Cara Membuat Artikel yang Menarik di Plimbi

22 Jun 2015 18:00 3862 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk bisa menulis artikel yang baik dan menarik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Membuat Artikel yang Menarik-Menulis artikel bisa menjadi sebuah kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan menulis kita. Terlebih jika kita bisa menulis artikel berbayar di media-media baik media cetak atau media online, artikel kita tersebut bisa memberikan penghasilan tambahan untuk kita. Tetapi sebelum Anda mendapat penghasilan, Anda terlebih dulu perlu mengasah keterimapilan menulis Anda. Dan Plimbi bisa menjadi salah satu solusinya. Sebagai social journalism, Plimbi memungkinkan semua orang untuk menulis. Tulisan yang ada di Plimbi bisa menjadi portofolio untuk Anda yang ingin terjun di bidang menulis.

 

Lantas, seperti apa menulis artikel yang baik?

Untuk menulis sebuah artikel yang baik dan menarik, maka kita tidak bisa menulis secara sembarangan. Informasi penting dalam artikel menjadi prioritas utama serta memperhatikan cara penulisan artikel yang baik dan benar. Berikut beberapa cara untuk menulis artikel yang baik dan menarik.

 

Menentukan Topik Apa yang Akan Ditulis

Sebelum mulai menulis artikel, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menentukan topik untuk artikel yang akan ditulis. Topik yang dipilih bisa berdasarkan pengetahuan yang dikuasai, pengalaman kerja, pengalaman kehidupan sehari-hari, dan juga hal-hal yang sedang populer saat ini. Pemilihan topik sesuai dengan pengetahuan yang dikuasai akan lebih memudahkan kita dalam proses penulisannya.

 

Menjelaskan Topik yang Dipilih dalam Artikel

Tuliskan apa yang dipikirkan oleh penulis dalam bentuk paragraf serta kalimat-kalimat yang sifatnya deskriptif. Anda sebaiknya bisa menjelaskan dengan baik topik yang ditulis dalam paragraf-paragraf tersebut, hal ini akan memudahkan pembaca untuk bisa memahami apa yang dimaksud oleh penulis. Penjelasan topik tersebut diusahakan ditulis dengan jelas dan tidak menimbulkan tafsiran lain.

Cara Membuat Artikel yang Menarik di Plimbi

Menghindarkan Isi Artikel dari Pendapat Pribadi

Sebagai seorang pribadi yang utuh, Anda tentu memiliki pendapat sendiri tentang sebuah hal, termasuk tentang topik yang tengah Anda tulis. Akan tetapi, untuk jenis artikel yang sifatnya umum sebaiknya tidak menyusupi tulisan dengan pendapat pribadi. Tulislah hal-hal yang sifatnya objektif sehingga tidak timbul keberpihakan terhadap sesuatu dalam artikel tersebut.

 

Menggunakan EYD dan Tata Bahasa yang Baik

Sebuah artikel yang kaya akan informasi akan terasa ganjil jika ditulis dengan tata bahasa dan ejaan yang kurang baik dan tidak tepat. Penulisan artikel dengan tata bahasa yang baik serta dilengkapi ejaan dan tanda baca yang juga baik akan memudahkan pembaca untuk memahami dan mencerna maksud dari artikel yang Anda tulis. Selain itu, jika tata bahasa dan EYD artikel sudah baik maka hanya tinggal mengemas dan mengolah kata sehingga artikel menjadi menarik untuk dibaca.

 

Cerdas dalam Pemilihan Diksi

Sebuah artikel yang menarik tidak terlepas dari pemilihan diksi di dalamnya. Diksi-diksi yang dipilih penulis sebaiknya adalah diksi yang tepat, sesuai, serta unik. Pembaca akan semakin tertarik terutama ketika pemilihan dan penyusunan diksi dari sang penulis menarik dan cukup mudah untuk dipahami.

 

Menulis Artikel yang Kaya Informasi

Pembaca umumnya akan mencari informasi dari sebuah tulisan, terutama dari artikel-artikel. Pastikan Anda memilih topik yang akan menghasilkan banyak informasi menarik dan bermanfaat untuk pembaca. Artikel yang sarat informasi dan dikemas dengan jenis tulisan yang menarik akan semakin membuat pembaca merasa puas dengan tulisan tersebut.

 

Menulis Langsung pada Sasaran

Langsung pada sasaran atau istilah umumnya “to the point”, merupakan hal yang penting diingat oleh Anda dalam penulisan artikel. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menuliskan kalimat yang melenceng jauh dari topik. Pembaca akan merasa senang dan antusias membaca ketika artikel tersebut langsung membahas topik yang sudah disiapkan.

 

Membaca Ulang Artikel Sebelum Dimuat

Setelah artikel selesai dibuat, sebaiknya lakukan proses editing oleh diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui di mana letak kesalahan penulisan kata, tanda baca, dan kalimat. Anda juga bisa memperbaiki letak kalimat atau mengubah dan menambahkan paragraf. Membaca ulang artikel sendiri sebelum dimuat akan memberikan kesempatan pada Anda untuk berada di posisi pembaca dan menilai tulisan Anda sendiri.

Itulah beberapa cara untuk menulis artikel yang baik dan menarik. Anda juga bisa medapatkan lebih banyak artikel menarik di Plimbi.com. berbagai jenis artikel dengan topik-topik meraik dan terkini bisa Anda baca dan dijadikan referensi untuk artikel yang akan Anda buat. Jika Anda tertarik untuk mulai menulis artikel, maka Plimbi.com menjadi tempat yang cocok untuk Anda menyalurkan tulisan-tulisan yang Anda buat. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda. Silakan gabung di Plimbi untuk melatih skill menulis Anda. [DIA]

 

 

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel