Film-film Ini Dilarang Tayang di Indonesia, Kenapa Ya?

3 Sep 2017 14:22 2905 Hits 1 Comments
Kira-kira kenapa ya film-film ini dilarang tayang di Indonesia?

Film merupakan wadah untuk mengekspresikan berbagai macam hal. Dewasa ini, banyak sekali genre film yang dapat kita temukan di pasaran. Karena semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang bisa membuat film. Oleh karena itu, film yang dihasilkan semakin banyak dan Indonesia menjadi salah satu pasar yang besar untuk industri film. Maka, lembaga sensor film Indonesia bekerja keras untuk mensensor hal-hal yang tidak semestinya dilihat oleh masyarakat Indonesia. Kali ini saya akan membahas 3 film yang dilarang tayang di Indonesia.

 

1. Long Road to Heaven

Film-film Ini Dilarang Tayang di Indonesia, Kenapa Ya?

www.copiikhan.wordpress.com/2010/05/14/long-road-to-heaven-lrth-2007/

Adalah film tahun 2007 yang bercerita tentang bom Bali pada tahun 2002. Buatan rumah produksi Kalyana Shira Films dan disutradarai oleh Enison Sinaro ini mengambil cerita dari dua sisi, yaitu dari sisi pelaku dan sisi korban. Banyak kontroversi yang ditimbulkan oleh film ini kepada masyarakat Bali. Pemerintahan kota Bali, dan beberapa politisi lokal melarang ditayangkannya film ini di pulau Dewata karena mereka khawatir film ini dapat membawa kebencian terhadap sekelompok orang. Film ini juga dikhawatirkan dapat membuka luka lama yang diakibatkan oleh bom Bali tersebut.

 

2. Balibo

Film-film Ini Dilarang Tayang di Indonesia, Kenapa Ya?

www.en.wikipedia.org/wiki/Balibo_(film)

Merupakan film garapan sutradara dari Australia, Robert Conolly. Bercerita tentang Balibo Five, yaitu grup jurnalis yang ditangkap dan dibunuh di daerah Balibo, Timor Timur saat memberitakan tentang penyerangan pasukan Indonesia ke Timor Timur pada tahun 1975. Oleh Indonesia kematian Balibo Five karena mereka berada di tengah-tengah medan perang. Sedangkan koroner dari Australia mengatakan bahwa mereka dieksekusi mati oleh pasukan elit dari Indonesia. Kematian Balibo Five sempat membuat renggang hubungan antara Indonesia dan Australia. Pemerintahan Australia tidak pernah mengambil tindakan tegas pada insiden ini. 

 


3. Noah

Film-film Ini Dilarang Tayang di Indonesia, Kenapa Ya?

www.en.wikipedia.org/wiki/Noah_(2014_film)

Noah adalah film tahun 2014 tentang cerita Nabi Nuh pada masanya. Film ini berdasarkan tentang cerita dari Kitab Kejadian atau Perjanjian Lama didalam Alkitab Kristen. Karena dianggap bertentangan dengan ajaran Islam,maka film yang disutradarai oleh Darren Aronofsky ini dilarang tayang di Indonesia. Selain di Indonesia, Noah juga dilarang tayang di beberapa negara Muslim lainnya seperti Bahrain,Qatar,Kuwait,Arab Saudi,dan Malaysia. 

4. Schindler's List

 

Film tahun 1993 ini diambil dari novel Schindler's Ark oleh Thomas Keneally. Menceritakan tentang Schindler, seseorang yang sudah menyelamatkan nyawa ribuan orang yang kebanyakan adalah pengungsi yahudi korban perang dunia kedua. Diambil dari kisah nyata, film ini mendapatkan banyak penghargaan dan sering disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Dilarang tayang di Indonesia disebabkan oleh gambaran yang terlalu simpatik tentang yahudi.   

Itulah tadi beberapa sebab mengapa film-film tersebut dilarang tayang di Indonesia. Menurut kalian apakah alasan pemerintah melarang film-film tersebut masuk akal atau tidak? Comment di bawah!

 

 

Tags Film

About The Author

vito widigdo 17
Novice

vito widigdo

Mahasiswa gemar menulis sebagai curahan hati dan pikiran terhadap kehidupan yang fana ini.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel