Rahasia Mengapa Orang Tionghoa Mudah Sukses dan Jadi Kaya

9 Jan 2018 11:51 4584 Hits 0 Comments
Tanpa menyinggung soal ras. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa sih orang-orang keturunan Tionghoa bernasib mujur, duitnya banyak dan biasanya sering jadi bos. Apa sih rahasia dibalik suksesnya orang Tionghoa?

Tidak dipungkiri, orang keturunan Tionghoa dikenal sebagai orang-orang berduit tebal atau "horang kaya". Seperti kita kenal di tanah air ada nama Hary Tanoe, Bong Chandra sampai level dunia ada nama Jack Ma.

Tanpa menyinggung soal ras. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa sih orang-orang keturunan Tionghoa bernasib mujur, duitnya banyak dan biasanya sering jadi bos. Apa sih rahasia dibalik suksesnya orang Tionghoa? Yuk disimak:

1. Rajin menabung dan gemar investasi

Tidak dipungkiri jika menabung menjadi kunci menjadi sukses. Orang Tionghoa dikenal rajin menabung. Biasanya pendapatan langsung ditabung di bank. Serta mereka juga sering menginvestasikan ke reksadana dan deposito. Bahkan mereka gak segan investasi 70-80 dari penghasilan. Baru sisahnya untuk keperluan harian.

2. Gak gengsi penampilan mewah

Berbeda dengan kebanyakan orang yang suka pamer kemewahan. Orang Tionghoa jarang menunjukkan penampilan mewahnya kecuali jika acara besar dan upacara keluarganya. Sedangkan sehari-hari mereka jauh dari gengsi penampilan mewah.

3. Menabung sehingga bisa membeli barang tunai

Orang Tionghoa sebisa mungkin membeli barang secara cash atau tunai, karena mereka tau bahwa bunga kredit akan memberatkan hidup mereka nantinya. Mereka suka menabung terlebih dulu ketika ingin membeli barang

4. Memasak makanan sendiri

Memasak makanannya sering diterapkan oleh para keturunan Tionghoa. Mereka lebih suka mengolah masakannya sendiri ketimbang beli di warung atau resto. Selain membuat lebih hemat, kebiasaan memasak sendiri tentu menjamin kesehatan makanannya.

5. Pekerja keras

Keturunan Tionghoa biasanya seorang workaholic. Kalau biasanya orang-orang menghindari lembur, justru orang Tionghoa mencari-cari lembur. Karena dengan jalan lembur, disitulah peluang untuk bekerja lebih keras dan memperoleh penghasilan tinggi.

6. Gak cuma kerja pokok, orang Tionghoa Gemar kerja sambilan

Mereka sadar kalau penghasilan dari satu pekerjaan masih kurang untuk menopang hidup sehari-hari. Itu sebabnya mereka suka mengerjakan pekerjaan sampingan, mulai dari Commerce, ngajar Les dan lainnya.

7. Etos kerja yang disukai bos

Semangat kerja yang dimiliki orang Tionghoa biasanya disukai bosnya di tempat kerja. Mereka mengerjakan tugas-tugasnya dengan cepat dan tuntas. Itu sebabnya mengapa karir mereka cepat menanjak.

8. Mementingkan manfaat ketimbang gengsi semata

Ketika orang Tionghoa baru mulai pekerja, mereka hanya membeli barang yang bernilai guna. Jika dirasa barang tersebut tidak terlalu bermanfaat, mereka tidak membelinya dulu hanya karena gensi.

Itu dia rahasia mengapa orang Tionghoa rata-rata menjadi kaya. Sudah tahukan? Jadi bukan karena "dari sononya", namun ada proses dalam setiap kesuksesan orang Thionghoa, begitupun kelompok masyarakat maupun individu lainnya. Tertarik menerapkannya dalam hidup mu? 

Gambar sampul: masadepangua.com

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 40
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel