Komunitas Mobile Terkini "BAND"

29 Mar 2016 19:19 3886 Hits 0 Comments

Komunikasi dalam grup besar akan menjadi lebih mudah dengan BAND.

Belakangan semakin banyak aplikasi komunitas online maupun SNS yang bisa kita unduh secara mudah dan cepat melalui Google Playstore maupun Appstore. Namun, apakah yang menjadi pertimbangan Anda ketika mengunduh suatu aplikasi berbasis sosial seperti ini? Apakah fitur yang dimiliki aplikasi tersebut? Popularitas aplikasi tersebut? Atau review yang Anda dapatkan dari artikel ataupun penilaian yang diberikan pengguna lainnya di Google Playstore/Appstore?

Jika pertimbangan Anda adalah fitur yang dimiliki aplikasi tersebut, aplikasi ini wajib Anda unduh di handphone Anda.

 

BAND

BAND adalah sebuah aplikasi berbasis komunitas mobile dimana komunikasi dalam grup menjadi lebih mudah dan menyenangkan, yang diciptakan oleh perusahaan Camp Mobile pada 10 April 2012.

Para pengguna dapat membuat ruang lingkup masing-masing untuk berkomunikasi dengan grup yang berbeda sesuai dengan preferensi dan tujuan. Contoh ruang lingkup grup yang bisa Anda buat adalah keluarga, sahabat, rekan kerja, fans, komunitas hobi, arisan dan lain-lain. BAND merupakan aplikasi yang paling populer di Korea Selatan, bahkan melampaui jumlah pengguna aktif Facebook pada bulan Juni 2014 berdasarkan Nielson-Korean Click. Dan pengguna BAND dari seluruh dunia telah mencapai lebih dari 50 juta pengguna pada September 2015.

FITUR

Fitur utama yang ada dalam BAND antara lain Board, Obrolan, Kalender dan Album. Komunikasi paling banyak dilakukan pada Board, dimana semua anggota dalam BAND dapat saling berbagi informasi, foto, video dan file. Bahkan jika diperlukan, Anda pun dapat membuat polling untuk mengumpulkan pendapat dari seluruh anggota dalam BAND. Dan sejak Maret 2015, fitur baru 'Discovery' telah ditambahkan untuk mempermudah pengguna baru ataupun anggota BAND lainnya menemukan grup baru yang sesuai dengan keinginan mereka.

Ada 3 tipe grup dalam BAND yaitu Band Rahasia, Band Tertutup dan Band Publik.

  • Band Rahasia tidak dapat dicari melalui kolom pencarian. Hanya orang-orang yang mendapatkan tautan undangan saja yang dapat bergabung dengan Band tersebut. Band tipe rahasia ini cocok digunakan untuk keluarga, sahabat, rekan bisnis ataupun rekan kerja di kantor.
  • Band Tertutup dapat dicari melalui kolom pencarian, namun hanya anggota yang terdaftar dalam komunitas tersebut saja yang dapat melihat konten yang ada di dalamnya.
  • Band Publik bisa ditemukan melalui kolom pencarian. Semua konten di dalam Band tersebut bisa Anda lihat walaupun Anda tidak terdaftar sebagai anggota dalam Band tersebut.

Tiap Band memiliki Admin dan Co-admin yang bertugas untuk tetap menjaga agar konten-konten yang ada dalam Band tidak melenceng dari tujuan ataupun tema Band tersebut. Admin dan co-admin memiliki privileges khusus seperti hanya admin saja yang dapat mengupload postingan, dapat menghapus konten yang dianggap tidak pantas, mengeluarkan anggota dari Band, menerima ataupun menolak permintaan untuk bergabung dari orang baru dan lain-lain.

Fitur penting yang ada dalam BAND adalah:

  1. Board: Anda dapat memposting apa saja di Board, dan tidak hanya itu, Anda pun dapat memberikan komentar pada postingan anggota lainnya. Anda pun dapat menyertakan beberapa lampiran sekaligus seperti foto, video, file, lokasi, polling dan juga event. Anda pun dapat mengecek berapa orang yang sudah membaca postingan yang telah Anda unggah. Jika Anda ingin mencari konten yang telah lama diposting, Anda dapat mencari dengan memasukkan kata kunci atau hashtag untuk mempermudah pencarian Anda.
  2. Obrolan: Seperti aplikasi obrolan pada umumnya, Anda dapat mengobrol dengan anggota yang ada dalam Band. Anda dapat mengobrol dengan seluruh anggota, beberapa anggota bahkan obrolan personal.
  3. Kalender: Melalui Kalender, tiap anggota dapat menyimpan agenda atau jadwal mengenai event mendatang (tanggal, jam dan lokasi). Bahkan Anda pun dapat membuat RSVP untuk melihat siapa saja yang akan menghadiri event tersebut. Alarm pun bisa Anda atur untuk mengingatkan para anggota mengenai event tersebut.
  4. Album: Anggota dapat membuat album dimana seluruh anggota dapat menggunggah foto di album tersebut. Dan Anda pun dapat membuat album sesuai dengan event atau preferensi masing-masing. Tidak ada batasan ukuran foto yang bisa Anda unggah dan Anda dapat mengunggah hingga 100 foto sekaligus.
  5. Discover: Jika Anda baru saja bergabung dengan BAND, Anda dapat menemukan berbagai jenis Band yang bisa Anda gabung sesuai dengan keinginan Anda. Dan jika Band yang Anda inginkan tidak muncul pada halaman tersebut, Anda dapat memasukkan kata kunci pada kolom pencarian untuk mencari Band yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak ada batasan jumlah anggota dalam satu Band. Anda dapat mengundang sebanyak mungkin anggota ke dalam Band Anda.

Cara Menggunakan BAND

Pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi BAND di perangkat Anda. Setelah itu Anda dapat mendaftarkan diri Anda di BAND dengan beberapa metode seperti Facebook, email, ataupun nomor handphone. Ketika pendaftaran telah berhasil, tampilan halaman pencarian akan langsung muncul dan Anda dapat bergabung dengan Band yang Anda inginkan. Anda pun dapat bergabung dengan Band lainnya melalui tautan undangan yang Anda dapatkan dari teman Anda. Anda dapat menggunakan nickname dan profil foto yang berbeda-beda di setiap Band yang Anda gabung jika Anda tidak ingin menampilkan nama atau foto diri Anda.

Jika Band yang Anda inginkan tidak ada, Anda pun dapat membuat sendiri Band Anda dan kemudian Anda dapat mengundang seluruh teman-teman Anda untuk saling berbagi dan mengobrol bersama. Jika Anda ingin membuat Band yang bersifat Publik dan ingin mengundang lebih banyak orang baru, Anda dapat mendaftarkan Band Anda sebagai Band Baru agar Band Anda dapat ditampilkan pada halaman pencarian. 

Download BAND sekarang

Google Playstore (Android) https://goo.gl/X0rvkg

Appstore (iOS) https://goo.gl/yTViUM

 

Tags

About The Author

caramelmac 15
Novice

caramelmac

just a normal person
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From caramelmac