Berlibur Untuk Masa Depan

12 Dec 2015 13:30 1551 Hits 0 Comments
Cara yang tepat mengisi liburan. Ya meningkatkan skil bahasa.

 

Akhir tahun sudah menjelang, sebentar lagi liburan akan kita jumpai. Yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana  memplaning untuk mengisi liburan yang akan kita lakukan nanti. Apa yang tepat. Mungkin banyak orang yang mengisi liburannya dengan cara mudik ke kampung halaman, main kerumah nenek-kakek, atau pergi kerumah saudara yang di luar kota. Atau ada yang pergi sampai ke luar negeri demi mengisi liburan. Berbagai cara untuk mengisi liburan supaya menyenangkan dan bermanfaat.

Untuk mengisi liburan kuliyah yang paling tepat, kita bisa  meluangkan ke Kampung Inggris, Pare. Yang terletak di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Kita bisa menyempatkan disana untuk tinggal 2 minggu sampai satu bulan lebih. Selain liburan disana kita bisa meningkatkan skil kita dalam berbahasa Inggris. Ini salah satu keuntungan kita berlibur ke Pare. Berlibur bukan berarti kita lupa dengan belajar.

Berlibur tidak harus ditempat wisata, rumah orang tua, dan tempat yang mewah. Berlibur juga bisa ditempat orang-orang belajar. Seperti halnya kampung Inggris  Pare, Kediri. Kita bisa berlibur sambil belajar Bahasa. Atau belajar Bahasa sambil berlibur itu sama saja.

Apalagi kita sedang dihadapkan dengan MEA yang di prioritaskan orang yang mempunyai skil berbahasa asing. Maka dari itu liburan sangat tepat jika kita mengisinya dengan mencari pengalaman baru dan menguntungkan kita untuk masa depan. Menjalani liburan dengan mengedepankan masa depan. Tidak ada salahnya kita menyelam sambil minum air.

Mengisi Liburan Meningkatkan Bahasa

Tiada hari tanpa aktivitas. Setiap aktifitas dalam sehari-hari, yang paling ditunggu dan didamba-dambakan adalah hari libur. Baik itu Pekerja Negeri Sipil (PNS), Mahasiswa, ataupun pekerja swasta. Padahal yang mempunyai kesibukan lebih pastinya hari libur itu untuk menutupi tugas-tugas yang belum terselesaikan. Saat hari libur, ada juga tugas mereka yang dilimpahkan ke orang lain demi mengisi liburan untuk bersenang-senang. Lebih tepatnya orang bayaran.

Lain halnya dengan saya yang terbatas dengan ekonomi. Sebagai seorang Mahasiswa semester tiga, waktu liburan saya mecoba mengsisinya dengan mendengarekan lagu-lagu lirik berbahasa Inggris. Selain menyenangkan dan bias merefresh otak tapi bermanfaat bagi kita dalam mengembangkan dan meningkatkan skil bahasa asing. Untuk mewujudkan dalam meningkatkan skil berbahasa kita harussering-sering mendengarkan lagu bahasa Inggris. Supaya pendengaran kita tidak merasa asing ketika orang lain mengucapkan kata-kata ditelinga kita.

Untuk mengawali suatu perbuatan hal yang positif memang sulit. Tapi kesulitan ini bias dikalahkan dengan kebiasaan yang terus di ulang-ulang. Begitupun bahasa kita, dalam mengingkatan skil bahasa asing ada tiga kompenen yang harus dilakukan. Pertama, mendengarkan, menulis, danmembaca. Tiga kompenen ini harus dilakukan dalam keseharian kita. Dengan mendengarkan dan melihat video lirik lagu kita mengetahui cara mengucapkan rangkaian kata tersebut.

Mungkin ada Mahasiswa yang mengsisi waktu liburan mereka dengan kegiatan yang berbeda. Mereka bisa saja mengisinya dengan jalan-jalan, atau bahkan mengisi dengan hal yang lebih positif, yang bisa mengembangkan dirinya dalam proses perkuliyahan.

Sumber foto: Aquasixio.deviantart.com

 

 

 

Tags opini

About The Author

Jaedin el-Barbazy 25
Novice

Jaedin el-Barbazy

Jaed, penikmat lagu dewa. Mahasiswa UIN Walisongo Semarang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Jaedin el-Barbazy