Nama Bahasa Pemrograman Java Berasal Dari Kopi Tubruk! Kok bisa? Simak Ceritanya~

17 Jan 2018 11:23 2471 Hits 0 Comments
Sejarah singkat tentang Java dan asal-usul nama Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program yang menggunakan bahasa pemgrograman Java ini tersusun dari berbagai bagian yang disebut “class”. “Class” itu sendiri mempunyai berbagai “method” yang melakukan perkerjaan-pekerjaan sendiri didalamnya. Bahasa pemgrograman Java ini dapat dijalankan di berbagai computer, dan sekarang Java sering dipakai dalam pembuatan aplikasi Android. Java semakin berkembang dari tahun ke tahun, makin banyak digunakan. Jadi bagaimana asal usul nama “Java” ini?

Bahasa pemrograman Java ini dibuat oleh James Gosling ketika Ia masih bergabung dalam Sun Microsystems. Java terlahir dari “The Green Project” pada tahun 1991. Saat itu nama “Java” belum ditemukan, jadi dalam proyek yang dikerjakan oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling dan programmer Sun Microsystem lainnya ini mereka menggunakan versi yang bernama “Oak”. “The Green Project” ini dikerjakan secara tertutup di sebuah gedung di Sand Hill Road, Menlo Park, California, AS.  Projek yang dimulai pada Desember 1990 ini akhirnya membuahkan hasil setelah bekerja keras selama 18 bulan dan menghabiskan dana jutaan dolar AS. Pada 3 September 1992 mereka mendemonstrasikan “Star7”, sebuah PDA dengan input touchscreen (layar sentuh) yang dapat menjalankan berbagai aplikasi interaktif. Termasuk menciptakan animasi Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Karena nama “Oak” sudah dipakai oleh perusahaan lain, yaitu “Oak Technology”, maka Sun Microsystems harus mengganti nama “Oak” tersebut. Untuk mengganti nama “Oak” ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak usul dari pengacara dan ahli hukum perusahaan, perdebatan dengan berbagai pendapat dilakukan para insinyur, manajer pemasaran, penasehat hukum, dan direksi Sun Microsystems untuk menemukan nama yang tepat selama berhari-hari. SelamaKelak Kim Polese, manajer pemasaran saat itu yang sekarang adalah CEO Marimba Inc. akhirnya memakai merek dagang Java. Proses pencarian nama pengganti untuk “Oak”, James Gosling memperkenalkan nama “Green Talk” dengan file extensi “.gt”. Akhirnya setelah proses pencarian nama yang panjang, maka ditemukanlah nama-nama yang menjadi kandidat untuk menggantikan nama “Oak” dan “Green Talk” yaitu “Silk”, “DNA”, dan “Java”. Pada akhirnya nama “Java” lah yang terpilih untuk menggantikan nama-nama sebelumnya, dan Kim Polese, manajer pemasaran saat itu langsung memakai merek dagang Java.

Pada awalnya nama “Oak” diusulkan oleh James Gosling, nama tersebut diambil dari Pohon Oak yang tumbuh di depan ruangan kerja James Gosling. Dan nama “Java” ini juga diusulkan oleh James Gosling, dia mengambil nama “Java” ini dari dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan James Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java). Itu juga menjadi alasan kenapa lambing dari “Java” adalah secangkir Kopi.

Sekian Asal-usul nama bahasa pemrograman “Java”, menarik bukan? Semoga informasi tersebut bermanfaat, trimakasih.

Tags

About The Author

Daniel Desantha 20
Novice

Daniel Desantha

Simple

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel