Jajanan Klasik Nan Asik Di Kota Semarang

15 Feb 2018 13:20 2376 Hits 0 Comments
Bingung menghabiskan libur akhir pekan? Kunjungi Kota Semarang dan nikmati jajanan klasik nan asyik yang menggoyang lidah dan perut anda. Dijamin ketagihan!

Kota Semarang, salah satu kota besar yang berada di Jawa Tengah menyimpan sejuta sudut kuliner yang wajib untuk dicoba. Seringkali, saat kita berkunjung ke Kota Semarang, yang ada dalam benak kita hanyalah lumpia. Lebih dari itu, Semarang menawarkan banyak jajanan yang akan menggoyang lidah dan perut setiap kita yang mengunjunginya. Apakah anda memiliki rencana untuk berlibur ke kota dengan julukan Venetië van Java? Jika demikian, keluarkan buku catatan anda untuk membuat itinerary kuliner yang pasti membuat anda ketagihan.

  • Pisang Plenet

Jajanan Klasik Nan Asik Di Kota Semarang

Olahan pisang tentu saja sangat menggoda untuk dicicipi. Jika saat ini sedang trend nugget pisang, di Semarang anda bisa menemukan satu kuliner khas di kota ini benama pisang plenet. Sewajarnya olahan pisang digoreng, dibakar, atau dijadikan bahan dasar pembuatan kue, berbeda dengan pisang plenet. Pisang plenet diolah dengan cara dibakar langsung di atas bara api hingga matang dan berubah warna kecoklatan, lalu diplenet atau dipenyet hingga berubah bentuk menjadi pipih.

Untuk menambah citarasa, pisang ini dioles dengan margarin dan diberi topping, seperti meses, selai, atau gula halus. Kemudian, pisang plenet tersebut ditumpuk menjadi satu seperti sandwich. Tak lupa dibungkus dengan daun pisang untuk menambah aroma yang aduhai. Jangan khawatir mendapatkan pisang yang asam, karena pisang plenet diolah dari pisang raja yang rasanya manis.

Jika anda sedang melewati Jalan Gajahmada di sore hari, anda akan menemukan banyak penjual pisang plenet di trotoar jalan. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 6000,00 anda sudah bisa menikmati lezatnya satu porsi pisang plenet.

  • Lekker Pak Paimo

Jajanan Klasik Nan Asik Di Kota Semarang

Apakah anda ingat satu jajanan di era 90-an yang sangat hits di kalangan anak-anak sekolah? Ya, kue lekker namanya. Kota Semarang menjadikan kue lekker Pak Paimo salah satu ikon kuliner di kota ini. Jajanan yang berbahan dasar tepung ini sungguh banyak dinikmati oleh warga lokal maupun pendatang. Di sini, anda bisa memilih jenis lekker yang anda suka. Mau yang tebal atau yang tipis seperti crepes.

Apa yang menarik dari lekker Pak Paimo? Yang membedakan lekker ini dengan lekker yang lain adalah isian lekker itu sendiri. Jika seringkali kita mendapati penjual lekker hanya memberikan isiang pisang, coklat bubuk, dan gula pasir, tidak dengan lekker Pak Paimo. Anda bisa mencoba lekker dengan isian manis atau asin. Biasanya lekker yang tebal diisi dengan isian bercita rasa asin, seperti sosis, keju, telur, abon, jagung manis, bahkan tuna , dan lengkap dengan daun bawang. Apabila anda tidak suka dengan cita rasa pedas, anda bisa menyampaikannya di awal mengingat lekker Pak Paimo banyak diminati oleh pembeli bahkan hingga membuat satu antrian panjang. Lekker Pak Paimo sudah berdiri sejak 1978 dimana anda bisa menemukannya di depan SMA Kolose Loyola Semarang. Harganya pun beragam, mulai Rp 2000,00 hingga Rp 20.000,00 tergantung dari isian yang anda pilih.

  • Es Puter Cong Lik

Jajanan Klasik Nan Asik Di Kota Semarang

Kota Semarang identik dengan cuaca yang panas, hal ini dikarenakan Semarang merupakan salah satu kota yang terletak dekat dengan pesisir pantai utara Jawa. Meskipun panas dan gerah, jangan berhenti untuk mencicipi banyak jajanan khas Kota Semarang yang sayang untuk dilewatkan. Boleh sedikit rehat untuk mendinginkan badan dengan menikmati es puter yang terkenal di Kota Semarang, yaitu es puter Cong Lik. Es puter berbeda dengan es krim. Es puter dibuat dengan bahan es serut dan juga santan, bagaimana rasanya? Lezat dan klasik! Disebut es puter karena cara pembuatannya dengan diputar sekuat tenaga supaya es serut dan santan tercampur dengan sempurna.

Ada banyak varian rasa yang ditawarkan oleh es puter Cong Lik, setidaknya ada 10 macam rasa yang bisa anda coba, antara lain rasa coklat, kopyor, leci, kacang ijo, belewah, sirsak, kelengkeng, alpukat, hingga durian. Yang sering direkomendasikan dan patut anda coba adalah rasa alpukat dan tentu saja durian. Jika anda berjalan-jalan di sekitar Simpang Lima, anda bisa menemukan penjual es puter Cong Lik di dekat Hotel Citraland. Namun, anda juga bisa menemukannya di beberapa tempat di Semarang, seperti Semawis dan depan RS Tlogorejo. Walaupun porsinya kecil hanya sekitar 2 scoop saja, namun rasanya sungguh menggugah selera. Bagaimana dengan harganya? Dengan Rp 15.000,00 anda sudah bisa mendapatkan satu porsi es puter Cong Lik dengan varian rasa durian. Menarik untuk dicoba bukan?

Tunggu apalagi, nikmati libur akhir pekan anda dengan berjalan-jalan di Kota Semarang dan nikmati jajanan klasik nan asik di tempat ini. Selain mencicipi jajanan khas di kota ini, anda juga bisa mencari spot-spot instagramable di beberapa sudut kota Semarang.

Tags Kuliner

About The Author

Adinda Prameswari 23
Novice

Adinda Prameswari

I write therefore I live.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Adinda Prameswari