Cara Instal Linux di Komputer Windows

30 Apr 2015 10:00 13664 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tutorial cara  menginstal Linux di Komputer Windows

Cara Instal Linux di Komputer Windows-Anda punya keinginan menginstal Linux di komputer? Jika iya, masalah yang mungkin Anda pikirkan adalah apakah akan 100% berhasil? Bagaimana bila terjadi kesalahan? Untungnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa mencoba Linux dan melihat apakah Anda suka atau tidak dengan Linux. Anda bisa menggunakan Live CD dengan virtual machine atau membuat dual boot di Windows. Cara-cara tersebut tidaklah sulit, asal Anda mengikuti langkah demi langkah prosesnya. Kalau pun salah, Linux punya forum yang besar untuk tempat bertanya.

 

Siap beralih ke Linux?

Hal pertama yang perlu di lakukan adalah, pikirkan apakah Anda benar-benar ingin mencoba Linux atau memang membutuhkannya untuk pekerjaan. Kalau Anda membaca ini, sebenarnya adalah itu adalah pintu pertama yang menunjukkan keinginan Anda menginstal Linux. Sebagai pemula, Ubuntu adalah tempat yang ideal. Kenapa? Linux tidak mirip dengan Windows sedangkan Ubuntu merupakan produk Linux yang paling mudah di akses, menawarkan antar muka yang intuitif dan pengelolaan yang baik. Jika Anda berani, Anda mungkin bisa menjadikan Ubuntu menjadi OS Anda (sistem operasi utama). Untuk itu, Anda perlu mempelajari bagaimana migrasi dari Windows ke Ubuntu.

 

Versi Linux yang mana yang harus di pilih?

Mungkin Anda sudah tahu, begitu banyak versi Linux yang ada saat ini. Beberapa dibuat untuk orang yang benar-benar penggila Linux ada juga yang dibuat dengan antar muka mirip Windows dengan tujuan agar mudah digunakan orang yang sudah sangat akrab dengan Windows. Ubuntu berada di tengah-tengah keduanya. Walau artikel ini mengenai Ubuntu, tidak ada salahnya Anda melihat-lihat produk OS Linux seperti Ubuntu, Kubuntu, Mint dan lain-lain untuk mencoba beberapa alternatif. Setelah men-download Linux yang Anda inginkan, ingatlah untuk mem-burnya ke DVD sebagai persiapan instalasi. Jika DVD tidak ada, flash disk juga bisa digunakan untuk media instalasi.

Mulai: Tes dengan Live CD atau Virtual Machine

Sebelum menginstal Ubuntu, Anda harus meluangkan waktu dengan sistem operasi di live mode yang memungkinkan Anda untuk memutar OS dari  CD-ROM ke komputer. Untuk melakukannya masukkan disk, restart PC dan coba pilih Try Ubuntu tanpada mengubah apa-apa dari boot menu. Ubuntu akan muncul, memberikan Anda mencoba aplikasi dan familiar dengan semuanya sebelum memutuskan untuk menginstal Ubuntu. Beberapa fungsi mungkin akan hilang di sini, ini adalah cara terbaik mengenal Ubuntu. Tidak semua versi Linux memberikan live mode, jadi lihatlah penjelasan versi Ubuntu yang Anda pilih sebelum men-donwload-nya.

Untuk mempermudah peralihan antara Windows dan Ubuntu dengan melihat Live CD sepertinya kurang nyaman karena itu hanyalah sebuah preview, Anda belum masuk ke Ubuntu yang sebenarnya. Untuk melihatnya lebih jelas, mungkin Anda bisa menggunakan virtual machine. Anda bisa tetap mempertahankan OS utama Anda aman ketika menguji OS baru dengan virtual machine. Singkatnya, software gratis seperti VMWare Player dan VirtualBox akan membangun virtual machine di komputer Anda. Menggunakan virtual machine untuk mencoba Ubuntu dan Linux adalah cara termudah. Ada beberapa cara yang harus Anda ikuti untuk dapat menginstal Linux di virtual machine dan itu bisa di dapatkan dari forum-forum Linux seperti di seven forum atau di website resmi VirtualBox.

Dual booting Windows 8 dan Ubuntu

Setelah Anda memutuskan menggunakan Ubuntu, Anda mungkin masih ragu benar-benar migrasi atau tidak. Bila masih ragu, dual boot adalah solusinya, Ubuntu dan Windows dengan cara membuat partisi baru di komputer Anda dan menginstal Linux pada  partisi tersebut. Anda bisa membaca tutorial kami untuk membuat partisi di komputer. Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat dua menu boot saat me-restart komputer. Pilihlah dengan menggunakan tombol panah. Dual booting akan mempermudah Anda agar tidak meninggalkan OS utama Anda, hanya saja untuk merubahnya Anda perlu melakukan restart.

Anda membuat kesalahan

Kesalahan terkadang memang sulit untuk di hindari apalagi Linux bukanlah produk yang umum. Namun, bila Anda menggunakan Live CD atau virtual machine seharusnya tidak terjadi masalah apa-apa. Bila Anda menginstal Ubuntu dengan dual boot bersama Windows, maka Anda mungkin akan lebih bahagia karena pindah antara OS dan menghapusnya akan lebih mudah, tinggal Anda menghapuskannya dari partisi hard disk Anda atau langsung hapus partisinya. Bila Anda tidak ingin menghapus Ubuntunya, Anda bisa mem-back-up nya ke hard disk eksternal yang bisa Anda restore nantinya.

Informasi tentang cara Instal Linux di Komputer Windows semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda. Silakan praktikan cara tersebut. Selamat mencoba! [RIC]

 

 

Tags windows linux

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel