Flashback ke Masa Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Melalui Film Tjokroaminoto: Guru Bangsa

22 Apr 2016 14:56 3298 Hits 4 Comments

Salah satu sutradara terbaik Indonesia, Garin Nugroho telah mengangkat sejarah hidup Tjokroaminoto ke dalam film layar lebar berjudul Tjokroaminoto: Guru Bangsa yang tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada tahun 2015 lalu. Film ini diproduseri oleh Christine Hakim, Dewi Umaya Rachman, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Didi Petet, Nayaka Untara, dan Ari Syar serta didukung oleh beberapa aktor dan aktris terkenal Indonesia. Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai aktor utama ini bercerita tentang kehidupan Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto alias Tjokroaminoto yang berotak encer, religis, dan memiliki cita-cita mulia dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari pendudukan Hindia Belanda. Film ini cocok ditonton untuk semua umur dan akan membuat kita mengenal tokoh Pahlawan Nasional Tjokroaminoto secara lebih dalam sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri kita.

 

Semua orang pasti tahu dengan Presiden Soekarno. Sewaktu duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dulu, kita selalu diajarkan bahwa Presiden Soekarno merupakan proklamator kemerdekaan yang juga presiden pertama Republik Indonesia. Namun tidak semua dari kita tahu bahwa semangat juang Presiden Soekarno diwariskan oleh gurunya yang bernama Tjokroaminoto, seorang guru besar yang memiliki rasa nasionalisme yang sangat tinggi. Begitulah, di balik nama besar terdapat nama lain yang berjasa membuatnya besar.

Telinga kita mungkin sudah akrab mendengar nama Pahlawan Nasional Tjokroaminoto yang kini menjadi nama jalan dan universitas. Sayangnya, tidak banyak diantara kita yang tahu betul tentang sejarah hidup dan perjuangan Tjokroaminoto untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia, termasuk dalam hal memajukan pendidikan di Indonesia. Hal itulah yang mendasari salah satu sutradara terbaik Indonesia, Garin Nugroho untuk mengangkat sejarah hidup Tjokroaminoto ke dalam film layar lebar berjudul Tjokroaminoto: Guru Bangsa yang tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada tahun 2015 lalu. Berikut trailer filmnya.

Film Tjokroaminoto: Guru Bangsa diproduseri oleh Christine Hakim, Dewi Umaya Rachman, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Didi Petet, Nayaka Untara, dan Ari Syar. Sedangkan pemeran utama dari film yang bergenre drama dan sejarah ini ialah Reza Rahardian, aktor Indonesia yang aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Aktor yang pernah meraih piala Citra dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik di tahun 2013 lalu ini berperan sebagai Tjokroaminoto dan dituntut untuk bisa berbicara dengan aksen Jawa yang kental.

Selain Christine Hakim dan Didi Petet yang juga merangkap sebagai produser, film Tjokroaminoto: Guru Bangsa juga dilakoni oleh beberapa aktor dan aktris yang sebagian besar sudah lazim kita dengar namanya di dunia perfilman Indonesia, seperti Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tedjo, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, Deva Mahenra, Ade Firman, Alex Abbad, Christoffer Nelwan, dan Putri Ayudya. Film ini juga dibintangi oleh Maia Estianty, musisi Indonesia yang juga merupakan cicit dari Pahlawan Nasional Tjokroaminoto sendiri.

Film Tjokroaminoto: Guru Bangsa bercerita tentang kehidupan Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto alias Tjokroaminoto yang berotak encer, religis, dan  memiliki cita-cita mulia dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari pendudukan Hindia Belanda pada saat itu. Ia juga sangat menentang adanya diskriminasi, termasuk dalam hal mengecam pendidikan. Sekalipun berasal dari keturunan darah biru, ia sangat bersahaja dan peduli dengan nasib masyarakat bawah. Ia lalu mendirikan organisasi Sarekat Islam (SI) yang menjadi pemantik api semangat bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Bagi anda yang jenuh dengan film yang bertema 'cinta-cintaan', menonton film Tjokroaminoto: Guru Bangsa merupakan pilihan yang tepat. Film yang bersetting di Jawa ini akan membawa kita flashback ke masa perjuangan kemerdekaan dulu. Konflik yang terjadi dalam film antara Tjokroaminoto dengan keluarganya, Hindia Belanja, serta anggota organisasi Sarekat Islam (SI) bentukannya menjadi pemanis yang kuat dalam film ini. Film yang cocok ditonton untuk semua umur ini akan membuat kita mengenal tokoh Pahlawan Nasional Tjokroaminoto secara lebih dalam sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri kita. Jadi, para maniak film yang belum sempat menonton film ini, luangkan waktu anda untuk menonton film berkualitas ini.

About The Author

Ariyanto 13
Novice

Ariyanto

I am a teacher who loves travelling, hanging out, watching films, and writing.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ariyanto