Susah Tidur? Coba 7 Cara Tidur Cepat Berikut ini

7 Dec 2015 11:44 3489 Hits 0 Comments
Cocok bagi yang sulit tidur karena stress atau terlalu sibuk.

Tidur adalah sebuah hal yang penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Namun, dikarenakan kehidupan kita yang super sibuk bahkan sampai membuat kita stress, waktu tidur kita sering terganggu.

Di bawah ini adalah 7 tips agar Anda dapat tidur dengan cepat di tengah kehidupan Anda yang super sibuk dan membuat stress.

 

1. Matikan Televisi dan Komputer

Terlalu banyak menonton layar baik itu televisi ataupun komputer membuat mata Anda menjadi lelah dan sensitif. Dan terlebih lagi, hal tersebut membuat Anda menjadi sulit untuk tidur.

Oleh karena itu, satu jam sebelum Anda tidur, sangatlah dianjurkan bagi Anda untuk melakukan hal lain yang membuat Anda rileks dari berbagai stimulasi.

 

2. Jangan Mengkonsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein adalah salah satu zat stimulan. Dengan mengkonsumsi kafein, Anda akan terjaga dan tidak dapat tidur. Oleh karena itu di malam hari lebih baik meminum air putih ataupun air teh yang tidak mengandung kafein sebagai penggantinya.

 

3. Atur Temperatur di Kamar Tidur Anda

Lakukan pengaturan temperatur suhu di kamar tidur Anda sampai pas dengan yang suhu yang Anda inginkan. Karena dengan temperatur yang pas, Anda akan lebih cepat terlelap karena temperatur yang nyaman bagi tubuh Anda.

 

4. Lakukan Peregangan untuk Relaksasi

Sebelum naik ke tempat tidur, berbaringlah di lantai dan lakukan peregangan dimulai dari jari-jari kaki Anda hingga ke leher Anda. Dengan melakukan peregangan otot, tubuh kita akan menjadi rileks dan mudah terlelap ketika berbaring di tempat tidur.

 

5. Dengarkan Rekaman Suara yang Menenangkan

Percaya atau tidak, seseorang dapat cepat tertidur ketika mendengarkan suara yang menenangkan hatinya. Contohnya saya, ketika mendengarkan suara rekaman hutan atau lagu klasik saya merasa tenang dan ketika saya membuka mata saya, tiba-tiba sudah subuh saja.

 

6. Temukan dan Gunakan Posisi Tidur yang Nyaman Bagi Anda

Untuk melakukan ini, pastinya Anda akan bereksperimen berkali-kali. Karena tidak semua orang memiliki posisi tidur nyaman yang sama.

Contohnya saya; posisi tidur yang nyaman bagi saya itu adalah posisi tidur sambil menumpangkan kepala ke bantal guling yang saya peluk. Dan mungkin, bagi Anda yang membaca artikel ini, posisi saya tersebut tidaklah nyaman.

Intinya, posisi tidur yang nyaman itu adalah posisi tidur dimana Anda bisa rileks dan merasakan kantuk.

 

7. Keluar dari Tempat Tidur Jika dalam Waktu Satu Jam Anda Masih Bangun

Merupakan sebuah kemungkinan bahwa bagi Anda yang memiliki keinginan kuat untuk tidur malah menjadi sulit tidur.

Hal ini dikarenakan Anda terlalu tegang akibat adanya keinginan untuk cepat tidur. Padahal, salah satu syarat untuk tidur itu adalah tubuh dalam keadaan rileks.

Untuk mengatasinya, Anda mungkin dapat berjalan-jalan di dalam rumah Anda atau melakukan peregangan otot kembali seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

Penutup

Tidur dengan cepat mungkin adalah hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Namun, hal tersebut seharusnya jangan dibawa stress. Karena dengan stress berlebih hanya akan mempersulit Anda.

Oleh karena itu, sabar dan mengikuti tips yang sudah dijelaskan di atas adalah jalan satu-satunya untuk dapat tidur dengan cepat.

 

 

 

 

sumber: medicaldaily

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel