12 Tips yang Tepat dan Ampuh agar Usaha Bisnis Kita Menguntungkan

8 Nov 2016 00:21 24188 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Membuka usaha bisnis menjadi alternatif yang baik untuk menambah penghasilan tambahan selain penghasilan utama.

gambar diambil dari google image

 

Kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat pada zaman sekarang ini terkadang tidak cukup terpenuhi jika hanya mengandalkan dari gaji pokok saja. Sebagai karyawan masa kini, apalagi yang sudah berkeluarga, kita dituntut untuk kreatif membuka peluang usaha sebagai solusi menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Persaingan mendapatkan pekerjaan yang layak semakin sulit didapat saat sekarang ini, bahkan untuk mempertahankannya pun tidak mudah, karena itu perlu dipikirkan sejak sekarang usaha tambahan yang dapat menolong kita seandainya kita mengalami nasib buruk, misalnya diberhentikan dari perusahaan tempat kita bekerja secara tiba-tiba atau mengalami kecelakaan sehingga tidak dapat bekerja seperti sebelumnya (pincang/lumpuh dan sebagainya).

Membuka usaha bisnis menjadi alternatif yang baik untuk menambah penghasilan tambahan selain penghasilan utama. Meskipun begitu, sebelum memulai usaha, harus dipikirkan secara seksama usaha yang akan kita geluti nantinya. Jangan karena latah/ ikut-ikutan tren usaha yang sedang digandrungi, usaha kita malah bangkrut.

Lalu faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan agar kita tidak mengalami kebangkrutan usaha? Berikut ini adalah tips dan trik yang saya coba bagikan yang mudah-mudahan dapat mencegah kita dari kegagalan alias kebangkrutan usaha, antara lain :

 

1.  Bukalah usaha/bisnis yang dimulai dari hobi atau minat

 

gambar diambil dari bisnisukm.com

 

Membuka bisnis yang dimulai dari hobi atau minat kita, menurut saya menjadi kunci keberhasilan utama bisnis kita dapat berjalan lancar dan

Mengapa, karena kita punya passion atau hasrat dari dalam diri kita terhadap pekerjaan itu, sehingga kalaupun mengalami masalah, kita tidak mudah bosan atau gampang menyerah. Sebaliknya jika membuka usaha karena latah atau ikut-ikutan usaha yang sedang tren tanpa passion terhadap usaha tersebut, maka hasilnya dapat berakibat fatal.

 

2.  Memulai usaha bisnis berdasarkan kesanggupan modal

 

12 Tips yang Tepat dan Ampuh agar Usaha Bisnis Kita Menguntungkangambar diambil dari google image

 

Memulai usaha tentu butuh modal. Untuk itu dalam memulai usaha, maka usaha yang akan kita jalankan itu harus menyesuaikan dengan modal yang kita miliki. Seandainya kita tidak memiliki modal uang yang banyak, maka kita bisa memulainya dari usaha yang sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang besar dulu, atau bisa juga membeli barang/peralatan secara paket atau diskon. Jika terpaksa harus mengambil pinjaman, maka kita harus yakin bahwa usaha kita akan maju.  

 

3.  Harus membuat perhitungan untung rugi dengan tepat terlebih dahulu

 

12 Tips yang Tepat dan Ampuh agar Usaha Bisnis Kita Menguntungkan

gambar diambil dari google image

 

Setelah kita menentukan usaha yang kita jalankan sesuai hobi dan kesanggupan modal kita, maka sebelum membuka usaha, kita harus membuat perhitungan untung rugi terlebih dahulu. Kita tidak bisa hanya memikirkan untung saja, tetapi kita juga harus memikirkan jika seandainya kita rugi. Tujuannya adalah agar kita dapat mempersiapkan sejak awal langkah-langkah alternatif yang akan dilakukan seandainya kita akan mengalami kerugian.

 

4.  Pilihlah lokasi usaha yang tepat dan strategis

 

gambar diambil dari blog.tempatusaha.com

 

Faktor utama berikutnya yang harus diperhatikan dalam berbisnis adalah pemilihan lokasi usaha yang tepat dan strategis. Kesalahan dalam pemilihan lokasi dapat berakibat fatal bagi perkembangan bisnis kita ke depannya. Pemilihan lokasi yang tepat harus ditentukan berdasarkan jenis usaha yang akan kita kerjakan, misalnya untuk bisnis laundry, pilihlah lokasi di kawasan tempat kos atau kontrakan untuk mahasiswa atau karyawan, bisa juga kawasan apartemen, hotel ataupun rumah sakit.

 

Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 46
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel