Android O Segera Rilis, Berikut 4 Fitur Keren Yang Bakal Dibawa

10 Apr 2017 00:21 1263 Hits 0 Comments
Belum semua smartphone menerima update Android Nougat, Google kabarnya sudah bersiap meluncurkan seri Android terbaru yang kali ini akan dimulai dengan huruf O. Seri Android yang kabarnya akan mengusung nama Oreo itu akan resmi dirilis bersamaan dengan event tahunan Google I/O yang akan dilaksanakan bulan Mei.

Belum semua smartphone menerima update Android Nougat, Google kabarnya sudah bersiap meluncurkan seri Android terbaru yang kali ini akan dimulai dengan huruf O. Seri Android yang kabarnya akan mengusung nama Oreo itu akan resmi dirilis bersamaan dengan event tahunan Google I/O yang akan dilaksanakan bulan Mei.

Meski belum resmi, hari ini Google secara khusus merilis preview Android O untuk developer alias pengembang. Nah, dari preview tersebut beredar kabar akan ada sejumlah fitur baru yang diusung oleh si Android O ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut IDN Times sajikan fitur apa saja yang kabarnya bakal dibawa oleh si Android O kelak. Simak yuk!

1. Notifikasi akan tampil lebih fresh di Android O

Dalam preview Android O khusus untuk developer yang dirilis hari ini (22/3), sistem operasi terbaru itu dikabarkan akan mengusung tampilan notifikasi yang lebih fresh. Pengguna nantinya bisa memiliki kontrol yang lebih leluasa untuk mengurai notifikasi dari berbagai aplikasi.

Setiap channel notifikasi kabarnya akan bisa diblok secara personal. Dimana kamu mendapat banyak pilihan ketimbang harus memblokir notifikasi mengganggu satu persatu dari aplikasi tertentu. Selain itu, notifikasi nanti akan muncul dengan visual baru di mana pengguna lebih mudah untuk melihat isi dari notifikasi yang selama ini kerap tertutup dan akan memberlakukan fungsi snoozing untuk menyingkirkan notifikasi dalam jangka waktu tertentu.

2. Android O munculkan fitur baru yang memungkinkan dua aplikasi berjalan sekaligus dalam satu layar.

Android O kemungkinan besar akan mengusung fitur Picture-in-Picture yang memungkinkan dua aplikasi berjalan sekaligus dalam satu layar. Fitur yang sebenarnya muncul pertama kali di Android TV ini sebenarnya sudah ditunggu-tunggu pecinta smartphone berbasis Android, karena nantinya jika fitur benar hadir di Android O maka pengguna bisa menonton video sambil membuka aplikasi lainnya sekaligus. Asyik kan?

3. Android O akan membatasi waktu berjalan aplikasi di latar belakang

Ya, dari preview developer diketahui bahwa akan ada batasan secara otomatis kepada aplikasi dan secara khusus aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di latar belakang. Asyiknya, jika fitur ini benar-benar hadir maka akan ada peningkatan kinerja dan daya tahan baterai. Dengan kata lain, fitur ini bakal semakin mengoptimalkan kinerja RAM smartphonemu.

4. Bakal makin banyak fitur bisnis di Android O

Buat kamu pelaku bisnis yang menggunakan smartphone untuk berbisnis atau bekerja, maka bisa berbahagia. Pasalnya, Google menjanjikan Android O akan membawa banyak fitur baru untuk bisnis. Gak dijelaskan secara rinci fitur apa saja yang dimaksud. Namun dari isu yang beredar, akan banyak pembaruan di fitur produktivitas seperti akses email.

Itulah sebagian fitur yang kabarnya akan dibawa Android O saat resmi rilis Mei mendatang. Gimana, sudah gak sabar kan menyambut si penerus Android Nougat ini?

About The Author

Cendol Ijo 29
Novice

Cendol Ijo

Saya adalah seorang Blogger Techno yang hobi mengulas mengenai update teknologi terbaru

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel