Inilah Alasan Kenapa Menulis di Plimbi.com lebih Seru dan Keren

30 Nov 2015 16:19 2589 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menulis itu menguntungkan, Menulis di Plimbi? Lebih menguntungkan!

Banyak orang berpikiran bahwa menulis sesuatu itu hanya buang-buang waktu.

Padahal menulis itu kan sebetulnya punya berbagai nilai positif tersendiri, terutama menulis secara online dengan menggunakan komputer. Saya sengaja menulis secara spesifik “menggunakan komputer,” karena menulis memang paling enak menggunakan keyboard dengan layar yang besar sambil mendengarkan musik favorit.

Dengan menulis, dampak positif yang saya terima pun banyak. Salah satunya adalah bertambahnya wawasan saya.

“bukannya kalau wawasan bertambah itu dari membaca sebuah konten?”

“ini menulis kok bisa bertambah wawasannya?”

Tentu saja wawasan saya akan bertambah. Karena untuk membuat sebuah konten, saya biasanya melakukan penjelajahan di dunia maya, kemudia saya mencari konten-konten menarik berbahasa asing kemudian saya baca dan saya tulis ulang dengan bahasa saya untuk kemudian disajikan ke dalam bahasa Indonesia, agar mereka yang tidak mengerti bahasa Asing tidak ketinggalan informasi seputar dunia.

Benefit lain yang saya dapat dari menulis secara online adalah peningkatan kecepatan mengetik saya. Dulu, ketika saya jarang menyentuh komputer kecepatan mengetik saya dengan “11 jari” lebih pelan dibandingkan dengan mereka yang menulis dengan menggunakan tangan.

Dan ketika melakukan pengetikan pun, saya cenderung melihat papan keyboard ketimbang melihat layar monitor.

Tapi sekarang, ketika saya sudah cukup lama mengenal dan menggunakan keyboard, kecepatan menulis saya meningkat pesat dimana ketika saya coba melakukan tes di sebuah situs yang memang diperuntukkan untuk mengukur seberapa cepat seseorang dapat mengetik kata dalam waktu satu menit, saya mendapatkan skor di atas 100 WPM walaupun gaya mengetik saya masih menggunakan gaya mengetik “11 jari.”

Itu baru keuntungan menulis online secara umum saja, dan belum keuntungan yang saya dapatkan dengan menulis di Plimbi.

Selama saya menulis di Plimbi, situs ini terlihat mengalami banyak improvisasi dari waktu ke waktu yang menurut saya pribadi sangat menguntungkan bagi para penulis.

Dengan menulis di Plimbi, para penulis baik yang masih pemula ataupun yang sudah profesional akan dimanjakan dengan berbagai bentuk apresiasi baik dari Plimbi sendiri ataupun dari para pembacanya.

 

A. Apresiasi Pembaca

Ketika seorang penulis mempublikasikan kontennya di Plimbi, pembaca yang membaca konten yang telah dipublikasikan tersebut akan dapat melakukan beberapa aktivitas yang bagi penulisnya, aktivitas-aktivitas tersebut adalah bentuk apresiasi dari pembaca.

Yang pertama, jika seorang pembaca menyukai konten yang ia baca, maka ia dapat memberikan “Like” pada konten tersebut sebagai bentuk apresiasi pada penulis karena telah menyajika sebuah konten yang menghibur dan berkualitas.

Mungkin sebagai tambahannya, para pembaca yang sangat menyukai kontennya akan dapat memberikan apresiasi kepada para penulis dengan memberikan komentar yang isinya mungkin berisi ucapan terima kasih, ataupun pujian.

Lalu untuk para pembaca yang benar-benar menyukai konten tersebut dan ingin semua orang tahu, mereka juga dapat membagikan konten tersebut ke berbagai media sosial yang ada di dunia ini. Konten yang telah di-share oleh pembaca tentunya membuat konten tersebut semakin banyak diketahui oleh orang lain dan secara tidak langsung konten tersebut akan dapat memberikan keuntungan bagi penulisnya seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

B. Apresiasi Plimbi

Plimbi yang berperan sebagai wadah untuk para penulisnya mempublikasikan konten mereka, ternyata sangat memanjakan para penulisnya.

Salah satunya adalah lewat apresiasi yang diberikan ketika seorang penulis telah menulis sebuah konten.

Ketika seorang penulis selesai mempublikasikan kontennya di Plimbi, ia akan mulai dapat menikmati fitur-fitur menarik dari Plimbi yaitu:


1. Article Score (Skor Artikel)

Yaitu sebuah sistem penilaian yang fungsinya adalah untuk menilai sebuah konten yang sudah ditulis oleh seorang penulis. Dari skor yang disajikan, penulis dapat menilai seberapa menarik konten yang telah ditulisnya itu.

 

2. User Point (Poin Pengguna)

Adalah fitur menarik lainnya dari Plimbi. User Point didapatkan oleh seorang seiring meningkatnya skor pada konten yang telah dibuat penulis tersebut. Poin ini sendiri sangat berharga, karena dengan mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu, seorang penulis dapat dapat menukarkan poin tersebut dengan berbagai hadiah seperti pulsa, flash disk dan smartphone yang dapat ditemukan di menu “Rewards” di Author Panel (Panel Penulis).

 

3. Top Authors (Penulis-Penulis Terbaik)

Masih kurang dengan penukaran Rewards?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Plimbi itu sangat memanjakan para penulisnya.

Selain penukaran hadiah dengan menggunakan poin yang kita miliki, Setiap bulannya juga Plimbi akan memilih penulis-penulis terbaik (Top Authors) yang secara otomatis dipilih oleh sistem berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Dan mereka yang terpilih menjadi Top Authors, mereka akan mendapatkan uang tunai yang akan langsung ditransfer ke rekening bank masing-masing penulis.

 

4. Best Articles (Artikel-Artikel Terbaik)

Selain pemilihan Top Author, setiap bulannya juga Plimbi memberikan apresiasi berupa uang tunai kepada mereka yang telah menyajikan konten-konten terbaik yang penilaiannya sendiri didasarkan pada kualitas, originalitas serta bagaimana konten tersebut dikemas sehingga menjadi sebuah konten yang menarik dan enak dibaca.

 

5. Leveling Feature (Fitur Menaikkan Level)

Last but not least, sebuah fitur yang menurut saya cukup unik dari Plimbi yaitu fitur menaikkan level akun seorang penulis. Dengan adanya fitur ini, selain menjadikan Plimbi unik dan berbeda dari tempat untuk menulis yang lain, fitur ini adalah sebagai wujud apresiasi Plimbi kepada para penulisnya.

Dengan adanya fitur ini, seorang penulis dapat terus menaikkan levelnya hanya dengan menulis dan mempublikasikan konten miliknya.

Kenaikan level dari seorang penulis bukanlah tanpa keuntungan.

Karena dengan bertambahnya level seorang penulis, maka ia pun akan mendapatkan user point di setiap levelnya yang nantinya akan dapat ditukarkan dengan berbagai macam hadiah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, ketika seorang penulis telah mencapai level tertentu, frame atau bingkai dari foto penulis juga akan berubah warna sehingga dapat dibedakan penulis mana yang sudah lama menulis di Plimbi, penulis mana yang masih baru, hingga mereka yang baru saja terdaftar di Plimbi tapi belum sempat menulis.

 

Penutup

Menulis adalah sebuah hobi yang sangat bermanfaat bagi kita dan orang lain. Tidak hanya itu saja, dengan menulis kita juga bisa menghasilkan uang tambahan dan mendapatkan hal-hal lainnya. Salah satunya adalah dengan menulis di Plimbi.

Dengan menulis di Plimbi, kita bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan menulis artikel. Selain itu, seorang penulis juga bisa mendapatkan berbagai macam reward dari poin yang dihasilkan oleh artikel yang telah ditulisnya.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki hobi menulis apalagi sampai memiliki pembaca setia yang banyak, cobalah mempublikasikan tulisannya di Plimbi dan raih berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Plimbi.

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel