Mau Tahu Dimana Saja Tempat Liburan Ke Luar Negeri Yang Murah Meriah ?

13 Jun 2016 14:57 9580 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Beberapa negara ini memiliki kurs nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Rupiah. Artinya jika Anda berlibur ke salah satu dari negara itu, maka Anda akan bisa puas menikmati liburan tanpa harus menghabiskan banyak uang.

 

Bulan Juni dan Juli ini biasanya bulan liburan panjang buat anak-anak sekolah maupun yang masih kuliahan. Buat kita orang tua yang ingin mengajak anak-anak kita beserta keluarga, atau buat kamu-kamu para traveler yang ingin menikmati liburan panjang ke luar negeri tetapi tidak punya uang banyak, tidak perlu kuatir akan biaya yang bakal membengkak, tentunya jika tahu cara menyiasatinya.

Siasat pertama kali yang harus dilakukan adalah : Mencari Informasi Negara Mana Yang Memiliki Kurs Nilai Tukar Mata Uang Yang Rendah Terhadap Rupiah. Tidak sedikit orang yang berpatokan pada tinggi-rendahnya nilai tukar Dolar Amerika terhadap Rupiah ketika mereka hendak berlibur ke luar negeri. Padahal, patokan yang paling pas sebenarnya adalah rendahnya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang negara tujuan liburan.

Berdasarkan informasi sumber yang diambil dari https://www.skyscanner.co.id/berita/inspirasi/tempat-liburan-murah-di-luar-negeri-bagi-orang-indonesia/ beberapa negara ini memiliki kurs nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Rupiah. Artinya jika kamu berlibur ke salah satu dari negara ini, maka kamu bakal puas menikmati liburan tanpa harus menghabiskan uang banyak sampai puluhan juta rupiah.

Berikut ini enam negara yang mempunyai kurs nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Rupiah yang diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah yang bisa kamu pertimbangkan sebagai destinasi wisata kamu nantinya.

 

6. KOLOMBIA

Kolombia adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang katanya punya destinasi wisata bagus yang sayang untuk dilewatkan. Kebijakan bebas visa selama 90 hari bagi WNI dan nilai tukar yang relatif rendah, yaitu 1 Peso Kolombia (COP) setara dengan 4,96 Rupiah (per tanggal 16 Mei 2018), tentu dapat membuat biaya liburan Anda di sana menjadi lebih hemat. Di Kolombia, Anda bisa mengunjungi Cartagena, Bogota, Cocora Valley, Tayrona National Park, hutan Amazon, dan masih banyak lagi.

 

Salah satu sudut kota di La Candelaria, Bogota, Kolombia

 

5. KAMBOJA

Kalau ke Kolombia mungkin cukup jauh buat kamu jalan-jalan ke sana, Kamboja mungkin bisa jadi alternatif destinasi yang murah tapi juga tidak terlalu jauh dari negara kita. Selain itu biaya hidup di Kamboja juga terbilang cukup murah. Misalnya saja biaya makan kira-kira menghabiskan 10.000 Riel atau setara lebih kurang dengan 32.000 Rupiah. Untuk mendapatkan uang 1 Riel Kamboja (KHR), Anda harus menukarkan uang sekitar 3,43 Rupiah saja (per tanggal 16 Mei 2018). Jika hendak mengunjungi negara ini untuk pertama kalinya, kami merekomendasikan Anda untuk pergi ke Phnom Penh dan Siem Reap. Di 2 kota ini Anda bisa mengunjungi Toul Sleng Genocide Museum, Independence Monument, the Preah Borom Ratanak Kaudh’s Royal Statue, Royal palace with Silver Pagoda, dan lain-lain.

 

Suasana malam di Independence Monument, Phnom Penh

 

4. LAOS

Meski tak mempunyai batas laut karena letaknya yang terjepit oleh Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Myanmar sehingga tidak mempunyai daerah pantai di sana, tak lantas membuat negara ini kehilangan pesona, terutama wisata sejarah dan budayanya. Pencinta wisata budaya akan senang bila mengunjungi Luang Prabang, salah satu Kota Warisan Budaya yang sudah diakui oleh UNESCO. Nilai tukar mata uangnya pun cukup rendah, 1 Kip (LAK) setara dengan 1,68 Rupiah (per tanggal 16 Mei 2018) dan WNI mendapatkan fasilitas bebas visa selama 30 hari di negara ini.

 

Phra That Luang Temple, salah satu landmark di Vientiane, Laos

 

3. BELARUS

Sudah lama ingin liburan ke Eropa tapi takut dengan biaya hidup yang tinggi? Jika ya, berarti Anda belum banyak tahu tentang Belarus. Negara yang beribukota di Minsk ini terletak di wilayah Eropa Timur dan berbatasan dengan Rusia, Ukraina, dan Polandia. Di sini, bangunan dengan arstitektur unik nan cantik menjadim andalannya. Anda juga bisa mendaki bukit kecil untuk melihat panorama indah kotanya. Untuk mendapatkan uang 1 Rubel Belarus (BYR), Anda cukup menukarkan uang 7,05 Rupiah saja. Sedikit mahal memang dengan negara-negara di atas, tetapi masih terjangkau lah, hehehe...

 

Megahnya Cathedral of Holy Minsk di Minsk, Belarus

 

2. SAO TOME AND PRINCIPE

Terletak di area Afrika Tengah, negara kepulauan ini menawarkan banyak destinasi pantai dan pulau kecil yang cantik. Anda juga bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah seperti benteng-benteng peninggalan zaman penjajahan dan beberapa di antaranya bahkan terletak persis di pinggir pantai. Terkait nilai tukar, Anda bisa mendapatkan uang 1 Dobra (STD) dengan menukar uang 0,68 Rupiah saja (per tanggal 18 Mei 2018).

 

Pemandangan khas Sao Tome dan Principe, pantai cantik dengan air laut berwarna biru kehijauan

 

Dan inilah dia negara paling murah tapi juga akan buat kita puas menikmati liburan tanpa harus menghabiskan banyak uang, adalaaahhh :

1. VIETNAM

Akhir-akhir ini Vietnam menjadi negara primadona nomor satu di kalangan pelancong karena promosi wisatanya yang cukup gencar, terutama para pelancong yang berasal dari wilayah ASEAN termasuk Indonesia. Wisata yang menjadi favorit selain wisata alamnya yang cantik, juga wisata sejarah, budaya, dan kuliner yang bisa didapatkan di kota-kota seperti Ho Chi Minh City, Na Thrang, Hue, Hoi An dan Hanoi. Anda cukup menukarkan uang 0,62 Rupiah saja untuk mendapatkan uang 1 Dong Vietnam (VND). Murah sekali bukan? Selain itu, sebagai WNI kita juga mendapatkan kemudahan bebas visa kunjungan selama 30 hari. Sudah itu negaranya juga tidak terlalu jauh dari Indonesia.

 

Panorama skenik khas Ha Long Bay di Vietnam

 

Nah, ternyata tidak sedikit juga kan negara tujuan berlibur di luar negeri yang cukup ramah buat kantong kita. Jika sudah tak sabar ingin segera mengunjungi satu atau beberapa negara tersebut, segera cari dan booking tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil di sana via http://kasihtravel.com/

Ayo tunggu apa lagi! Yok, liburan bareng!

Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 46
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel