5 Aplikasi Pemulih Data Android dan iOS Tahun 2015

15 Dec 2015 15:13 5935 Hits 0 Comments
Harus punya setidaknya satu aplikasi seperti ini.

Kehilangan data penting yang disimpan dalam smartphone baik itu perangkat Android ataupun perangkat iOS adalah pengalaman yang pastinya tidak ingin dialami oleh semua orang.

Namun, yang namanya sudah takdir, pasti suatu saat ada saja orang yang mengalami hal ini.

Untuk alasan inilah banyak software yang diciptakan untuk memulihkan data-data yang mungkin masih belum sepenuhnya hilang dari smartphone Anda.

Jika tahun lalu kita pernah mengenal software pemulih data bernama Dumpster, App Backup & Restore, Android Recycle Bin, Undelete for Root User, dan Disk Digger, Kali ini saya akan merekomendasikan 5 software untuk recovery data lainnya yang dapat dengan mudah digunakan untuk memulihkan data yang hilang pada smartphone Anda.

 

1. MyJad Android Data Recovery

MyJad adalah sebuah aplikasi yang memang diciptakan khusus untuk mengatasi masalah kehilangan data pada smartphone Android. Aplikasi ini dapat menyelamatkan dan mengembalikan berbagai macam jenis file yang hilang dari smartphone Anda seperti, lagu, gambar, dokumen, arsip hingga data lainnya yang tersimpan pada Micro SD yang terpasang pada Smartphone Anda.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah penggunaannya yang super mudah, dan fitur “preview” yang dapat dengan cepat memperlihatkan data apa saja yang telah hilang.

Selain keunggukan tentunya setiap aplikasi yang ada di dunia ini punya kekurangan. Dan kekurangan untuk aplikasi MyJad sendiri terletak pada ketidakmampuannya untuk memulihkan data dari memori internal, membutuhkan akses root untuk beberapa jenis file serta proses pemasangan dan penghapusan aplikasi ini yang tergolong lama.

 

2. Jihosoft Android Phone Recovery

Berbeda dengan MyJad, aplikasi ini dapat dibilang jauh lebih powerful karena kemampuannya untuk memulihkan data yang hilang dari memori internal selain dari memori eksternal.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan antar muka yang ramah pengguna. Kemudian, kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengembalikan file hilang seperti kontak, pesan, foto, video, log panggilan masuk, serta catatan penting hanya dengan beberapa langkah saja.

Untuk kekurangannya sendiri, saya belum menemukan apa kekurangan dari aplikasi ini.

 

3. iCare Recovery

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi pemulih data terpopuler yang biasanya muncul diberbagai forum-forum. Banyak yang merekomendasikan aplikasi ini karena pada umumnya, para pengguna yang pernah mencoba iCare merasa senang dan puas dengan kinerja aplikasi ini.

Aplikasi iCare dapat memulihkan berbagai file yang hilang dari smartphone Anda baik itu gambar, video, musik MP3, hingga berbagai jenis dokumen baik di memori internal ataupun di memori eksternal.

Hal lainnya yang menjadikan iCare banyak disukai orang adalah karena aplikasi pemulih data ini dapat Anda gunakan secara gratis, tidak seperti kebanyakan aplikasi yang walaupun pada awalnya gratis, ujung-ujungnya ada fitur yang ketika ingin menggunakannya, harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

 

4. Dr. Fone for Android

Dikenal sebagai aplikasi recovery data pertama untuk Android di dunia. Aplikasi ini sendiri mendukung berbagai jenis smartphone, tidak terbatas pada merek-merek terkenal saja seperti Samsung, LG, ataupun HTC.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan dapat memulihkan kembali file Anda yang pernah hilang dalam waktu sekejap saja, baik itu SMS, kontak, ataupun file multimedia seperti MP3 dan video.

Keunggulan Dr. Fone dibandingkan aplikasi lainnya adalah kemampuannya untuk melihat data yang ingin kita pulihkan sebelum melakukan pemulihan.

 

5. FonePaw iOS Android Data Recovery

Salah satu aplikasi pemulihan data terbaik yang ada sekarang ini. Disebut terbaik karena aplikasi ini mampu memulihkan data yang terhapus secara tidak sengaja hanya dengan beberapa langkah saja yang caranya berlaku untuk semua jenis data dengan format yang berbeda.

Dan tidak hanya itu, kata “terbaik” cukup patut untuk diberikan kepada aplikasi ini karena kemampuan pemulihan datanya tidak hanya dapat digunakan di Android saja melainkan di perangkat keluaran apple yang memiliki sistem operasi iOS.

Dari kelima aplikasi pemulih data yang sudah saya jelaskan di atas, aplikasi ini mungkin yang paling saya rekomendasikan untuk melakukan pemulihan data.

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 63
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel