2 Tips Asyik Memilih Buah Durian yang Bagus

4 Jun 2015 09:05 2203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Durian menjadi salah satu jenis buah yang banyak diburu oleh penggemarnya. Memilih buah durian harus teliti dan hati-hati agar bisa mendapatkan daging durian yang matang, kering, manis, dan aromanya kuat.
Durian menjadi salah satu jenis buah yang banyak diburu oleh penggemarnya. Memilih buah durian harus teliti dan hati-hati agar bisa mendapatkan daging durian yang matang, kering, manis, dan aromanya kuat.

Tips Memilih Durian-Buah durian merupakan jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Buah dengan julukan rajanya buah ini memiliki aroma yang kuat dan rasa yang lezat. Walau ada sebagian orang yang tidak menyukai buah durian karena aromanya tersebut. Akan tetapi, lebih banyak orang lagi yang menyukainya. Buah durian sendiri memiliki banyak jenis dengan rasa dan tingkat aroma yang berbeda.

Memilih buah durian bisa dikatakan mudah tidak mudah. Bisa saja tampila luarnya menarik tetapi ternyata bagian dagingnya tidak seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, keterampilan dalam memilih durian juga diperlukan. Selain karena harganya yang cukup tinggi, agar tidak menyesal dengan durian pilihan, maka ada 2 tips yang bisa membantu dalam memilih durian yang sesuai harapan.

 

Tips Memilih dari Bentuk dan Ukuran Durian

Berikut beberapa tips dalam memilih durian berdasarkan bentuk serta ukurannya.

  • Memilih buah durian yang memiliki bentuk yang bulat sehingga terhindar dari bagian dalam durian yang sudah tidak utuh.
  • Memilih buah durian yang tidak terdapat lubang pada bagian kulitnya. Jika kulit durian sudah berlubang, sudah ada ulat di dalamnya.
  • Memilih durian yang bagian bawahnya belum pecah atau belah. Umumnya, durian yang sudah terdapat belahan atau pecah akan mudah terkena udara dan menyebabkan rasanya menjadi hambar.
  • Memilih durian berdasarkan lembek atau padatnya buah durian. Untuk buah durian yang padat dan kering maka pilihlah yang bagian durinya jarang serta ukurannya besar. Sedangkan untuk daging durian yang lembek, pilihlah durian yang jarak durinya berdekatan.
  • Memilih durian berdasarkan tebal atau tipisnya daging durian. Untuk mendapatkan durian dengan daging yang tebal, pilihlah durian dengan tangkai yang pendek dan tebal. Buah durian yang tipis memiliki tangkai yang panjang dan tipis.
  • Memilih durian yang dikarbit atau disimpan dan durian yang matang di pohon. Buah durian yang matang di pohonnya akan memiliki tangkai yang terkelupas dan bergerigi, hal tersebut karena buah durian jatuh sendiri dari pohonnya. Sedangkan untuk durian yang dikarbit atau disimpan memiliki bagian tangkai yang rapi dan tidak bergerigi, kemungkinan dilakukan pemetikan ketika masih mengkal atau mentah.

 

Tips Mengetahui Durian yang Bagus

Berikut beberap tips yang berisi teknik untuk mengetahui durian yang bagus.

  • Memilih durian dengan berat yang lebih ringan.

Mengapa yang lebih ringan? Hal tersebut menandakan bahwa buah durian tersebut sudah matang dan kering bagian dalamnya, artinya kandungan air dalam dagingnya sudah tidak terlalu banyak. Untuk buah durian yang masih mentah, biasanya akan lebih berat karena kandungan air di dalamnya masih banyak.

  • Cobalah untuk menggoyangkan buah durian yang dipilih.

Untuk buah durian yang telah matang, pada saat digoyang-goyangkan akan terasa getaran yang kecil. Sedangkan buah durian yang masih mentah, tidak akan terasa getaran kecil karena bagian dalamnya belum kering dan masih lembab.

  • Cobalah untuk memukul atau menepuk-nepuk buah durian.

Buah durian yang sudah matang akan menghasilkan bunyi atau suara yang bergema ketika dipukul-pukul. Artinya buah durian juga sudah matang dengan sempurna.

  • Cobalah untuk mencium aroma dari buah durian.

Ciri khas dari buah durian adalah aromanya. Jika aroma yang dihasilkan oleh buah durian adalah aroma yang kuat dan tajam, artinya buah durian tersebut sudah matang dan siap untuk dikonsumsi. Sedangkan jika aromanya kurang tajam, artinya masih belum matang.[DIA]

 

Rasa dari buah durian yang legit dan dan aromanya yang khas membuat penggemarnya seolah ingin terus menikmatinya. Hanya saja, konsumsi buah durian juga sebaiknya tidak berlebihan. Tidak jarang juga seseorang bisa terserang mabuk durian yang ditandai dengan gejala pusing, perut panas, dan mual-mual. Untuk mengatasi mabuk durian tersebut cobalah untuk meminum air putih yang dituangkan pada bagian kulit dalam durian. Meminum air dari kulit durian ini bisa mengatasi mabuk durian dan juga menghilangkan bau menyengat yang dihasilkan oleh durian pada bagian mulut dan tangan. Cara kedua adalah dengan mengonsumsi buah manggis. Buah manggis bisa membantu untuk menetralisasi kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian.

 

Itulah pembahasan tentang beberapa tips untuk memilih durian yang bagus dan rasa yang lezat. Semoga apa yang disajikan dalam artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat terutama pada para pecinta buah durian. [DIA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel