13 Langkah untuk Membangun Backlink Berkualitas

2 Aug 2016 13:57 4925 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Buatlah backlink yang baik agar tidak kena penalty oleh Google.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah link atau tautan dari website/blog orang lain ke website/blog kita.

Mengapa Harus Ada Backlink?

Jika website/blog anda ingin berada di peringkat teratas maka anda harus mempunyai backlink dari website lain. Ini juga karena backlink merupakan salah satu faktor utama SEO.

Backlink bukan hanya memiliki dampak positif bagi situs kita. Tapi juga bisa berdampak negatif karena situs kita bisa terkena penalti dari Google jika melakukannya dengan sembarangan.

Sekarang itu Google sudah lebih pintar dari sebelumnya dalam hal backlink. Nah, jika Anda tidak berhati-hati siap – siap saja situs Anda terkena penalti dari Google.

Bagaimana Cara Backlink Agar Tidak Terkena Penalti Google?

Berikut beberapa strategi khusus dalam melakukan backlink agar tidak berdampak pada penalti Google.

1. Siapkan Konten atau Artikel yang Berkualitas

Konten merupakan pondasi utama dalam link building. Lihat saja, di halaman pertama Google tidak mungkin ada konten yang tidak berkualitas. Benarkan?

Anda sudah punya?

Kita lanjutnya ke no 2.

Jika belum baca http://www.plimbi.com/article/165251/cara-mulis-artikel-dengan-baik

2. Minta Kerja Sama Kepada Pemilik Website Lain

Dalam hal ini tentu tidak mudah bukan? Masa ada orang yang ngasih backlink secara cuma – cuma?

Tapi bisa saja mereka memberi backlink kepada kita jika konten kita bagus,unik dan dan isinya luar biasa. Satu hal lagi, alsan pemilik web memberi kita backlink karena mereka tahu siapa kita.

Maka dari itu coba cari sosial media pemilik web tersebut  seperti Facebook, Twitter, dll. dan komen kiriman mereka dengan baik serta bantu share artikel mereka.

Lalu kenalan dan ajak ngobrol mereka. OK!

3. Broken Link Building

Broken link artinya link dari suatu halaman website ke website lain yang sudah mati. Ketika di klik, halamannya sudah tidak ada.

Jika di salah satu web ada link yang rusak, itu bisa kita manfaatkan.

Buatlah artikel yang sama topiknya tapi isinya lebih menarik lalu ajukan kepada web yang memiliki link rusak tersebut secara baik – baik di kolom komentar atau langsung hubungi pemiliknya.

4. Resource Link Building

Dalam hal ini biasanya banyak web yang menampung banyak link menuju website lain. Seharusnya menambah satu link bukan masalah bagi mereka.

Hubungi pemilik website yang cocok dengan artikel yang Anda buat lalu minta periksa dan tambahkan ke daftar.

5. Intip Backlink dan Strategi Kompetitor

Teknik ini sering digunakan oleh praktisi SEO karena memiliki potensi yang sangat besar.

Untuk mengintip bagaimana strategi kompetitor Anda harus menggunakan sebuah tools.

Anda bisa melihat web kompetitor dengan menggunakan Open Site Explorer, AhrefsMajestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.

Dengan menggunakan tools tersebut Anda akan mendapat daftar backlink yang dimiliki website kompetitor Anda. Ikutlah berpartisipasi dan coba dapatkan link dari web yang sama, tapi hati – hati dengan link spam dan juga hindari web yang kualitasnya rendah.

6. Melalui Artikel Direktori

Dengan membuat artikel yang berkualitas, kita bisa membuat backlink di situs – situs artikel direktori.

Tapi jika Anda menemukan direktori yang topiknya beragam, tanpa seleksi dan sepi pengunjung hindari direktori tersebut karena kualitasnya tidak jelas.

Direktori yang bagus itu adalah direktori yang sudah dimoderasi dengan ketat dan website yang ada disana pun sangat berkualitas.

7. Guest Blogging

Dengan teknik ini kita akan mendapatkan 2 keuntungan yaitu backlink dan juga visitor.

Cara ini merupakan cara termudah untuk menaikan rangking di Google. Web kita tidak akan dikenal orang ketika masih baru dibuatkan? Makanya agar orang lain tahu masuklah ke website yang sudah terkenal dan perkenalkan website Anda.

Menjadi guest blogger juga dapat membuat kita menulis di web orang lain dengan izin pemiliknya. Nah jika sudah mendapat izin, buat artikel yang bagus dan cantumkan nama web Anda di artikel tersebut.

Ciri – ciri web yang bagus untuk guest blog

  • Sudah cukup umur, minimal 1 tahun
  • Topiknya relavan dengan web Anda
  • Trafficnya tinggi
  • Pembaca antusias
  • Desain tidak berantakan dan isi konten berbobot

8. Melalui Sosial Media

Mesakipun backlink di situs sosial media tergolong Nofollow, tapi ini juga patut diperhitungkan. Maka dari itu web kita harus memiliki akun sosial media sendiri. Karena dengan akun sosial media tersebut web kita akan mendapat visitor juga jika melalui cara ini.

9. Manfaatkan Content Sharing Flatform

Biasanya web baru suka mengincar salah satu content sharing flatform yaitu sosial bookmark.

Meskipun tidak memberi manfaat SEO, tapi dengan konten ini kita bisa menumpang agar mendapatkan traffic.

Tapi hati – hati, jika konten kita tidak direspon dengan baik mungkin link kita akan tergolong spam dan sebaliknya, jika direspon dengan baik berarti link kita termasuk backlink yang berkualitas.

10. Konten yang Berpotensi Viral

Konten yang popular akan mendapatkan banyak pengunjung dengan jumlah banyak. Jumlah share ke sosial media juga meningkat dan akhirnya kita mendapatkan backlink.

Jika Anda kreatif buat video,gambar atau music yang akan menjadi viral agar menarik perhatian pengunjung agar mau mengklik link Anda.

11. Melalui Forum Signature

Memasang link di forum – forum tentu akan membuat website kita sedikit terkenal. Tapi tidak jarang ada yang menggunakannya untuk spam link.

Memang forum adalah tempat yang bagus untuk promosi web kita, tapi jangan sampai kita di cap buruk di web tersebut karena akan berdampak buruk juga bagi web kita.

12. Dapatkan Link dari Brand Mention

Caranya mudah, ketika ada beberapa website yang menyebutkan nama web kita itu bukan berarti sebuah link aktif tapi hanya sebuah teks saja. Nah, kita bisa menghubungi mereka dan meminta mereka merubah link tersebut menjadi backlink.

Kita bisa menemukan brand mention dengan menggunakan 4 tools berikut, yaitu Fresh Web Explorer, Google Alerts, TalkWalker Alerts, dan Mention.

13. Menggunakan Jasa SEO

Meskipun sebaiknya kita tidak boleh membeli backlink, tapi ada beberapa jasa yang serius di bidang jasa SEO ini.

Jasa SEO ini biasanya tidak menjual puluhan, ratusan, atau ribuan backlink melainkan optimasi menyeluruh mulai dari marketing dan publikasi secara online, pembuatan konten, serta optimasi struktur halaman.

Dengan kata lain jangan mencari jasa SEO tapi carilah jasa Inbound Marketing atau Content marketing.

 

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis mengenai cara backlink yang baik. Masih banyak cara lainnya selain ke 13 cara diatas. Jadi, jangan sembarangan membuat backlink di website orang lain, ikutilah cara diatas agar web Anda tidak mendapat penalti dari Google.

 

Sumber:

http://panduanim.com/link-building/

https://www.maxmanroe.com/cara-membangun-dan-membuat-backlinks-berkualitas.html

 

About The Author

Rijwan 42
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel