Tidak Mau Jerawatan? Hindari Ketujuh Makanan Berikut ini

3 Dec 2015 12:39 2674 Hits 2 Comments
Jerawat itu menyebalkan.

Jerawat adalah sebuah gangguan pada kulit yang saya yakin bagi semua orang yang mengalami hal ini adalah sebuah hal yang menyebalkan.

Selain karena kondisi kulit yang kita miliki, semua orang umumnya sudah tahu bahwa kemunculan jerawat itu adalah sebagai akibat dari makanan yang kita makan. Dan banyak yang percaya bahwa makanan berminyak adalah satu jenis makanan yang menjadi pantangan agar terhindar dari jerawat.

Makanan berminyak mungkin adalah salah satunya; tapi makanan yang menyebabkan jerawat ternyata bukanlah hanya makanan berminyak saja. Contohnya seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

 

1. Susu

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah akademi di Amerika yaitu akademi Dermatologi, menyatakan bahwa hormon yang terkandung di dalam susu seperti susu sapi, susu kambing ataupun susu kuda dapat meningkatkan performa kerja dari hormon yang menciptakan jerawat.

 

2. Makanan yang mengandung gula tinggi

Adalah sebuah alasan lain yang menjadi alasan kuat untuk meninggalkan makanan yang mengandung gula berlebih.

Gula dianggap sebagai penyebab jerawat karena gula itu pro-inflamatory, dimana zat tersebut dapat memicu hormon tertentu untuk membuat kulit wajah kita berjerawat.

 

3. Kacang Kedelai

Pernah berjerawat gara-gara terlalu banyak mengkonsumsi tahu dan tempe? Mungkin kacang kedelailah yang menjadi alasannya.

Kacang kedelai dianggap sebagai pemicu jerawat karena hormon estrogen alami yang terdapat pada salah satu jenis kacang-kacangan ini dapat mengacaukan hormon yang ada pada manusia yang berujung pada kemunculan jerawat di wajah.

 

4. Kopi

Kopi memang dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa kantuk. Walaupun demikian, kopi juga ternyata memiliki dampak negatif, yakni, menyebabkan wajah kita penuh dengan jerawat.

Hal ini dikarenakan, pada kopi terdapat sebuah asam organik yang dapat meningkatkan level dari kortisol pada tubuh kita.

Cortisol adalah sebuah hormon yang secara umum lebih dikenal dengan hormon stress.

Kortisol sendiri dapat berperan sebagai androgen yang dapat secara bersama-sama dapat menyebabkan inflamasi dan gangguan kulit yang disebut Sebacous Glands.

 

5. Makanan Pedas

Walaupun memakan makanan pedas itu adalah salah satu cara untuk menikmati suatu masakan agar terasa lebih nikmat, ternyata memakan makanan pedas dengan porsi berlebih akan menyebabkan wajah kita berjerawat.

Selain itu, dengan memakan makanan pedas, sirkulasi darah ke wajah jadi meningkat sehingga terkadang kita melihat seseorang yang memakan makanan pedas memiliki wajah yang kemerahan.

 

6. Minuman bersoda

Minuman ringan favorit hampir setiap orang di dunia ini walaupun menyegarkan ternyata dapat membuat wajah berjerawat juga.

Alasannya, pada minuman soda terdapat sebuah substansi pengganti gula atau yang biasa kita sebut pemanis buatan yang selain dapat menyebabkan jerawat, juga berbahaya bagi kesehatan

 

7. Garam

Yodium yang terkandung pada garam, umumnya dihindari oleh mereka yang mengalami penyakit darah tinggi.

Walaupun garam sering digunakan pada hampir semua masakan untuk memperlezat cita rasa masakan tersebut, ternyata juga harus dihindari oleh mereka yang tidak ingin kulit wajahnya berjerawat.

Hal ini dikarenakan, pada garam terdapat zat yodium yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan sehingga memicu kemunculan jerawat.

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel