Kerja Keras, Cerdas, Kualitas

3 Nov 2015 10:01 4068 Hits 0 Comments
Meng-optimalkan kualitas kerja :) 

                Kita harus optimis karena dengan beramal saleh hidup  kita menjadi menarik, dinamis, dan selalu ada perubahan menuju kebaikan. Langkah-langkah yang bisa kita lakukan agar kinerja kita mencapai hasil sempurna adalah :

~ Kerja Keras

                Bekerja sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap daya dan kemampuan yang ada dalam menyelesaikan tugas-tugas kita merupakan inti dari kerja keras. Pengembangan potensi kita terlaksana melalui kerja keras karenabekerja keras adalah pengerahan energi bio-psiko-spiritual yang selain membentuk karakter dan kompetensi kita, sekaligus juga membuat diri kita sehat dan kuat lahir batin.

                Kita harus mengerahkan segenap kemampuan : emosional (heart), intelektual (head) dan keterampilan (hand) agar kehidupan lunak terhadap kita. Sebagai makhluk paling spesial dan sempurna, sudah sepantasnya kita mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Melalui etos kerja keras, kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk memperolehnya.

                “bekerjalah untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya. Dan beramallah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok” (HR Baihaqi)

~ Kerja Cerdas

                Merupakan kerja yang tidak hanya mengandalkan otot semata melainkan juga menggunakan otak (ilmu) sehingga hasilnya terasa lebih efisien dan efektif. Supaya kita dapat bekerja cerdas, kita harus memiliki strategi berdasarkan skala prioritas sehjingga kita bisa menjadi lebih produktif dan efektif dari waktu dan biaya.

                Habiskanlah waktu lebih banyak untuk mencari yang ahli dan belajarlah dari mereka. Setiap kali kita mengetahui ada orang lain, bagian lain, cabang lain, perusahaan lain yang lebih sukses, amati seara detail, teliti bagaimana bisa meniru dan kalau perlu melakukan modifikasi tertentu dengan ara mengubah atau menambah sesuatu. Melalui strategi inikita akan bekerja lebih sistematis dan terstruktur untuk mendapatkan hasil maksimal.

~ Kerja Kualitas

                Merupakan pekerjaan yang dilakukan secara konsisten, sungguh-sungguh, ermat tepat, sesuai standar dan tidak asal-asalan sehingga menapai mutu yang tinggi. Kerja kualitas berarti menghasilkan lebih dari yang diharapkan dengan ketepatan, keepatan dan hasil maksimal.

                Supaya kita bisa bekerja dengan kualitas tinggi, kita harus memiliki kebutuhan untuk berprestasi (need for achievment). Dorongan berprestasi merupakan keinginan untuk bisa lebih unggul dan melampaui standart prestasi. Standar tersebut bisa berupa prestasi diri sendiri dimasa lampau atau sesuatu yang belum dilakukan orang lain. Hal ini menunjukan dorongan untuk bertindak lebih baik dan efisien.

 

About The Author

Mas Haidar 36
Ordinary

Mas Haidar

u will See, if u want to know me.. so catch up on me
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel