Ucapanmu merubah Hidupmu

21 Aug 2015 19:11 2098 Hits 0 Comments
Ketika ucapan dapan mempengaruhi segalanya.

                Pernah mendengar istilah “lidah tak bertulang”, “mulut yang berbisa”, atau dulu yang pernah ngetren “mulutmu harimaumu”? kata-kata itu pada dasarnya hanya ingin mengingatkan kepada kita untuk berhati-hati dalam bertutur kata. Sadar atau tidak, kata-kata apapun yang keluar dari mulut anda dapat memberikan dampak bagi diri anda maupun lingkungan anda.

                Pernahkah anda berhadapan dengan seseorang yang ucapanya begotu “pedas”? yang lembut dan sopan? Atau malah yang lebih politis, yaitu mengeluarkan pernyataan yang diplomatis, tetapi sangat mengenai sasaran? Persepsi anda terhadap orang tersebut pasti bisa berbeda sesuai dengan cara mereka bertutur kata.

                Namun sebelum kita menilai orang lain, lebih baik kita melihat individu yang paling dekat terlebih dahulu, yaitu diri sendiri. Kata-kata apa pun yang keluar dari anda bisa menimbulkan berbagai macam dampak. Anda dapat dihujat dan dibenci, atau bisa saja perkataan anda membuat anda disenangi. Kata-kata anda dapat membangkitkan semangat orang lain dan memotivasi, atau sebaliknya mengecilkan nyali seseorang, membuat seseorang kehilangan motivasi.

                Apakah memang sedahsyat itu efek dari kata-kata yang kita ucapkan? Coba ikuti seminar motivasi atau training sejenis, dan amati perilaku para pesertanya. Rata-rata mereka akan menjadi lebih bersemangat dari sebelumnya. Mereka tidak makan obat ataupun suplemen selama training, mereka hanya mendengarkan perkataan sipembicara yang mampu memotivasi seluruh peserta. Disisi lain, mungkin anda pernah pernah mendengar berita kriminalitas : hanya karena sakit hati atas perkataan sang majikan, seorang pembantu berani menghabisi nyawa majikan sendiri.

                Dua kondisi yang sangat jelas perbedaanya, dimana yang satu memberikan efek positif dan yang lainya justru membawa dampak yang buruk. Pemicunya bisa dikatakan sama yaitu “ucapan”, tetapi isi dari pemicu itu yang berbeda. Good words atau Bad words. Kata-kata merupakan hal yang terkadang kita anggap sepele dan tidak terlalu menjadi perhatian utama kita, bahkan sering diabaikan. Apalagi jika kita sedang emosi, maka kata-kata yang keluar pun sering kali tak terkendali. Small things will bring huge impacts.

                Kata-kata yang anda ucapkan mempengaruhi lingkungan sekitar anda maupun orang terdekat. Pengaruh positif bagi mereka dan diri anda sendiri, atau dampak negatif terhadap diri anda sendiri, semuanya anda sendiri yang menentukan lewat apa yang keluar dari mulut anda. 

Tags

About The Author

Mas Haidar 36
Ordinary

Mas Haidar

u will See, if u want to know me.. so catch up on me
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel