Memancing dan Kegiatan sejuta umat

29 Sep 2016 20:24 3620 Hits 0 Comments
kegiatan warisan dunia yang dimulai dari masa neolitikum atau sekitar 4000-8000 tahun yang lalu, yang masih menjadi kegiatan favorit kebanyakan orang dimasa kini.

Memancing secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak zaman dahulu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi pada goa-goa tua di Eropah bahwa aktivitas penangkapan ikan sudah ada sejak dulu dengan ditemukannya tulang-belulang, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tersebut.

Teknik menangkap ikan mulai beragam pada masa Neolitik sekitar 4.000 - 8.000 tahun yang lalu yang kemudian berkembang menjadi teknik yang lebih modern dan masih dipakai hingga saat ini. Serupa dengan teknik memancing dan alat pancing, metode pengawetan hasil buruan pun mulai meningkat salah satu teknik pengolahan yang tertua yang pernah ada adalah penggaraman dan pengasapan. Di Indonesia teknik penggaraman dan pengasapan sangat lazim dilakukan, mengingat hasil perolehan ikan di Indonesia salah satu yang terbesar di dunia.

Dari masa ke masa memancing menjadi kegiatan yang digandrungi manusia. Dari yang muda hingga yang tua dari yang serius memancing hingga yang cuma main main.

berikut beberapa metode memancing, yang manakah tipe adna? silahkan cek sendiri

1. memancing diatas danau yang beku?

memancing di atas danau yang beku tentunya tidak bisa di lakukan di indonesia, pasalnya satu satunya tempat di indonesia yang tertutup salju pun tidak memiliki spot yang demikian bagus untuk memancing. Metode memancing yang seperti ini hanya bisa dilakukan di tempat yang memiliki suhu rendah tidak di asia tenggara terlebih indonesia yang dilintasi katulistiwa

2. tekhnik deep hole.

Tekhink yang cocok di gunakan di daerah pinggiran pesarahan, rawa, di indonesia senediri para pebudidaya ikan menggunakan tekhik yang serupa dengan membuat cekungan di dalam kolam yang mereka buat.

3. menggunakan serokan.

tekhik ini memiliki variasi serokan yang beragam di setiap daerah akan berbeda. di Indonesia menggunakan serokan persegi empat.

4. Memancing menggunakan Jorang

Metode ini adalh metode memancing yang paling umum digunakan, dengan menggunakan jorang yang efisien akan memudahkan mendapatkan ikan. setiap jenis jorang memiliki target sasaran yang berbeda pula, maka untuk mendapatkan hasil yang di inginkan gunakanlah jorang yang sesuai.

Tags

About The Author

Ikhsan Tsalitsa Putro 17
Novice

Ikhsan Tsalitsa Putro

Manusia yang masih pada tingkatan Jarkoni (ngajar ora nglakoni) atau bahasa bulenya no action talk only
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ikhsan Tsalitsa Putro