Bagaimana Sih Cara Menghemat Baterai Android yang Benar?

20 Feb 2015 11:30 32634 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Menghemat baterai Android memang bisa dilakukan dari hal apapun. Tetapi, jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai yang sebenarnya, maka yang Anda butuhkan adalah mengelola sistem Android itu sendiri. Ini adalah cara bagaimana Anda akan mengelola sistem tersebut.

Android adalah sistem operasi yang memiliki manajemen sistem cukup baik. Platform yang satu ini dapat mengatur berbagai macam aplikasi yang di-install oleh para penggunanya. Oleh karena itu, sebenarnya pengguna tidak perlu menyematkan berbagai aplikasi untuk mengatur aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat Android miliknya. Adalah hal yang tidak baik ketika Anda terlalu sering menggunakan Task Killer. Itu adalah salah satu contoh, dimana Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengatur sistem Android.

Meskipun Android memiliki kelemahan pada daya tahan baterai, kombinasi yang salah antar aplikasi manajemen sistem yang Anda instal dapat mengganggu kinerja proses manajemen sistem perangkat Android Anda. Mungkin, Anda sering menggunakan aplikasi Task Manager untuk mematikan aplikasi yang berjalan dengan tujuan untuk menghemat baterai Android Anda, dan sayangnya, hal ini hanya akan berpengaruh sedikit pada penggunaan baterai.

 

Mengelola Aplikasi Android

Android sebenarnya sudah mengetahui bagaimana me-manage aplikasi yang berjalan dengan sendirinya. Pengguna juga dapat merapikan sendiri aplikasi-aplikasi tersebut, jika mereka memang ingin lebih menghemat baterai Android. Meskipun itu bukan merupakan masalah utama dalam penggunaan daya baterai Android, namun kombinasi yang Anda lakukan pada aplikasi-aplikasi Android akan dapat mempengaruhi proses manajemen sistem Android.

 

Baterai Android

Anda tentu pernah mengunjungi menu penggunaan baterai Android bukan? Nah, disinilah Anda dapat mengetahui berbagai macam bagian-bagian yang “menceritakan” tentang penggunaan baterai Android Anda dan cara pertama Anda dalam menghemat baterai Android. Kebanyakan aplikasi yang ditampilkan dalam menu ini adalah aplikasi yang biasa Anda gunakan dan menghabiskan banyak daya baterai. Pada menu ini juga Anda akan menemukan bagaimana sistem berjalan. Perhatikanlah pada bagian Awake dan Screen on.

Inilah bagian penting yang perlu Anda perhatikan, jika Anda ingin menghemat baterai Android. Jika perangkat Anda memiliki banyak waktu Awake dibandingkan Screen on, maka perangkat Anda akan terjaga dalam mode Sleep. Inilah yang dinamakan dengan Wakelock, dan inilah musuh terbesar daya baterai Android Anda.

 

Baca juga :

               Hadir Dengan Spesifikasi Cukup Mumpuni Yang Mirip, Xiaomi Redmi 3s vs Meizu m3s

               Review Laptop HP 14-AF120AU: Rp 3 Jutaan dengan Asesoris Lengkap untuk Multimedia

 

Cara Menghemat Baterai Android

Jadi, Anda telah mengetahui musuh baterai Anda bukan? Kini saatnya Anda untuk memperbaiki problem utama perangkat Android Anda, yaitu dengan menghemat baterai Android. Secara sederhana, ketika layar ponsel Anda mati, maka ponsel tersebut akan tampak seperti beristirahat bagi Anda. Sayangnya, hal tersebut tidak terlihat seperti yang Anda pikirkan. Ketika layar ponsel mati, maka bisa saja masih ada aplikasi-aplikasi yang berjalan, dimana membuat ponsel menjadi terasa panas.

 

Satu jalan cepat untuk mengetahui aktivitas seperti itu adalah dengan menggunakan aplikasi CPU monitor seperti misalnya System Monitor. Dengan ini, Anda akan mengetahui proses sebenarnya dari perangkat Android Anda. Untuk menghemat baterai Android, Anda juga bisa memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Greenify.

Link Download Aplikasi Greenify

Bagaimana keadaan aplikasi-aplikasi di dalam perangkat Android Anda? Setelah Anda mengetahui betapa berantakannya isi sistem Android Anda, maka cara termudah untuk menangani hal tersebut adalah merapikannya, untuk bisa menghemat baterai Android. Dalam kasus ini, Anda perlu menghentikan segala sistem proses yang tidak dibutuhkan secara aman. Android memiliki proses hibernasi yang mumpuni, dan Anda bisa mudah memicunya dengan Greenify.

Greenify akan dengan sederhana mengidentifikasi berbagai aplikasi yang bermasalah, baik saat ponsel berjalan atau sedang tidak berjalan. Jika Android Anda telah di-rooting, maka akses Greenify akan berjalan lebih lancar dan semua aplikasi akan dikendalikan oleh aplikasi yang satu ini. Jika aplikasi telah rapi, maka Anda telah melaksanakan cara menghemat baterai Android yang sebenarnya.

 

Kesimpulan

Jika Anda ingin menghemat baterai Android, maka semuanya bisa diawali dari sistem. Apabila Anda mengelola sistem dengan baik, maka Anda telah melakukan cara menghemat baterai Android secara efektif. Jadi, perhatikan kinerja aplikasi-aplikasi Anda, dan Anda akan mengetahui bagaimana performa baterai Android Anda nanti. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel