5 Jenis Buku Islami yang Layak Dibaca Saat Bulan Ramadan

4 Jun 2016 20:56 5620 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Selain membaca Al-Quran, tidak ada salahnya juga kita semua membaca pengetahuan tentang agama Islam di bulan Ramadan ini.

Kalau ditanya  saat Ramadan apa yang perlu sering dibaca? Jelas jawabannya adalah Al-Quran. Kitab suci Al-Quran adalah bacaan wajib terutama ketika bulan puasa.  Apalagi, membaca Al-Quran ketika Ramadan memiliki keutamaan.

Keutamaan tersebut adalah  bertambahnya pahala, mendapat ketenangan jiwa, mendapat pertolongan di hari kiamat, terbebas dari aduan Rasulullah SAW pada hari Kiamat dan juga akan diangkat derajatnya oleh Allah swt.

Dengan keutamaan tersebut, tentunya kita jangan sampai melewatkan Ramadan tanpa membaca Al-Quran.

Selain membaca Al-Quran, tidak ada salahnya juga kita semua membaca pengetahuan tentang agama Islam di bulan Ramadan ini. Setidaknya ada lima jenis buku bacaan yang direkomendasikan untuk dibaca saat Ramadan.

Apa saja? Berikut rinciannya.

 

1. Buku yang Berkaitan dengan Salat dan Doa-doa  

Salat adalah keutamaan di bulan puasa, Rukun Islam  yang pertama ini wajib hukumnya dilaksanakan oleh setiap muslim. Percuma kita berpuasa jika kita tidak melaksankan salat atau shalat. Ibaratnya, kita memakai baju tetapi tidak memakai celana.

Nah di bulan Ramadan ini tidak ada salahnya meningkatkan kualitas salat kita dengan membaca buku panduan salat. Banyak buku yang membahas masalah salat. Tidak lupa juga buku yang berkaitan dengan doa-doa agar pengetahuan doa kita bertambah.
 

2.  Buku yang Berkaitan dengan Puasa Ramadan

Buku yang berkaitan dengan puasa ramadan adalah jenis buku yang disarankan untuk dibaca saat Ramada.. Bahkan kalau bisa dibaca sebelum Ramadan tiba. Tujuannya agar kita tidak sekadar ikut-ikutan puasa saja tetapi kita bisa berpuasa dengan lebih baik.

Ada beberapa buku tentang puasa Ramadhan yang bagus dan direkomendasikan untuk dibaca. Buku-buku tersebut adalah "Puasa Bersama Nabi", "Panduan Praktis Berpuasa", dan juga "48 Tanya Jawab Seputar Puasa".

Ketiga buku tersebut sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh teman-teman yang menjalankan ibadah puasa.

 

3. Buku Sejarah Islam

Di bulan Ramadan ini juga tidak ada salahnya bagi kita untuk membaca sejarah Islam, bisa sejarah nabi atau  sejarah perkembangan Islam. Tidak ada salahnya juga melirik jenis buku sejarah perkembangan Islam di Nusantara.

 

4.  Ceramah Keagamaan dan Buku Pengetahuan Islam
 

Buku-buku lainnya yang bisa dibaca saat Puasa adalah buku yang berkaitan dengan ceramah agama Islam. Tentu saja tujuannya agar kita bisa mendapatkan pencerahan terkait Islam,

Jangan lupakan juga jenis buku yang berkaitan dengan Islam dan pengetahuan. Buku-buku yang menyibak tentang sains ini cukup banyak dan dijamin akan menambah pengetahuan kita tentang alam dan seisinya di bulan Ramadan ini.

 

5. Buku Tentang Zakat Infaq dan Sodakoh

Di Bulan Ramadan ini, tidak ada salahnya juga membaca buku yang berkaitan dengan zakat, infaq, dan sodakoh. Dengan membaca buku jenis ini, kita bisa menggali hakikat pentingnya zakat, terutama di bulan Ramadan.

Nah itu tadi, 5 jenis buku yang disarankan untuk dibaca saat Ramadan. Terutama buku yang berkaitan tentang puasa sangat layak dibaca agar kita bisa lebih tahu hakikat puasa lebih dalam.

Jika tertarik dengan buku-buku Islam, terutama buku yang berkaitan dengan buku puasa Ramadan, bisa mengunjungi fanspage Al-Firdausi Book Store.

 

Note:
Ingin mempromosikan produk/jasa Anda dan bekerja sama dengan kami? Hubungi kami di email
iklan@plimbi.com

About The Author

Plimbi Advertorial 15
Novice

Plimbi Advertorial

Ingin mempromosikan produk/jasa Anda dan bekerja sama dengan kami? Hubungi kami di email iklan@plimbi.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Plimbi Advertorial