Tizen OS buatan Samsung, Ini 5 Kelebihannya.

18 Jan 2018 11:23 1977 Hits 0 Comments
5 hal yang perlu anda ketahui tentang Tizen OS.

Sistem Operasi Tizen adalah sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. Tizen tidak hanya dibuat untuk Smart Phone dan Tablet saja, namun Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan perangkat lainya. Sistem operasi Tizen versi 1.0 meluncur dengan pada 30 April 2012,  nama dari peluncuran pertama dari sistem operasi baru ini adalah Larkspur. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus Alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh dirilis pada Januari 2013. Pada 3 Juni 2014, Samsung telah resmi mengenalkan smartphone pertamanya bertajuk Samsung Z dengan OS Tizen pada ajang Tizen Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat. Apa saja kelebihan tizen dibandinkan dengan sistem operasi lain? Berikut Ulasannya.

 

 Dukungan HTML 5

Tizen mendorong para pengembangnya untuk membuat aplikasi berbasis HTML 5. Para pengguna dapat menikmati pengalaman menjelajah internet secara sempurna  dengan HTML 5, pengguna tidak perlu menggunakan berbagai pluggin lagi untuk menonton video, mendengarkan musik. Sedangkan Android dan iOS sendiri menggunakan Java dan Objective-C sebagai bahasa pemrograman utamanya. Bisa dikatakan OS Tizen lebih unggul dalam hal browsing.

Multi Window dan Floating Browser

                OS Tizen menghadirkan fitur-fitur unik seperti Multi Window yang jarang ada pada Sistem Operasi lainnya. Multi Window ini membuat user bisa menggunakan berbagai aplikasi sekaligus dalam 1 window, seperti jika anda ingin membuka facebook sambil menonton video youtube, Fitur multi window ini bisa menangani keinginan itu dengan baik. Fitur floating browser juga terdapar pada Sistem Operasi ini.

Basic Gestures

Sistem operasi Tizen juga dibuat untuk mendukung berbagai macam gestur sentuh seperti tap, swipe, dan flick. Sama seperti perangkat berbasis sentuh lainnya, fungsi tap akan memilih item, long tap akan memunculkan opsi menu tambahan, mencubit untuk zoom, dan masih banyak lagi. Basic gesture ini sangat membantu bagi anda yang biasa menggunakan android namun ingin beralih menggunakan Tizen OS, anda tidak akan asing dengan gesture-gesture yang sudah sering anda pakai pada Android.

Aplikasi

                Tizen OS ini dapat menjalankan berbagai aplikasi yang sudah ada pada Android, jadi pengguna Tizen tidak akan ketinggalan Tren dengan aplikasi yang ada di Android. Tizen juga mengundang bagi para App Developer untuk mengembangkan aplikasi di Tizen OS.

                Samsung sendiri mengatakan bahwa Tizen OS ini lebih ringan jika dibandingkan dengan Android. Hal ini terjadi karena Android menggunakan aplikasi berbasis Java yang mengkonsumsi memori yang jauh lebih besar daripada aplikasi C/C++ karena tiga hal: Java virtual machine, ClassLoader dan Garbage Collector. Berapa bagian dari ClassLoader ini harus dimuat lebih dulu sebelum program dieksekusi yang terkadang membuat start up aplikasi Android menjadi lebih lambat.
 

 

Tags

About The Author

Daniel Desantha 20
Novice

Daniel Desantha

Simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel