20 Tahun Panggilan GSM Pertama Kali Dilakukan

12 Jul 2011 19:23 3940 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tepat 20 tahun ini panggilan menggunakan jaringan GSM resmi dilakukan dan menjadikan momen ini sebagai awal dari era baru telekomunikasi sekaligus dimulainya revolusi teknologi telekomunikasi nirkabel.

Tahukah Anda bahwa pada 1 Juli, 20 tahun yang lalu, Panggilan GSM pertama kali dilakukan? Ya, tepat 20 tahun ini panggilan menggunakan jaringan GSM resmi dilakukan dan menjadikan momen ini sebagai awal dari era baru telekomunikasi sekaligus dimulainya revolusi teknologi telekomunikasi nirkabel.

Upaya pengembangan GSM sebagai standar Eropa atas telepon seluler berawal pada 1982 saat European Conference of Postal and Telecommunications Administrations (CEPT) menciptakan Group Special Mobile Committee yang berbasis di Paris. Dan pada 1987, perwakilan dari 13 negara Eropa menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk mengembangkan dan menggunakan GSM sebagai sistem telekomunikasi di Eropa.

Dan pada 1 juli 1991, Perdana Menteri Finlandia saat itu, Harri Holkeri, melakukan panggilan GSM pertama kali di Helsinki, Finlandia. Panggilan pertama kali ini dilakukan melalui jaringan GSM pertama yang dibangun oleh Telenokia (saat ini bernama Nokia) dan Siemens, yang kemudian perusahaan Nokia asal Finlandia dan Siemens asal Jerman menciptakan perusahaan joint venture bernama Nokia Siemens Network, dengan menggunakan prototipe ponsel Nokia. Setahun kemudian setelah acara komersial peluncuran GSM pertama kali ini, Nokia meluncurkan produk ponsel GSM pertamanya, Nokia 1011, pada tahun 1992. RY

Tags Ulasan Bisnis

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel