Menurunkan Suhu Laptop Hanya Dengan Uang Koin

5 Nov 2015 10:35 13471 Hits 0 Comments
Jika tidak punya uang koin, alternatif yang lebih mahal juga banyak.

Menggunakan laptop tanpa henti mungkin adalah sebuah hal yang kebanyakan para pemilik laptop sering lakukan. Khususnya mereka yang memang dikejar deadline, sedang marathon menonton acara favorit, sampai bermain game favorit yang tanggung jika berhenti.

Disitulah biasanya peristiwa ini terjadi, yaitu peristiwa dimana laptop menjadi panas hingga ke keyboard dan touchpad-nya.

Lalu apa yang biasa Anda lakukan kalau Anda mendapati laptop Anda sudah panas sampai ke permukaannya?

Mungkin yang paling banyak orang lakukan adalah dengan mematikan laptop tersebut dan menunggunya dingin. Tapi bagi tiga jenis orang yang sudah disebutkan di atas, hal tersebut sepertinya bukan merupakan pilihan yang tepat.

Menyikapi hal ini, seorang warga Jepang di Twitter kemudian membagi cara untuk mendinginkan laptop hanya dengan menggunakan uang 10 Yen (kalau di Indonesia bisa pakai uang koing 500 warna kuning). Walaupun terdengar gila, ide ini ternyata berhasil dilakukan beberapa orang yang sudah membaca tutorial di twitter tersebut.

Dalam Twitternya dengan nama akun @akinori_Suzuki, ia memperlihatkan bagaimana koin-koin 10 yen tersebut diposisikan pada sebuah laptopnya yaitu Macbook Pro.

Sekilas bagi mereka yang melihatnya, hal ini mungkin terlihat aneh. Tapi hal ini dibuktikan oleh orang lain yang melihat twitter dari Suzuki yaitu pengguna Twitter lain dengan akun @Kazuki_K09.

Ia menyatakan bahwa apa yang ditulis oleh Suzuki di Twitter itu ternyata berhasil menurunkan temperatur dari laptop yang ia miliki.

Selain itu ada juga orang lain yang melihat Twitter tersebut memodifikasi ide tersebut ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti yang diposting oleh Keigo Nitadori dengan nama akun Twitternya @k_nitadori yang dapat dilihat di bawah ini.

Walaupun metode tersebut memang terbukti khasiatnya untuk menurunkan suhu dari laptop, tidak setiap orang memiliki koin 10 yen ataupun 500 rupiah sebanyak yang diposting di gambar-gambar di atas. Apalagi membuat perangkat yang dimiliki oleh Keigo Nitadori; sepertinya cukup mustahil bagi mereka yang tidak pernah sekolah di jurusan teknik elektro.

Mungkin bagi mereka yang tidak punya uang koin untuk mendinginkan laptop, jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan kipas laptop yang biasa dipasang di bagian bawah laptop dan menghebuskan angin ke dalam laptop.

Atau bagi mereka yang takut mengotori komponen yang diakibatkan oleh debu dari hembusan kipas laptop eksternal, menggunakan heat vacuum yang fungsinya untuk menghisap hawa panas dari laptop dengan cara kerja mirip kipas eksternal mungkin dapat menjadi pilihan alternatif.

Sistem kerjanya sendiri berbeda dengan kipas laptop eksternal yang menghembuskan angin kedalam.

Pada heat vacuum ini, hawa panas di laptop dihisap dengan teknologi yang biasa kita lihat di vacuum cleaner, untuk kemudian dibuang ke luar laptop.

 

About The Author

Buricak Burinyai 63
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel