10 Permainan XBOX 360 yang Terlarang

30 May 2016 11:00 3076 Hits 0 Comments
Mulai dari tindakan rasis, sexist​, menghina anak yatim piatu, serta adegan terlarang lainnya. Simak 10 permainan paling kontroversial di XBOX 360.

Bermain game merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kehadiran game pada telepon selular, online game di komputer, tidak mampu menggeser pasar game console. Iprice group sebuah online shopping di Asia Tenggara, menyatakan bahwa XBOX 360 dan aksesorisnya masih banyak digandrungi.

Beberapa game terbaik yang bisa kamu mainkan di Xbox 360 adalah Fifa, NBA 2K, Fallout 4 dan masih banyak lagi. Namun tahukah kamu selain game favorit tersebut, ada juga beberapa game yang dianggap kontroversial oleh masyarakat dunia? Berikut 10 permainan paling kontroversial di XBOX 360:

1.     South Park: The Stick of Truth (2014)

Game yang diadaptasi dari seri kartun South Park ini dilarang peredarannya di beberapa negara Eropa dan Australia. Game ini dilarang karena terdapat sebuah karakter yang melakukan adegan aborsi. Sedangkan di Jerman dilarang karena adanya gambar-gambar yang berkaitan dengan Nazi dan Hitler.

2.     Tomb Raider (2013)

Semua gamer pasti familiar dengan game yang satu ini. Pada tahun 2013, mereka mengeluarkan edisi game terbarunya. Namun sayang ada satu adegan dimana Lara Croft (sang karakter) terlibat dalam adegan pemerkosaan dan dia diharuskan untuk membunuh pelakunya. Sehingga game Tomb Raider dilarang untuk dijual di beberapa negara di dunia.

3.     Saint Row IV (2013)

Dilarang dibeberapa negara karena beberapa adegan ‘kontroversial’ seperti  penggunaan obat-obatan terlarang dan pembunuhan secara sadis.

4.     Medal of Honor: Warfighter (2012)

Game ini dianggap kontroversial karena beberapa konsultannya membocorkan informasi rahasia. Para konsultan tersebut langsung dipecat dari pekerjaan mereka.

5.     Street Fighter X Tekken (2012)

Ini merupakan salah satu game yang paling ditunggu pada tahun 2012 silam. Sayangnya setelah peluncuran mereka mendapatkan banyak kritik. Semua itu dikarenakan terjadinya kesalahan dalam pembuatan game. Ada beberapa karakter yang seharusnya terkunci dimana untuk mendapatkannya pemain harus melakukan sedikit petualangan. Namun pada saat peluncuran, semua karakter yang  pada game ini sudah dapat dimainkan.

6.     Portal 2 (2011)

Ada satu kalimat yang dianggap menyinggung para anak-anak yatim piatu yaitu “Fatty fatty no parents”. Anak yang melaporkannya adalah seorang anak adopsi.

7.     Dead Island (2011)

Dalam game Dead Island ada sebuah kesalahan yang dilakukan oleh publisher, yaitu penamaan salah satu skill dari karakter dalam game. Skill tersebut memiliki nama “FeministWhorePurna”. Publisher langsung membuat pernyataan maaf dan merilis update nama baru.

8.     Six Day in Fallujah (2010)

Game yang terinspirasi dari kejadian nyata, yaitu “Second Battle of Fallujah”. Dianggap kontroversial karena banyak kritik dari masyarakat dan kritikus yang menilai bahwa game ini memberikan stigma buruk pada kejadian nyatanya. Oleh sebab itu, Konami sang publisher memberhentikan penjualannya.

9.     Resident Evil 5 (2009)

Game ini merupakan salah satu seri Resident Evil yang sudah hadir sejak tahun 1992. Pada seri ke-5, game ini dianggap memiliki salah satu adegan yang rasis sehingga memunculkan kritik dari berbagai macam pihak.

10.  Saw (2009)

Game yang diadaptasi dari sebuah film horror ini dianggap kontroversial karena memiliki adegan menyiksa dan membunuh orang dengan terlalu kejam dan tanpa perasaan.

Punya rekomendasi lain? Silahkan tulis di kolom komentar.

 

About The Author

Salsa Erwina 14
Novice

Salsa Erwina

Seorang alumni Ilmu Hubungan Internasional yang tidak menjadi diplomat. Begitu mencintai alam, budaya, teknologi, dan sedang belajar untuk membagikannya dalam tulisan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel