Merdeka dari apa?

14 Aug 2015 15:08 2340 Hits 2 Comments
Opini tentang kemerdekaan

(pict by google)

Merdeka dalam kamus besar bahasa indonesia berarti bebas, tidak terikat, atau tidak tergantung pada pihak lain. Tentu saja ini sangat bertolak belakang dengan realita yang terjadi.

Anak SD saja mengerti jika indonesia ini diproklamirkan kemerdekaanya pada tanggal 17 agustus 1945, namun sejarah mencatat bahwa belanda tetap berusaha menjajah kembali. Itu menunjukan bahwa saat itu indonesia hanya merdeka dalam status, bukan dalam integritas. memang untuk membangun negara yang telah terjajah selama 3 abad lebih itu tidak cukup hanya dengan beberapa tahun. Dan tidak menutup kemungkinan pula bahwa hingga detik ini kita masih belum  merdeka. Indonesia belum memiliki wujud kemerdekaan yang ideal yakni bebas dari berbagai bentuk penjajahan. Tidak hanya penjajahan klasik berupa kekerasan, penindasan, dan perbudakan. Tetapi yang lebih penting adalah bebas dari penjajahan budaya, penjajahan teknologi, dan yang paling utama adalah penjajahan idealisme.  

Saat ini banyak orang yang mengartikan kemerdekaan dengan simpel. Seperti bebas dalam menyerukan pendapat atau gagasan mereka secara prespektif. Atau bahkan mengartikan kebebesan dalam kondisi ekonominya. Yakni bebas dari hutang.

Lantas apa arti kemerdekaan yang sesungguhnya? Apakah bebas menentukan presiden? Atau bebas setelah keluar dari penjara? Apakah ketika mampu membeli barang yang di inginkan dan tidak berutang kepada siapa pun? Freedom means many things to many people. Sangatlah penting untuk menentukan apa yang kita maksud dengan kemerdekan. Sehingga kita tahu apa yang kita cari, dan apa yang kita harapkan dari kemerdekaan. harapan itu akan membuat anda berjuang untuk mencapai kemerdekaan. Kita bertindak atas pikiran kita dan bersikap sesuai dengan hati nurani kita. true freedom begins in the heart.

Yang menarik adalah banyak yang beranggapan bahwa kemerdekaan saat ini hanya sebagai tujuan dalam kemerdekaan itu sendiri. Atau sebagai tujuan akhir yang akan tercapai. Seolah-olah kita berpikir bahwa setelah kemerdekaan itu tercapai maka semua masalah akan selesai. Mengapa? Karena kita sudah MERDEKA! Namun... Merdeka dari apa? Dan merdeka menjadi siapa?

About The Author

Mas Haidar 36
Ordinary

Mas Haidar

u will See, if u want to know me.. so catch up on me

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel