Apa itu Pengertian Domain?

27 Nov 2015 15:12 3816 Hits 0 Comments
Penggunaan nama Domain lebih disarankan karena terbukti memudahkan dalam mengingat sebuah URL dibanding angka-angka yang memungkinkan banyak orang melakukan kesalahan dalam pengetikkannya.

Bagi sebagian orang awam yang belum memahami teknologi dan internet, mungkin masih akan merasa bingung saat dihadapkan dengan istilah-istilah seperti Domain, hosting, website, dan sebagainya. Tak hanya bagi mereka orang awam, bahkan bagi kita yang sering berkecimpung di dunia teknologi seperti internet, terkadang masih merasa pusing membedakan istilah-istilah yang dirasa mirip dari berbagai aspek.

Mereka yang berkecimpung di dunia bisnis online, Domain bukan sesuatu hal yang baru, karena untuk mempromosikan produknya, kebanyakan dari mereka menggunakan nama Domain yang sama dengan nama produknya. Tak hanya itu, perusahaan-perusahaan terkemuka juga banyak yang membuat nama Domain sesuai dengan nama perusahaannya. Lantas, sebenarnya apa itu pengertian Domain?

Apa itu Pengertian Domain?

Gambar via whoapi.com

Menurut Wikipedia, Domain (Bahasa Inggris: Domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain berfungsi untuk mengingat alamat server yang dikunjungi tanpa harus menghafal deretan angka rumit yang selama ini kita kenal dengan sebutan IP address. Nama Domain juga kadang disebut sebagai URL atau alamat website.

Seperti halnya “plimbi.com”, nama Domain biasanya digunakan untuk mempermudah pengguna mengingat alamat website saat akan mengaksesnya kembali. Misal, alamat IP server tempat file sebuah web disimpan terdiri dari rangkaian angka 77.265.91.11 (sample acak), deretan angka ini sangat sulit diingat oleh seseorang yang baru mengakses halaman web, berbeda jika hal tersebut menggunakan nama Domain yang biasanya terdiri dari deretan huruf, meskipun ada juga yang menggunakan kombinasi angka dan symbol. Pernahkah Anda mendengar atau membaca komentar seseorang yang bertanya, “nama website-nya apa” saat dia tertarik akan sebuah produk?

Sebenarnya kita bisa saja mengetikkan deretan angka yang menjadi alamat IP server sebuah situs yang akan dibuka, hanya saja tentu hal ini sangat tidak baik mengingat kemampuan ingatan setiap orang berbeda-beda, sehingga penggunaan nama Domain lebih disarankan karena terbukti memudahkan dalam mengingat sebuah URL dibanding angka-angka yang memungkinkan banyak orang melakukan kesalahan dalam pengetikkannya.

Jika diibaratkan dengan konsep yang sederhana Anda bisa membayangkan bahwa yang disebut dengan Domain adalah “Alamat Rumah” yang memudahkan keluarga, teman, sahabat, dan orang lain yang akan berkunjung ke rumah Anda dengan mudah tanpa tersesat. Rumah Anda bisa diibaratkan sebagai website dan tanah tempat berpijaknya Rumah Anda itulah Hosting.

About The Author

Agnina 23
Novice

Agnina

interested in anything
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel