Mezzanine Spatial Operating Environment - Meeting ala Minority Report

5 Jul 2011 11:06 3052 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Film Minority Report menjadi acuan banyak pelaku teknologi. Yang paling menarik pada film ini adalah adegan dimana komputer dioperasikan dengan menggunakan gerakan tangan. Seperti menggeser antar halaman, memilih *file* untuk ditampilkan di layar, menggeser tampilan *file* dari layar satu ke yang lainnya, hingga membuang *file* hanya dengan gerakan tangan. Mezzanine karya Oblong Industries menghadirkan teknologi Minority Report ini ke dunia nyata.

Film Minority Report menjadi acuan banyak pelaku teknologi. Kecanggihan teknologi masa depan yang ditampilkan dalam film ini memang menghadirkan ide dan konsep yang menarik untuk ditiru. Yang paling menarik pada film ini adalah adegan dimana komputer dioperasikan dengan menggunakan gerakan tangan. Seperti menggeser antar halaman, memilih file untuk ditampilkan di layar, menggeser tampilan file dari layar satu ke yang lainnya, hingga membuang file hanya dengan gerakan tangan. Mezzanine karya Oblong Industries menghadirkan teknologi Minority Report ini ke dunia nyata.

Secara teknis Oblong Industries yang pertama kali memiliki ide dan konsep ini, bukan lah dari film Minority Report. Karena kepala peneliti Oblong Industries, John Underkoffler, adalah orang dibalik film karya Steven Spielberg yang rilis tahun 2002 ini. Ide dan konsep pengoperasian komputer menggunakan gesture pada film tersebut adalah hasil karyanya. Dan sejak saat itu lah Underkoffler berusaha mengimplementasikannya di dunia nyata.

Mezzanine adalah Spatial Operating Environment (SOE), sistem komputer yang didesain untuk digunakan dalam satu ruangan penuh. Mezzanine yang terdapat di Oblong Industries terdiri dari berbagai perangkat, yakni 3 layar besar sebagai center di dinding tengah, dua layar di dinding sisi kanan, satu whiteboard di dinding sisi kiri, satu kamera pada sisi center dan mengarah pada pengguna, dan satu lagi pada sisi yang mengarah pada whiteboard serta satu alat pengoperasian utama yang kami sebut "tongkat sihir". Mezzanine tidak terbatas pada perangkat yang disebutkan diatas. Sistem Mezzanine bisa menggunakan berbagai macam perangkat termasuk laptop, smartphone, tablet, dan perangkat lain yang terkoneksi dalam jaringan.

Konsep Mezzanine dirancang untuk digunakan pada sebuah konferensi atau ruang meeting, dengan ide semua perangkat yang terkoneksi dalam satu jaringan dioperasikan menggunakan "tongkat sihir". Tongkat sihir ini dipegang oleh setiap peserta meeting dan semua orang bisa mengoperasikan semua perangkat yang terkoneksi dalam jaringan Mezzanine. Seperti menampilkan file yang ada di laptop atau tablet miliknya ke layar utama, highlight poin penting yang ditampilkan di layar utama, dan lain-lain yang pada intinya memudahkan interaksi antar perangkat dengan gesture ala Minority Report.

"Tongkat sihir" yang digunakan pada Mezzanine adalah mirip dengan Wiimote yang biasa digunakan pada Nintendo Wii. Memang kedua perangkat ini memiliki konsep yang sama yaitu memanfaatkan gesture, namun "tongkat sihir" milik Mezzanine lebih akurat dan memiliki fungsi lebih banyak.

Kenapa menggunakan "tongkat sihir" dan tidak menggunakan tangan seperti Minority Report? Sebenarnya teknologi ini sudah ada dan pengguna bisa menggunakan sarung tangan khusus untuk bisa melakukannya ala Minority Report. Namun Oblong Industries memilih menggunakan "tongkat sihir" karena produksi sarung tangan khusus ini masih sangat mahal, sementara tujuan Mezzanine adalah untuk diproduksi dan dijual secara massal. RY

Tags Ulasan

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel