampang. Namun langkah untuk orang mau menulis itu cenderung lebih mudah, dibanding hobi digital lainnya. Seperti contoh, menulis di Plimbi merupakan salah satu  pilihan bagus dari banyak platform untuk menulis. Disini (Plimbi) juga ada benefitnya loh, artinya hasil jerih payah menulis kamu dibayar. Pakai smartphone doang juga bisa.

Kembali ke topik hobi kekinian, meski hampir selalu bersentuhan dengan dunia digital. Namun bukan berarti selalu bicara tentang gadget dan berada dibalik layar. Peduli lingkungan, sejarah, seni, budaya dan aktivitas lainnya juga merupakan hobi kekinian. Tinggal kreatifnya saja menggabungkan berbagai unsur dengan teknologi.

Hobi yang bisa menghasilkan

Sengaja saya menyebutkan kata "menghasilkan" sebagai pemanis saja. Karena banyak orang yang mengira pasti menghasilkan uang. Sayang tidak semuanya tepat. Menghasilkan disini ialah menghasilkan apapun, bukan hanya uang.

Karena segala apapun yang kita lakukan, mesti diperhatikan. Apa yang saya lakukan hari ini, kira-kira mampu menghasilkan apa? Jika dirasa tidak menghasilkan apapun atau tidak ada faedah, maka tinggalkan saja.

Dan ingat kembali, menghasilkan bukan berarti harta benda. Namun bisa apapun itu, pengalaman, kebahagian, ilmu, berbagi dan lainnya. Barangkali seperti, saat ini saya menulis di Plimbi. Tidak ada yang bisa menjamin dapat keuntungan finansial yang besar. Kalau untuk pengalaman, ilmu dan kebahagiannya Insyaallah dapat.

Hobi dengan modal sedikit tapi hasil selangit

Seperti iklan MLM saja ya, modal sedikit hasil selangit. Mending ikut pesugihan semacam kanjeng Dimas. Huhuhi..

Beberapa orang pasti tidak percaya kalau hobi dengan budget sedikit namun mampu menghasilkan hasil selangit. Namun hal itu kembali lagi ke masing-masing orang melihatnya.

Seperti tetangganya saudara saya yang di Langkat, Ia membeli kamera mahal untuk hobi fotografi. Namun baginya harga bukannlah masalah karena Ia tahu, dengan kamera mahal maka hasil fotonya juga semakin bagus. Dan berharap hobinya bisa ber-metamorfosis menjadi bisnis, yang mana semua itu tidak akan terjadi bila dia hanya punya kamera pas-pasan.

Begitu juga dengan contoh lainnya, sebenarnya saya mau ceritain tetangga temanya kakaku yang rela beli seperangkat gadget canggih untuk jadi gamers. Dan mereka-mereka yang lainnya. Namun takut kepanjangan.

Pada akhirnya banyak juga mereka-mereka yang lainnya yang hanya modal smartphone bisa jadi seleb dunia maya bahkan masuk tv, jualan online melalu hp dan kamu jangan putus asa hanya karena modal. Yang Karena modal kejujuran saat ini juga sangat dibutuh.

Kesimpulannya apapun hobinya, asal ada faedah, bikin karya saja dulu dan selebihnya jangan ngarep macam-macam kecuali berdoa. Ya asyikin aja..

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 40
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel