Mengatasi Zenfone 5 Hang, Tidak Ada Respon, dan Layar Menjadi Kotak-Kotak

18 Sep 2015 12:21 7402 Hits 0 Comments
Jika Zenfone 5 Anda nge-hang atau tidak berfungsi, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan Soft Reboot atau Force Reboot.

Zenfone 5 adalah salah satu perangkat dari Asus yang menawarkan teknologi lain daripada yang lain. Saat yang lain berlomba-lomba menggunakan prosesor buatan MTK, Qualcomm, nVidia, keluarga Asus Zenfone justru mempergunakan prosesor Intel Atom. Hal ini memang membawa banyak kelebihan namun, juga tak kurang kelemahan yang kemudian muncul.

Masalah yang hampir sering muncul pada Asus Zenfone 5 adalah nge-hang, tidak berfungsi atau tidak ada respon dari perangkat serta tampilan menjadi kotak-kotak. Jangan berpikir ini adalah kerusakan pada perangkat Anda, walau sebenarnya memang dimungkinkan. Namun, yang sering terjadi adalah karena disebabkan aplikasi yang tidak berjalan mulus dengan prosesor Intel.

Seperti diketahui, hampir semua aplikasi yang bisa Anda download dari Google Playstore dibuat untuk perangkat Android yang berjalan di atas prosesor MTK, Qualcomm, nVidia, dan banyak lagi. Jarang ada aplikasi yang dibuat untuk Intel Atom. Bisa juga aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan Zenfone 5 secara keseluruhan.

Namun, jika Zenfone 5 Anda nge-hang atau tidak berfungsi, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan Soft Reboot atau Force Reboot. Soft Reboot adalah merestart ulang Zenfone 5 Anda secara normal dan setelah hidup kembali, bersihkan cashe dan uninstall aplikasi yang bikin masalah tadi.

Jika masalah tetap ada, maka mau tidak mau Anda harus melakukan Force Reboot pada Zenfone 5 tersebut. Pada smartphone lain, hal ini bisa dilakukan dengan mencabut baterai, tapi pada Zenfone 5 tidak bisa karena sayangnya baterainya menjadi satu dengan bodi perangkat. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah menekan dan tahan tombol Power selama 10-15 detik sampai perangkat mati dengan sendirinya. Setelah itu hidupkan kembali dan bersihkan perangkat dari aplikasi yang bermasalah.

Cara Soft Reboot dan Force Reboot di atas tidak akan membahayakan seluruh data-data Anda. Jika permasalah ini masih saja terjadi maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan Hard Reset atau Factory Reset. Cara ini akan membuat perangkat Anda mempunyai OS seperti pada saat Anda membelinya. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

About The Author

Evan Praditya 30
Ordinary

Evan Praditya

I'm into gadget and Black Metal!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel