Mengenal jenis pondasi strauss pile

28 Jun 2015 19:55 4394 Hits 0 Comments
Beginilah cara pembuatan pondasi strauss pile untuk bangunan atau rumah yang benar

Strauss pile atau bore pile manual adalah jenis pondasi tiang yang dibuat didalam permukaan tanah, pondasi strauss pile pada dasarnya sama dengan pondasi bored pile yang membedakan adalah cara pembuatannya. Berikut ini tahap pekerjaan strauss pile :

1. Sebelum pekerjaan straus pile dimulai yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah titik as bor yang hendak dikerjakan.

2. Persiapan kerja yaitu merangkai peralatan kerja (  pipa, mata bor, stang bor dan lain-lainnya ) hingga menjadi satu kesatuan alat bor yang siap untuk dipergunakan.

3. Pengeboran dikerjakan oleh 2 orang dalam satu alat untuk memutar mata bornya yaitu alat  diputar serta diberi tekanan hingga di rasa mata bor sudah dipenuhi dengan tanah, kemudian mata bor diangkat dan dibuang tanahnya. Kegiatan tersebut dilakukan terus-menerus hingga kedalaman yang diinginkan atau sampai tanah keras ( rata-rata 6 meter ).

4. Pembesian dimulai dengan pembuatan spiral untuk cincin dan pemotongan besi pokok yang panjangnya lebihkan untuk  stek, kedua jenis besi tersebut dirangkai dan diikat dengan kawat hingga menjadi satu tulangan besi lalu dimasukkan  kedalam lobang bor.

5. Pengecoran tahap terakhir pekerjaan strauss pile yang jadi perhatian bila lobang bor dipenuhi dengan air maka dalam pelaksanaannya harus menggunakan pipa paralon yang berfungsi sebagai pengantar cor. Namun  bila lobang bor kering adukan beton bisa langsung dituangkan.

Kekurangan metode ini adalah terbatasnya pilihan diameter yakni 20 cm, 25 cm dan 30 cm serta kedalaman rata-rata hanya berkisar di 6 meter atau sesuai dengan kondisi tanah di lapangan. Namun diantara kekurang tersebut pondasi strauss pile memiliki beberapa keuntungan diantaranya :

Harga jasa strauss pile yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan pondasi dalam lainnya misal pondasi bored pile, tiang pancang, caison dan sumuran.
Tanpa mobilisasi (mungkin sekedar ongkos tukang atau tenaga)
Kebutuhan alat strauss pile mudah di sesuaikan dengan volume pekerjaan (tinggal ditambah pekerja dan set alat nya bila ingin pekerjaan selesai lebih cepat)
Bisa mengerjakan di tempat yg sulit (misalnya di dalam bangunan, kondisi kavling tidak rata.
Tidak menimbulkan suara bising dalam pelaksanaannya karena memang metode strauss pile sama sekali tidak menggunakan mesin.
Dapat meminimalisir resiko penurunan pondasi pada bangunan rumah 2 lantai / 3 lantai yang biasanya mengakibatkan dinding retak.

 

Sumber : http://goo.gl/OZAobj

 

Tags

About The Author

supri 18
Novice

supri

Pemuda berusaha berkarya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel