Cara Deteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi Daya

18 Sep 2015 14:55 3311 Hits 0 Comments
Smartphone sudah menjadi perangkat yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari–hari manusia saat ini. Maka tak heran, banyak orang yang akan melakukan segala upaya agar smartphone miliknya bertahan hidup

Smartphone sudah menjadi perangkat yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari–hari manusia saat ini. Maka tak heran, banyak orang yang akan melakukan segala upaya agar smartphone miliknya bertahan hidup. Namun, masalahnya, daya baterai sebuah smartphone tidaklah lama.

Alhasil, beberapa orang sering mengisi ulang smartphone milik mereka. Tentu bila terlalu sering dicas, smartphone akan rusak bahkan baterai smartphone tidak bisa mengisi daya baterai lagi.

Bila hal tersebut terjadi pada Anda, Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa di isi ulang.

Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah mematikan smartphone agar semua sistem yang error kembali normal. Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian ulang tak selalu pada perangkat smartphone. Masalah bisa juga timbul dari charger yang Anda punya. Bisa jadi kerena kabel USB mudah error karena sering terlipat.

Bila kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan smartphone yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh.

Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger orang lain. Bila digunakan smartphone Anda terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah

Periksa Port USB

Terkadang Anda sebagai pengguna smartphone yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke smartphone secara kasar tanpa disadari.

Hal ini bisa membuat port USB pada smartphone Anda error. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda harus membawa smartphone Anda ke tempat service smartphone yang resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

Periksa kondisi baterai

Jika semua hal di atas ternyata berjalan normal, maka penyebab baterai smartphone yang tidak bisa di isi ulang bisa saja karena kondisi baterai yang sudah rusak. Gantilah baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik.

About The Author

Evan Praditya 30
Ordinary

Evan Praditya

I'm into gadget and Black Metal!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel