Kenalilah Proses "Shut Down" Pada Windows

11 Dec 2015 10:59 2933 Hits 0 Comments
Prosesnya cukup panjang.

Menggunakan komputer mungkin sudah menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Apalagi bagi yang memang mendapatkan penghasilan dengan komputer sebagai medianya, perangkat ini sudah menjadi belahan hidup sendiri.

Tapi bagi Anda yang sudah menganggap komputer sebagai bagian yang terpisahkan dari hidup Anda tahu berbagai hal tentang komputer?

Spesfikasi? Itu sih semua orang juga umumnya sudah tahu.

Apa yang akan dibahas disini adalah sebuah proses yang kebanyakan orang acuhkan karena memang dianggap tidak begitu penting.

Proses yang dimaksud adalah proses “Shut Down”, yaitu sebuah cara untuk mematikan komputer setelah Anda tidak menggunakannya lagi.

Ketika Anda mematikan komputer dengan mengklik pada pilihan “Shut Down”, ternyata dalam waktu yang singkat tersebut banyak proses yang dilalui Windows sebelum akhirnya mematikan komputer secara menyeluruh.

 

Proses-proses tersebut akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Proses yang pertama dilakukan sebelum Windows melakukan Shut Down adalah dengan mengecek apakah ada aplikasi yang belum ditutup. Contohnya adalah seperti Microsoft office atau program-program lainnya.

Program – program yang biasanya memang belum ditutup, akan dimunculkan dalam sebuah jendela yang biasanya muncul di bagian tengah layar. Hal ini dilakukan Windows sebagai cara untuk memberi tahu penggunanya untuk menutup aplikasi yang masih terbuka tersebut sebelum melakukan “Shut Down” untuk menghindari hal-hal yang tidak terjadi.

Pengguna juga disini biasanya dapat memilih “Forced Close” jika aplikasi yang masih terbuka tersebut tidak begitu berarti bagi penggunanya.

2. Setelah proses pertama dilewati, hal lainnya yang dilakukan Windows ketika melakukan proses shutting down adalah mematikan berbagai service yang masih berjalan di background

3. Kemudian, proses berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu dengan menunggu sinyal dari service dan aplikasi yang sudah dimatikan secara sempurna.

4. Sesudah mengkonfirmasi bahwa tidak ada lagi service ataupun aplikasi yang berjalan, Windows kemudian menyimpan cache dari aktivitas yang sudah dilakukan ke hard disk.

5. Tidak lupa, Windows pun akan menulis sebuah log files sebelum akhirnya menonaktifkan semua pengguna dengan cara melakukan log out dari akun masing-masing pengguna baik guest ataupun administrator.

6. Setelah seluruh pengguna telah dinonaktifkan, Windows akan mengakhiri shell dari komputer tersebut.

7. Dan bagi yang baru saja menerima updates dari Windows, maka sebelum ke tingkat akhir dimana Windows mengirimkan sinyal untuk melakukan “Shut Down” pada ACPI, Windows akan memerintahkan sistem untuk menyelesaikan proses update terlebih dahulu

8 Setelah proses update selesai, Windows akhirnya mengirim sinyal ke sebuah bagian yang memang mengurusi konsumsi listrik baik pada PC desktop ataupun Laptop yang bernama ACPI (Advanced Configuration and Power Interface).

 

 

 

 

sumber: HTG

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel