Adam Osborne, Tokoh Teknologi yang Dikenal sebagai Penemu Laptop

17 Dec 2014 10:00 19477 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lantas, siapa sebenarnya Adam Osborne? Penemu laptop ini adalah seorang lulusan Universitas Birmingham. Dia juga lulus dari University of Delawar dengan gelar Ph.D. Pria yang lahir pada tanggal 6 Maret 1939 ini berprofesi sebagai komputer desainer dan pendiri berbagai perusahaan ternama. Ia pun dikenal pencipta software dan sebagai penulis buku.

Adam Osborne merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia teknologi. Beliau dikenal sebagai penemu laptop alias penemu komputer jinjing. Berkat beliau, manusia di era modern mampu melakukan tugasnya dengan komputer dimanapun. Tidak perlu lagi duduk di depan komputer besar yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Berkat laptop, semua menjadi lebih mudah dan fleksibel.

Lantas, siapa sebenarnya Adam Osborne? Penemu laptop ini adalah seorang lulusan Universitas Birmingham. Dia juga lulus dari University of Delawar dengan gelar Ph.D. Pria yang lahir pada tanggal 6 Maret 1939 ini berprofesi sebagai komputer desainer dan pendiri berbagai perusahaan ternama. Ia pun dikenal pencipta software dan sebagai penulis buku.

 

Adam Osborn

Adam Osborne merupakan penemu notebook atau komputer jinjing. Pria yang lahir tahun 1939 ini merupakan seorang ahli komputer yang menghadirkan produk nyata dari ide yang disebut sebagai komputer yang mampu dibawa. Karya ciptanya ini kemudian dikenal sebagai laptop atau notebook yang kini banyak digunakan orang pada era modern ini.

 

Menemukan Laptop

Kecintaan Adam Osborne terhadap dunia teknologi memang sudah berlangsung cukup lama. Pria yang dilahirkan di Thailand ini awalnya tidak akan mengira bisa menciptakan sebuah perangkat yang punya pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi. Namun, ternyata gagasannya dalam menciptakan komputer portable telah membawa namanya menjadi terkenal.

Awalnya, Adam Osborne tidak terpikirkan untuk membuat komputer yang bisa dijinjing. Namun, ia terinspirasi oleh Alan Kay. Saat itu, Alan Kay-lah orang yang pertama memiliki ide tentang sebuah konsep komputer jinjing. Tahun 1970-an, Alan Kay mencetuskan ide komputer jinjing ini. Dan Adam Osborn menyambut baik ide dari pria kelahiran 17 Mei 1940 tersebut. Osborn menciptakan sebuah komputer jinjing yang disebut Osborne 1. Perlu diketahui, saat pembuatan Osborne 1, belum ada istilah laptop atau notebook. Saat itu, Alan dan Osborne menyebut konsepnya sebagai komputer yang bisa dibawa kemanapun.

loading

Proyek Osborne 1 dirilis pada April 1981. Komputer ini diterbitkan oleh Osborne Computer Corporation, perusahaan yang memang didirkan oleh Adam Oborne. Komputer Osborne 1 sendiri memiliki berat 10,7 kg. Dan saat itu harga komputer ini adalah Rp 16 juta. Tentu saja nilai Rp 16 juta saat itu merupakan nilai yang cukup tinggi. Karena harganya yang mahal tentu tidak semua orang membeli perangkat ini. Apalagi perangkat ini terlihat memiliki bentuk yang aneh dengan layar 5 inch yang diusungnya. Meskipun terlihat aneh Osborne 1 cukup menarik perhatian. Terlebih perangkat ini juga sudah mendukung sambungan listrik, adanya baterai cadangan, modem port, keyboard, dan juga penyimpanan data floppy drive 5 ¼ in yang berjumlah dua.

 

 

Baca juga :

               5 Kelebihan ini Hanya Ada pada Samsung Galaxy S7

               10 Wisata Murah dan Hemat di Semarang

 

Kebangkrutan Perusahaan

Kelahiran Osborne 1 tentunya menciptakan fenomena baru dalam dunia teknologi. Banyak perusahaan lain yang kemudian menciptakan komputer dengan konsep yang sama seperti proyek yang dibuat oleh Adam Osborne. Adam Osbone pun mulai dikenal sebagai pencipta komputer jinjin yang kemudian disebut laptop itu. Sayangnya, ketenaran namanya tidak berbanding lurus dengan perusahaannya. Osborne Computer Corporation, sebagai pembesut Osborne 1 mengalmi kebangkrutan. Beliau pun kemudian mendirikan Paperback Software International Ltd. Naasnya, perusahaan ini juga mengalami kegagalan. Penyebab utamanya lantaran perangkat lunak yang diciptakan perusahaan ini melanggar hak cipta. Program yang diciptakan Paperback Software International Ltd ternyata memiliki sedikit kemiripan dengan Lotus 1-2-3.

 

Keluarga dan Akhir Khayat

Adam Osborne juga mengalami kegagalan dalam kehidupan pribadinya. Ia menikah dengan Cynthia Geddes tapi kemudian bercerai. Ia pun menikah untuk kedua kali dengan wanita bernama Barbara Zelnick. Pernikahan ini juga tidak bisa dipertahankan. Mereka pun bercerai. Osborne sendiri memiliki tiga anak. Salah satu anaknya yang terkenal adalah Paulus Osborne. Dia adalah seorang penulis dan ahli pendidikan ternama.

Setelah mengalami pasang surut kehidupan, Adam Osborne menghembuskan nafas terakhirnya pada 18 Maret 2003. Ia mengalami gangguan kesehatan yang sudah cukup lama dideritanya. Ia divonis menderita gangguan otak yang memicu stroke. Karena kesehatannya yang memburuk, pada tahun 1992 ia datang ke India untuk “menenangkan diri”. Di negeri gajah tersebut, ia menghembuskan nafas terakhirnya, tepatnya saat ia berusia 64 tahun.

 

Demikianlah biografi ringkas Adam Osborne, tokoh yang dikenal sebagai penemu laptop. Dari biografi singkatnya, dapat diketahui bahwa Osborne memang tidak menghadirkan perangkat fenomenal yang populer. Tetapi justru perangkat ciptaannya telah menginspirasi perusahaan dan berpengaruh besar terhadap perkembangan dunia teknologi. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel