Lakukan 5 Tips Ini Agar Smartphone Anda Tetap Awet!

18 Dec 2015 14:00 2453 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips Agar Smartphone Anda Tetap Awet.

Hampir setiap orang sekarang sudah memiliki dan menggunakan perangkat smartphone. Entah itu produk smartphone premium ataupun murah, Anda harus melakukan perawatan secara berkala, agar smartphone kesayangan Anda tersebut tetap awet dan dapat digunakan dengan baik.

Agar smartphone Anda selalu awet dan dapat difungsikan secara normal, lakukan saja 5 tips yang ada di bawah ini!

Lakukan 5 Tips Ini Agar Smartphone Anda Tetap Awet!

 

1. Sektor Body

Menjaga kemulusan bodi smartphone sangat penting dilakukan, terlebih jika Anda gemar gonta-ganti smartphone, dimana cacat fisik akan mempengaruhi harga. Selain itu, fisik smartphone yang kurang baik pun tentu saja berpengaruh pada penampilan secara keseluruhan.

Terdapat beberapa cara untuk menjaga bodi smartphone Anda agar tetap cantik, pertama dengan menambahkan case, baik itu jelly case, leather case, flip case atau bumper. Selain akan mempercantik penampilan smartphone, penambahan case ini pun dapat melindungi perangkat Anda dari kerusakan, misalnya karena terjatuh atau terbentur sebuah benda.

Selain menambahkan case, bagi Anda yang tidak menggunakan smartphone dengan sertifikasi air wajib menjaga perangkat Anda agar tidak terkena cipratan air. Tak lupa, bersikan juga perangkat kesayangan Anda secara rutin, misalnya mengelapnya dengan kain lembut dari debu atau minyak.

 

2. Sektor Software

Menjaga sektor software pada sebuah smartphone juga penting dilakukan, agar smartphone yang Anda gunakan dapat tetap bekerja dengan sebagaimana mestinya. Usahakan, Anda hanya menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja, agar membuat ruang sisa ruang penyimpanan tetap lega karena sangat berpengaruh pada kinerja.

Selain itu, Anda pun selalu harus berhati-hati saat menginstall aplikasi pihak ketiga, misalnya aplikasi yang didapatkan dari luar market store bawaan OS. Kewaspadaan ini perlu dilakukan karena mungkin saja aplikasi tersebut sudah dimodifikasi dengan menanamkan virus yang berpotensi dapat merusak sistem smartphone.

 

3. Sektor Layar

Umumnya smartphone yang ada dipasaran saat ini mengandalkan layar sebagai navigasi utama. Untuk itu, merawat layar pada smartphone sangat penting dilakukan, agar sensitivitas nya dapat berjalan lancar. Anda dapat melindungi layar smartphone dari goresan, misalnya dengan memasang screen protector, screen guard atau tempered glass.

Sekalipun smartphone saat ini sudah dilengkapi proteksi layar, seperti yang terdapat pada perangkat high-end, namun menambahkan perlindungan sebaiknya tetap Anda lakukan, karena bisa saja sesuatu hal buruk terjadi sehingga merusak layar pada smartphone kesayangan Anda.

 

4. Baterai

Tips agar smartphone Anda awet selanjutnya adalah melakukan perawatan pada sektor baterai. Hal ini sangatlah vital, dimana baterai yang ada pada smartphone harus selalu berfungsi baik, karena selain sebagai pemasok utama dalam daya smartphone, baterai yang sudah mulai rusak pun dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone.

Pertama, lakukan pengisian ulang dengan tepat, ketika baterai masih memiliki sisa kapasitas yang cukup, misalnya 5 – 10%. Selain itu, segeralah cabut kabel charger saat baterai Anda sudah terisi penuh agar menghindari perangkat dari kerusakan akibat overcharge.

Tak lupa, usahakan pula untuk mengisi smartphone dengan charger bawaan atau original. Hal ini perlu Anda lakukan karena setiap charger memiliki output berbeda dan setiap smartphone juga meminta input power yang berbeda pula.

 

5. Hardware

Yang tak kalah penting adalah merawat sektor hardware. Pertama, Anda dapat menjaga sektor kamera dengan selalu membersihkan lensa menggunakan kain lembut agar menghindari goresan. Lalu, rawat speaker dengan selalu menjauhkan perangkat dari medan magnet atau sumber air.

Selain itu, lakukan pula perawatan pada pin konektor, baterai konektor, tombol dan keyword secara berkala, serta menjaga agar suhu smartphone selalu stabil dan tidak over heat dengan menggunakannya secara normal.  

Nah, kelima tips diatas dapat Anda lakukan untuk merawat smartphone agar tetap awet. Cukup sederhana  bukan melakukannya? So, saatnya hindari kerusakan pada smartphone, menjaganya dengan baik dan menggunakannya dengan cara normal.  Via WikiHow

 

Tags

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel